Cara Mengatur Paragraf Secara Otomatis di Ms Word Dengan Mudah

Seringkali kita menemukan kendala berupa paragraf yang berantakan, saat menulis menggunakan microsoft word. Kadang saat mengetikkan huruf awal dari sebuah paragraf baru, posisi huruf tersebut agak menjorok ke belakang. Dengan kata lain, tidak lurus dengan huruf awal pada alinea pertama.

Sebelum membahas lebih lanjut, bagi yang belum tahu paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang masih berkaitan dan memiliki inti. Dengan adanya paragraf, pembaca akan lebih mudah untuk memahami seluruh isi tulisan. Selain itu, tulisan pun menjadi lebih rapi dengan adanya alinea.

Bagi anda yang akrab dengan microsoft word, tidak jarang akan menemui tulisan yang paragrafnya berantakan. Nah, di sini kita akan belajar bagaimana cara mengatur paragraf supaya rapi secara otomatis maupun manual.


Cara Mengatur Paragraf Secara Otomatis di Ms word Dengan Mudah


Microsoft word sendiri sebenarnya sudah menyediakan fitur untuk pengaturan paragraf pada dokumen yang dibuat. Meskipun sederhana, tapi setting pada menu ini bisa membuat anda bingung saat mencarinya. Nah, berikut ini cara membuat paragraf yang teratur di ms word.


Cara Mengatur Paragraf Secara Manual di Ms Word


Cara manual untuk mengatur alinea pada sebuah dokumen ini sangat mudah. Caranya dengan menggunakan tombol tab yang ada pada keyboard anda. Jadi, seperti ini:

  1. Pertama, pastikan posisi kursor terletak pada awal kalimat.
  2. Selanjutnya, tekan tombol "Tab" pada keyboard komputer.
  3. Paragraf akan mundur sendiri ke kanan, sekitar 5 atau 6 karakter jaraknya.

Cara pertama ini bisa anda terapkan pada dokumen yang berisi beberapa paragraf saja. Jika pada sebuah dokumen memiliki banyak sekali paragraf, tentunya cara ini tidak efisien. Bagaimana tidak, anda harus meng-edit satu persatu paragraf yang belum diatur.

Nah, untuk artikel atau dokumen berisi tulisan yang sangat panjang, anda bisa menggunakan cara kedua. Cara ini memudahkan anda untuk mengatur semua alinea yang ada pada dokumen.


Cara Mengatur Paragraf Secara Otomatis Pada Artikel


Tutorial kali ini menggunakan microsoft office 2007, silahkan sesuaikan sendiri jika anda menggunakan versi lain. Caranya tidak jauh berbeda kok.

  • Pertama, buka dokumen yang telah dibuat. Jika belum, cobalah membuat tulisan berisi beberapa paragraf.
  • Perhatikan menu home, geser pandangan anda ke kanan. Di situ anda temukan grup paragraph.
  • Klik icon kecil di samping kanan pada grup paragraph.

Seringkali kita menemukan kendala berupa paragraf yang berantakan Cara Mengatur Paragraf Secara Otomatis di Ms Word Dengan Mudah

  • Setelah diklik, muncul pop up yang berfungsi untuk mengatur paragraf. Untuk membuat paragraf secara otomatis, atur opsi special dan pilih "First line".
  • Jangan lupa untuk klik Ok untuk konfirmasi setelan anda.

Seringkali kita menemukan kendala berupa paragraf yang berantakan Cara Mengatur Paragraf Secara Otomatis di Ms Word Dengan Mudah

  • Sampai langkah ini, anda sudah berhasil untuk mengatur paragraf secara otomatis. Namun, jika anda rasa letak huruf awal pada tiap alinea kurang pas, blok seluruh paragraf dan klik pada icon panah di rule microsoft word.
  • Selanjutnya, geser panah hingga posisinya sesuai dengan yang diinginkan.

Seringkali kita menemukan kendala berupa paragraf yang berantakan Cara Mengatur Paragraf Secara Otomatis di Ms Word Dengan Mudah

  • Selesai.

Pelajari juga: 2 Cara Buat Huruf Berukuran Besar Di Ms Word

Nah, itulah cara mudah untuk membuat paragraf menjadi otomatis. Sekarang anda dapat membuat tulisan yang rapi dan bagus, dengan alinea yang teratur posisinya. Semoga tutorial singkat ini membantu anda dalam membuat dokumen yang bagus.