Advertising 468 x 60

Aplikasi Permainan Edukasi Trash Of Dumped Menggunakan Eclipse Berbasis Android (PI)



  Sebenarnya ini ada karya pertama saya di bidang Android Eclipse, yang tentunya bukan juga murni saya yang buat, tapi di bantu oleh orang tua dan teman-teman saya yang setia mengajarkan android Eclipse ini. Langsung saja deh saya akan bercerita asal mula kenapa saya membuat Aplikasi Android ini.

            Bermula dari perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat pesat tidak diimbangi dengan kondisi lingkungan yang terlihat bersih. Banyak sampah berserakan, mulai dari sampah di bantaran sungai hingga di jalan-jalan perkotaan.

            Jika sampah memenuhi bantaran sungai, air pun tidak bisa mengalir secara sempurna, akibatnya aliran sungai menjadi meluap hingga di tengah-tengah pemukiman dan akan sangat merugikan masyarakat. Banyak tempat tinggal di Jakarta yang hampir setiap tahunnya tergenang air yang tingginya hingga melebihi orang dewasa. Salah satu penyebab utamanya merupakan banyaknya sampah yang menumpuk di sepanjang sungai.

            Penyebab masyarakat membuang sampah sembarangan, karena kesadaran masyarakat masih kurang peduli terhadap pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, orang dewasa masih berpikir bahwa membuang sampah di sungai merupakan hal yang paling murah, karena tidak dikenakan biaya. Bagi warga yang berada di bantaran sungai, sampah dapat dibuang dengan mudah ke sungai.

            Hal tersebut berpengaruh negatif pada kesadaran anak-anak yang melihat membuang sampah sembarangan. Anak-anak cenderung akan menirukan setiap perilsaya orang dewasa yang dilihat setiap harinya. Jika orang di sekitarnya melsayakan hal yang baik, maka anak tersebut akan menirukan hal baik pula. Begitu pula sebaliknya, jika orang di sekitarnya melsayakan hal buruk, maka akan ditirukan hal buruk pula.

            Hendaknya anak-anak diajarkan mulai dari usia dini pentinganya membuang sampah ditempat sampah, karna anak belum mengerti dan paham betul bahwa membuang sampah sembarangan dapat mencemari lingkungan dan dapat menyebabkan banjir.

            Dengan permainan edukatif ini, anak-anak bermain dengan menekankan pada pengembangan aspek penglihatan, pendengaran, dan gerak motorik yang semuanya sangat penting dalam proses perkembangan anak.

                 Aplikasi yang saya buat ini merupakan game edukasi yang ditujukan untuk anak-anak, aplikasi ini bernama Trash Of Dumped. Aplikasi ini bisa di bilang sederhana banget ya masih banyak Bug nya,  aplikasi ini di buat dengan Software yang bernama Eclipse ADT Bundle. Dibawah ini merupakan screenshot dari Game Trash Of Dumped ini :
 
Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

Lihat Gambar:

            Jika sobat ada yang ingin mencobanya silahkan sobat bisa Download gratis melalui blog ini. Dan aplikasi ini compatible dengan Versi layar Samsung Galaxy Young New, atau layar 3 – 4 Inch. Ditunggu Kritik dan Sarannya.. ^^

            Sedikit tentang apa itu Android dan Eclipse ADT Bundle. Android merupakan suatu sistem operasi yang berbasis linux dimana sistem operasi ini bersifat gratis dan terbuka untuk siapa saja yang ingin memodifikasinya. Eclipse ADT Bundle merupakan Salah satu software pembuat aplikasi yang berplatform android yang bersifat gratis agar dapat dijalankan di smartphone yang bersistem operasi android.

Aplikasi Permainan Edukasi Trash Of Dumped Menggunakan Eclipse Berbasis Android
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fsayaltas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2014

0 Response to "Aplikasi Permainan Edukasi Trash Of Dumped Menggunakan Eclipse Berbasis Android (PI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel