Cara Menonaktifkan Whatsapp / WA sementara tanpa mematikan data internet (hp android dan iphone)

Cara Menonaktifkan Whatsapp / WA sementara tanpa mematikan data internet (hp android dan iphone).

Whatsapp atau sering disebut dengan WA merupakan aplikasi online yang berfungsi untuk saling kirim mengirim pesan (chating) baik dalam bentuk teks, gambar, video maupun bunyi.

Aplikasi ini cukup digemari dikalangan pengguna perangkat mobile dikarenakan praktis sekali dipakai, ringan dan kaya akan fitur.

Karena hal tersebut dikala ini wa menjadi salah satu aplikasi chating / messengger / perpesanan yang paling banyak dipakai di seluruh dunia termasuk indonesia, sehingga hampir setiap pengguna memakai wa sebagai alternatif untuk berkomunikasi, baik antara saudara, sahabat, rekan kerja dll.

Ketika ada pesan masuk melalui wa, baik pesan langsung maupun pesan group, maka wa akan mengeluarkan sebuah nofitikasi baik dalam bentuk suara maupun getaran, dengan munculnya notifikasi tersebut si pengguna mampu secara praktis dan cepat menerima isu terbaru dari whatsapp miliknya.

Terkadang untuk beberapa situasi, kita menginginkan wa nonaktif untuk sementara, entah itu lantaran kita tidak mau terganggu dengan notifikasi pesan wa, ingin terlihat offline untuk sementara, atau karena memang kita ingin mematikan wa sementara.

Ada beberapa alternatif yang mampu kita gunakan untuk menciptakan aplikasi whatsapp nonaktif semenatara dan diaktifkan lagi di lain waktu, cara yang cukup praktis adalah dengan mematikan data seluler (koneksi internet) atau dengan mengaktifkan mode pesawat.

Sayangnya cara tersebut dirasa kurang efektif jika yang kita inginkan hanya menonaktifkan wa saja tanpa mematikan data seluler internet, karena dengan cara tersebut baik wa maupun data seluler atau jaringan ingernet akan ikut nonaktif.

Cara terbaik jika kita hanya ingin mematikan whatsapp saja untuk sementara tanpa mematikan data internet adalah dengan menonaktifkan wa melalui pengaturan yang disediakan oleh whatsapp, dengan memakai fitur tersebut, maka wa yang anda gunakan akan nonaktif untuk sementara namun data mobile atau jaringan internet masih aktif.

Cara Menonaktifkan Whatsapp / WA di hp android dan iphone tanpa mematikan data internet

Untuk menonaktifkan whatsapp untuk sementara anda mampu memakai aplikasi pihak ke 3 atau menggunakan pengaturan yang terdapat di hp anda (beberapa hp menyediakan pengaturan untuk mematikan koneksi internet untuk aplikasi-aplikasi yang kita inginkan).

1. Untuk pengguna IPhone atau IPad

Untuk anda pengguna iphone dan ipad yang ingin mematikan aplikasi whatsapp atau wa untuk sementara maka langkah-langkahnya cukup simpel, sebagai berikut:

a. Aktifkan iphone anda

b. Buka pengaturan 

c. Buka opsi instaled app kemudian cari dan pilih whatsapp

d. Pada pengaturan whatsapp, silahkan nonaktifkan opsi mobile data

Cara menonaktifkan whatsapp sementara di iphone atau ipad

Dengan menonaktifkan Mobile data untuk whatsapp, maka whatsapp akan nonaktif sementara, untuk mengaktifkannya kembali anda cukup mengaktifkan opsi tersebut dengan langkah yang sama.

2. Untuk pengguna hp android xiaomi.

Jika anda kebetulan pengguna hp android xiaomi dan ingin mematikan whatsapp sementara, tidak perlu menggunakan kontribusi aplikasi pihak ke 3, anda mampu mencobanya memakai pengaturan yang disediakan hp xiaomi.

Langkah-langkah menonaktifkan wa sementara di hp xiaomi adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Buka aplikasi Security / keamanan
Anda mampu menemukan apliksi security di folder tool, umumnya semua hp xiaomi secara bawaan sudah terinstal aplikasi security ini, silahkan di cari saja yang gambar iconnya prisai.

menu security / keamanan di hp xiaomi


3. Pada aplikasi security klik menu Data Usage > Restrict data Usage

Cara mematikan data seluler / koneksi internet sebuah aplikasi di xiaomi


Anda akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan koneksi internet seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



4. Untuk menonaktifkan whatsapp sementara , caranya cukup mudah, cari saja aplikasi Whatsapp, kemudian tap pada opsi mobile dan atau wifi hingga iconnya bergambar silang merah seperti gambar di atas.

Dengan mematikan data seluler aplikasi whatapp, maka aplikasi tersebut tidak akan terkoneksi lagi ke internet baik ketika aplikasi tersebut dibuka maupun ketika aplikasi berjalan di latar belakang, meskipun koneksi data seluler dalam keadaan aktif.

Untuk mengembalikannya silahkan gunakan langkah yang sama dan aktifkan kembali opsi mobile dan wifi untuk aplikasi whatsapp sehingga berwarna hijau.

3. Untuk pengguna HP Android Oppo

Kalau pakai HP OPPO, anda bisa masuk ke menu settings /Setelan > SIM Ganda & Jaringan Seluler. Nah dari situ anda mampu menonaktifkan aplikasi yang anda inginkan termasuk aplikasi whatsapp.

4. Untuk pengguna HP Android selain Xiaomi

Untuk pengguna hp android yang kebetulan memakai brand hp selain xiaomi, dan di sistemnya tidak menyediakan fitur pengelola data seluler, bila diinginkan anda tetap mampu menonaktifkan aplikasi whatsapp untuk sementara.

Caranya yaitu dengan memakai aplikai pihak ke 3. salah satu aplikasi android yang cukup terkenal untuk menonaktifkan data seluler aplikasi tertentu yaitu Aplikasi Mobiwol yang dapat anda download melalui google play store.


Apliksi tersebut merupakan sebuah aplikasi firewall yang cukup simpel dipakai mampu dijalankan tanpa harus root, aplikasi tersebut dapat dipakai untuk menonaktifkan koneksi internet sebuah aplikasi  di hp android anda untuk menghemat daya baterai dan quota internet.

Cara pengunaanya cukup buka aplikasi tersebut dan aktifkan Firewall Status. Selanjutnya pilih Firewall Rules, selanjutnya anda mampu mengatur dan membatasi aplikasi yang kau inginkan biar hanya mampu tersambung melalui paket data mobile atau WiFi saja, atau keduanya.