Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Lemah & Mati Total

Jika power supply komputer mengalami kerusakan, hal yang paling adalah membeli power supply yang gres. 

Tetapi selain itu Kamu bisa memperbaikinya, jikalau memang masih dimungkinkan untuk diperbaiki.

Seperti contohnya power supply yang umurnya masih baru, sehingga masih dimungkinkan untuk memperbaikinya.

Akan tetapi, tentunya memperbaiki komponen elektronika seperti power supply ini harus memerlukan pengetahuan tersendiri. Sehingga Kamu harus belajar mengetahui hal dasar dan seluk beluk dari power supply.

Power Supply
Power Supply | Sumber gambar: Wikimedia.org

Fungsi  power Supply
Power Supply berfungsi untuk memberi daya energi / listrik untuk banyak sekali perangkat elektronika, termasuk salah satunya komputer.

Ada power supply yang mempunyai beberapa komponen lagi di dalamnya, yang masing-masing komponen tersebut memiliki fungsinya.

Seperti untuk menurunkan tegangan, mengubah arus AC menjadi DC, dan membuat stabil tegangan yang ada.

Dengan berbagai fungsinya itu, kiprah power supply ini amatlah penting bagi komputer.

Yang paling parah dari kerusakan power supply yaitu menimbulkan komputer tidak dapat hidup sama sekali.

Power Supply membagi keluarnya daya listrik dengan baik menurut dari kebutuhan komponen-komponen yang ada pada PC.

Cara memastikan bahwa Power Supply rusak
Terdapat 3 buah cara untuk menguji, dan menilik untuk mengetahui keadaan power supply, yang pertama dengan metode multimeter. yang kedua dengan power supply tester dalam mengetes PSU otomatis.

Adapun yang ketiga dengan tes manual, yaitu menghubungkan ujung kabel output tertentu.

Kamu tinggal menentukan yang paling simpel dilakukan menurutmu.

Power Supply seolah-olah barang elektronika lainnya, bisa rusak, apalagi Power Supply bertugas untuk menjaga daya supaya, tentunya hal ini menciptakan power supply rentan mengalami kepanasan.

Secara khususnya yang membuat power supply rusak yaitu kelebihan beban, tegangan masuk yang tidak stabil, serta keadaan sistem grounding yang sangat tidak baik.

Sebelum mengetahui cara memperbaiki power supply komputer, perlu mengetahui tanda-tanda umum apabila komponen power supply tidak berfungsi.

Apabila komputer tidak mampu berjalan, coba cek power supply. Tanda - tanda yang cukup sering terjadi jikalau terjadi kerusakan power supply, yaitu:
  • Tidak dapat hidup, serta semua lampu indikator tidak mampu menyala
  • Walaupun komputer coba Kamu hidupkan dengan menekan tombol power, akan tetapi kipas pada Power Supply tetap tidak berputar.
  • CPU sering mengalami restart sendiri.
  • CPU sering mati sendiri, padahal baru digunakan.


Berikut di bawah ini kerusakan-kerusakan yang menjadi penyebab Power Supply tidak berjalan maksimal.
  • Sekering putus, maka hal ini menyebabkan daya tidak ada sama sekali.
  • Dioda penyearah mengalami putus.
  • Resistor mengalami perubahan nilai, atau bahkan mengalami putus, serta menjadi sirkuit hubung singkat.
  • Transistor mengalami putus
  • Kapasitor mengalami sehingga tegangan mengalami ketidakstabilan atau bahkan mengalami drop.
  • Kapasitor meledak, hal itu mampu disebabkan dari lonjakan tegangan, dari kerusakan komponen lain.
  •  IC regulator mengalami kerusakan atau putus .
  • Aliran listrik menjadi macet.

Cara memperbaiki power supply komputer 

1. Tidak terdapat power pada komputer
Hal seakan-akan ini terjadi karena tidak ada ajaran listrik pada komputer. Untuk itu, Kamu perlu mengecek stop kontak dengan tujuan memastikan bahwa alat ini masih dalam keadaan yang baik.

Apabila Kamu benar-benar yakin bahwa komputer sudah terhubung, maka periksa kabel listrik ke PC dengan tujuan untuk melihat apakah tegangan AC tersambung ke unit sistem.

Jika terdapat daya, maka hidupkan komputer dan periksa arus dari catu daya ke motherboard.

2. Komputer reboot sendiri.
Hal yang cukup menjengkelkan adalah komputer yang mengalami reboot sendiri tanpa adanya peringatan.

Hal seolah-olah ini sangat berkemungkinan karena kasus dari Power Supply, Boot yang mengalami masalah ketika komputer dijalankan menjadi sebuah sinyal wacana keadaan catu daya sedang bermasalah .

3. Masalah pendistribusian daya.
Ketika catu daya hidup akan tetapi dalam keadaan yang tidak sempurna.

Maka hal seperti kondisinya bahwa salah satu perangkat memang dapat mendapat pasokan listrik, akan tetapi tidak untuk yang lainnya...

...Hal ini menyebabkan penyebaran daya yang tidak merata. Contohnya suatu pada komputer dimana hard drive dapat mendapat daya akan tetapi pada drive CD-ROM tidak mampu.

loading...

4. Koneksi Power Supply.
Apabila menilik stop kontak dan juga kabel listriknya sudah Kamu lakukan, dimana keduanya ternyata masih berfungsi dengan baik, kemudian lakukan pengecekan koneksi ke Motherboard.

Apabila dalam keadaan yang baik maka perkara terdapat pada Power Supply,

Kamu dapat memeriksa output dari power supply dengan menggunakan multimeter.

5. Kamu dapat melepaskan kotak power supply dari casing yang mampu mempermudah dalam mengusut rangkaian komponen, lepaskan semua kabel dari alat-alat yang lainnya.

Kemudian buka kotak power supply dan cek pada fisik komponen-komponen, lantaran mungkin saja disana ditemukan ada yang terbakar.
6. Kamu juga mampu membersihkan bekas lem dengan tujuan mengecek koneksi kabel dengan board, Kamu mampu mengeceknya apabila terjadi kebocoran pada sisi ini.

7. Periksalah FUSE dari AC 220V pada sumber listrik yang luar, Kamu mampu melepaskan FUSE tersebut dari soketnya, lalu ukur relasi kawat pengamannya dengan ohm-meter di posisi X1.

Disana jarum ohm-meter tentunya perhatikan apakah menunjukkan nilai disekitar angka 0 ohm, jikalau iya maka itu artinya FUSE masih dalam keadaan yang baik.

Apabila ohm-meter tersebut ternyata memperlihatkan angka yang tidak terhingga, itu artinya bahwa FUSE dalam keadaan putus / bermasalah, sehingga tentunya harus ditukar dengan yang baru.

Yang penting diperhatikan, hindari melaksanakan sambungan kawat pada FUSE yang sudah putus ini, hal itu lantaran batas arus lelehnya yang justru menyebabkan rusaknya pada pecahan yang lainnya.

8. Cek transistor pembangkit “power on reset”, serta kapasisitor dan resistor yang ada di rangkaian basis transistor. Apabila rangkaian transistor mampu berjalan dengan baik, berarti seluruh hasil regulasi tegangan DC nantinya direset pembangkit PWM. Sehingga power supply tidak mengeluarkan DC sama sekali.

Ganti transistor baru apabila pada pengecekan tersebut bahwa transistor POR mengalami masalah / kerusakan.

Demikian juga kalau kapasitor di test nilainya berubah maka ganti dengan yang baru, tentunya dengan nilai yang sama dengan sebelumnya.

9. Power Supply yang ada di dalam komputer, berada dalam kondisi temperatur yang tinggi, sehingga panas yang berlebihan mampu mengakibatkan solderan pada kaki-kaki komponen ataupun kabel-kabel menjadi terlepas.

Oleh lantaran itu, lakukan pengecekan untuk semua solderan yang terdapat pada PCB Power Supply, dan korelasinya tersebut diperbaiki dengan cara disolder ulang menggunakan timah yang lebih lunak (encer, flux 60/40).

Dengan begitu relasi kabel atau pada kaki komponen tersebut mampu tersambung kembali dengan baik, sehingga kiprahgkat power supply berjalan dengan normal seperti sedia periode.

10. Jika proses pemeriksaan komponen telah dilakukan semuanya, dimana itu dalam keadaan yang baik, maka hidupkan power supply dengan cara hanya memasang (dihubungkan) dengan beban berupa disk drive saja.

Yang perlu Kamu lakukan setelahnya yaitu mengecek apakah kipasnya tersebut berputar, kemudian ukurlah tegangan kabel yang berwarna kuning (+12), merah (+5), biru (-5), biru (-12), orange (POR) pada kabel warna hitam (ground).

Jika parameter tegangan pada kabel-kabel sudah benar nilainya, maka matikan power supply, kemudian tambah bebannya seakan-akan motherboard, atau juga dengan beban yang lengkap, lakukan pengecekan tersebut kembali.

Demikian sampai nilai yang dihasilkan benar kembali seakan-akan sebelumnya.

Artikel ini hanya teori yang digumakan untuk menunjang ketika praktek.

Adapun jika Kamu ingin benar-benar praktek, pastikan untuk menonton tutorial videonya.

Cari video tutorialnya di youtube, ada banyak disana yang memaparkan tutorial hening power supply.