Cara membuka file CSV

 File ini kebanyakan menggunakan karakter koma untuk memisahkan  Cara membuka file CSV

File CSV kadang-kadang disebut Character Separated Values ​​atau Comma Delimited files. File ini kebanyakan menggunakan karakter koma untuk memisahkan (atau membatasi) data, tetapi terkadang menggunakan karakter lain, seperti titik dan string. kamu juga dapat mengekspor data secara kompleks dari satu aplikasi ke file CSV, dan kemudian mengimpor data dalam file CSV itu ke aplikasi lain.

File Comma Separated Values ​​(CSV) merupakan file teks biasa yang berisi daftar data. File-file ini sering dipakai untuk bertukar data antara aplikasi yang berbeda. Sebagai contoh, database dan contact managers sering mendukung file CSV.

Struktur File CSV


File CSV mempunyai struktur yang cukup sederhana. Ini merupakan daftar data yang dipisahkan oleh koma. Misalnya, katakanlah kamu mempunyai beberapa kontak di aplikasi kontak, dan kamu mengekspornya sebagai file CSV. kamu akan mendapatkan file yang berisi teks seperti ini:

Nama, Email, Nomor Telepon, Alamat

Bob Smith, bob@example.com, 123-456-7890,123 Fake Street

Mike Jones, mike@example.com, 098-765-4321,321 Fake Avenue

File CSV bisa lebih rumit dari itu, dan dapat berisi ribuan baris, lebih banyak entri pada setiap baris, atau teks string panjang. Beberapa file CSV bahkan mungkin tidak mempunyai header di bagian atas, dan beberapa mungkin menggunakan tkamu kutip untuk mengelilingi setiap bit data, tetapi itulah format dasarnya.

File CSV dirancang untuk mempermudah kita mengekspor data dan mengimpornya ke program lain. Data yang dihasilkan dapat dibaca siapapun dan dapat dengan mudah dilihat dengan editor teks seperti Notepad atau program spreadsheet seperti Microsoft Excel.

Cara Membuka File CSV


1. Dengan Editor Teks Notepad
Untuk melihat isi file CSV di Notepad, klik kanan pada File Explorer atau Windows Explorer, lalu pilih perintah “Edit”.

kamu akan melihat daftar plaintext data dalam file CSV. Misalnya, jika file CSV diekspor dari program kontak, kamu akan melihat informasi tentang setiap kontak di sini, dengan detail kontak yang diurutkan ke baris baru. Jika diekspor dari pengelola kata sandi seperti LastPass, kamu akan melihat entri masuk situs web berbeda pada barisnya masing-masing.

2. Dengan Program Spreadsheet
kamu juga dapat membuka file CSV dalam program spreadsheet, yang membuatnya lebih mudah dibaca. Misalnya, jika kamu menginstal Microsoft Excel di komputer kamu, kamu bisa mengklik dua kali file csv untuk membukanya di Excel secara default. Jika tidak terbuka di Excel, kamu dapat mengklik kanan file CSV dan pilih open with> Excel.

Jika kamu tidak mempunyai Excel, kamu dapat mengunggah file ke layanan seperti Google Spreadsheet atau memasang office suite gratis seperti LibreOffice untuk melihatnya.

Baca juga: Apa WebP Itu? Cara Menyimpannya Sebagai JPEG / PNG Bagaimana?

Cara Mengimpor File CSV ke dalam Aplikasi


Banyak file CSV dibuat untuk diimpor ke program lain. kamu dapat mengekspor kontak kamu dari Google Kontak, kata sandi yang kamu simpan dari LastPass, atau sejumlah besar data dari program database. File CSV yang dihasilkan kemudian dapat diimpor ke dalam aplikasi yang mendukung jenis data tersebut.

Bergantung pada aplikasi tempat kamu mengekspor data, kamu mungkin perlu memilih format CSV yang sesuai untuk aplikasi target. Misalnya, Google Kontak dapat mengekspor kontak dalam format Google CSV (untuk Kontak Google) atau Outlook CSV (untuk Microsoft Outlook). Either way, kamu mendapatkan file CSV yang berisi data, tetapi diorganisasikan dengan cara yang sedikit berbeda.

Dalam aplikasi yang sesuai, cari opsi "Import" atau "Impor CSV", yang memungkinkan kamu memilih file CSV untuk diimpor. Misalnya, di Microsoft Outlook, kamu dapat mengklik File > Open & Export > Import/Export > Import From Another Program or File > Comma Separated Values to import contacts from a CSV file.

File CSV merupakan sesuatu yang tidak perlu dipusingkan oleh kebanyakan orang. Namun, jika kamu perlu mendapatkan informasi dari suatu aplikasi, CSV bisa dikamulkan.