Cara mengetahui ponsel android anda bersertifikat google atau tidak

OS Android dikembangkan oleh Google dan banyak fitur dan layanan yang berjalan di Android diberdayakan oleh aplikasi Google. Google Play Store merupakan tempat sebagian besar pengguna Android mengunduh aplikasi dan masalah mulai muncul akhir-akhir ini dengan banyaknya aplikasi palsu. Selama bertahun-tahun, Android harus berjuang menjaga reputasinya yang rentan terhadap masalah spam dan keamanan.

Untuk mengatasi ini, Google telah membuat persyaratan tertentu yang harus dipenuhi perangkat untuk menjalankan Android. Jika perangkat tidak memenuhi persyaratan ini, Android yang dijalankannya akan dibatasi. Jika kamu ingin membeli ponsel yang berbasis OS Android, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah Ponsel Android yang akan kamu beli bersertifikat Google atau tidak.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Ponsel Android Bersertifikasi Google

Sangat mudah untuk mengetahui apakah ponsel Android kamu bersertifikat Google atau tidak. Google telah menerbitkan daftar lengkap perangkat yang disertifikasi dan kamu dapat mengunduhnya dari sini. File ini dapat diunduh dalam format PDF dan CSV. Google memberikan instruksi tentang cara menggunakan file.

OS Android dikembangkan oleh Google dan banyak fitur dan layanan yang berjalan di Android  Cara mengetahui ponsel android kamu bersertifikat google atau tidak

Perangkat dicantumkan terlebih dahulu oleh nama pabrikan, dan pabrikan tercantum dalam urutan alfabet. Setiap perangkat tercantum di bawah nama pabrikannya. Jika kamu tidak yakin apa nama perangkat kamu, kamu dapat menggunakan fitur pencarian di browser kamu, atau di Google Spreadsheet, atau penampil PDF pilihan kamu untuk mencari nama pabrikan.

OS Android dikembangkan oleh Google dan banyak fitur dan layanan yang berjalan di Android  Cara mengetahui ponsel android kamu bersertifikat google atau tidak

Perangkat Yang Tidak Bersertifikat

Secara umum perangkat yang tidak bersertifikat tetap bisa menjalankan android dan aplikasi lainnya. Masalahnya akan muncul saat menggunakan layanan yang diberdayakan Google seperti Google Play Store atau Asisten Google. Jika kamu berencana menggunakan layanan seperti Google Pay, kamu harus mendapatkan perangkat yang disertifikasi oleh Google.

Baca juga : Cara mengetahui ponsel android kamu mendukung Virtual Reality atau tidak

Perangkat tersertifikasi merupakan cara terbaik untuk mengexplore fitur dan layanan di android. Ini akan lebih aman dan dalam jangka panjang, kamu akan dapat menghindari masalah tak terduga yang mungkin timbul saat menggunakan layanan yang membutuhkan perangkat tersertifikasi.