Cara atasi layar hp android tidak bisa mati dan terkunci otomatis (xiaomi, lenovo, samsung, oppo, vivo)

Layar hp android memang didesain untuk mampu menghemat baterai, salah satu fitur yang ditawarkan oleh hampir seluruh sistem operasi yang dipakai oleh smartphone atau ponsel pandai dalam upaya untuk menghemat daya yaitu layar umumnya akan mati (masuk mode sleep / mode tidur) secara otomatis ketika hp tidak dipakai, bahkan dalam beberapa detik ketika layar mati maka layar hp pun akan masuk ke mode penguncian secara otomatis.

Tujuannya tentu saja agar daya baterai hp lebih kekal, dan untuk mendinginkan suhu hp, karena pada saat hp masuk ke mode sleep,  hp akan mematikan proses yang tidak dipakai.

Mati dan terkuncinya layar hp android secara otomatis umumnya akan diproses selama beberapa detik ketika layar hp tidak disentuh, namun pengguna mampu mengatur waktunya sesuai dengan yang diinginkan, karena untuk mengatur waktu tidur layar (mode sleep), hp android sudah menyediakan fasilitasnya yang dapat digunakan dengan simpel, bahkan bila mau pengguna pun mampu mengatur supaya layar hp tetap terus menyala jikalau diinginkan.



Tapi sayangnya, untuk beberapa kasus beberapa pengguna smartphone  juga terkadang sering mengalami layar hp nya tidak mau mati otomatis, layar hp tetap terus menyala tidak mau masuk ke mode tidur (mode sleep), tidak mau terkunci otomatis walaupun hp sedang tidak digunakan.

Bahkan kasus tersebut bisa terjadi pada hampir semua brand hp android seakan-akan xiaomi, lenovo, samsung, oppo, vivo, asus dan merk hp android lainnya.

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa layar hp tidak mau mati dan terkunci secara otomatis, beberapa penyebabnya diantaranya sebagai berikut:

  • Pengaturan (settings) yang salah 
  • Sistem hp anda dalam keadaan Error, 
  • korsleting yang terjadi pada keypad smartphone anda (khusus untuk hp yang dilengkapi dengan keypad).
  • Hp anda  mengalami hang atau loading terlalu berat
  • LCD HP android anda dalam keadaan rusak sehingga seolah-olah lcd anda mendapatkan sentuhan secara terus-menerus.
Lantas bagaimana cara mengatasinya ?

Cara atasi layar hp android tidak mampu mati dan terkunci otomatis (xiaomi, lenovo, samsung, oppo, vivo)

Untuk anda yang sedang mengalami layar hp android anda tidak bsa mati dan terkunci secara otomatis, maka anda bisa mencoba hal-hal berikut:

Periksa setingan mode kunci layar

Umumnya layar hp tidak mau terkunci atau mati otomatis biasanya lantaran pengaruan waktu penguncian layar menentukan never/ jangan, sehingga hp akan terus menyala walaupun tidak digunakan.

Oleh lantaran itu untuk mengatasi kasus ini yang paling mudah yang mampu anda upayakan adalah menilik setingan mode kunci layar pada hp android anda.

Di beberapa merk hp untuk mengatur waktu kunci layar disajikan berbeda, namun biasanya ada di halaman pengaturan/ setting, anda mampu melihatnya di halaman pengaturan / settings tersebut.

Untuk beberapa merk hp android cara mengatur waktu kunci layar yaitus ebagai berikut:

Pengguna HP Xiaomi:

Untuk anda pengguna hp xiaomi yang ingin mengatur setingan waktu kunci layar langkahnya sebagai berikut:

a. Masuk ke hidangan settings / pengaturan

b. Pilih sajian Kunci Layar & Sandi

c.Tap pada Opsi Tirur / Sleep, lalu pastingan anda tidak menentukan never/ jangan, 
Silahkan anda pilih waktu yang anda inginkan, dari mulai 15 detik hingga dengan 10 menit paling usang.

Layar hp xiaomi anda akan mati masuk ke mode sleep dan terkunci secara otomatis ketika layar hp tidak disentuh dalam waktu sesuai dengan opsi yang anda pilih di pengaturan tersebut.

Pengguna Assus Zefone.


Untuk pengguna asus zenfone khusus seri zenfone 3 Maz ZC520TL dan seri asus zenfone 2,  layar tidak bisa mati otomatis juga  menjadi salah satu kasus yang sering dialami, bahkan kabarnya layar sering menyala sendiri berkedip-kedip.

Untuk pengguna asus zenfone yang layarnya tidak mau mati, maka beberapa cara yang bisa anda coba lakukan ialah :

a. Memeriksa pengaturan smartlock di hidangan setting >> keamanan >> smartlock
pastikan semua featur smartlocknya dalam keadaan non-aktif.

b. Pastikan pengaturan kunci layar tidan menentukan Never/ jangan

c. Periksa juga pengaturan zenmotion settings/pengaturan > zenmotion coba nonaktifkan.

Jika hal diatas sudah anda lakukan dan tetap saja hp asus anda bermasalah, maka anda mampu coba mengupdate firmware hp asus anda dengan versi terbaru, atau bila kasus muncul setelah anda melaksanakan update, coba downgrade.

Untuk merk hp android lainnya seperti Samsung, lenovo, anda bisa memeriksa pengaturan kunci layar, pastikan tidak memilih never/ jangan.