Advertising 468 x 60

Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?

Apa DNS Leak itu Bagaimana Cara mencegahnya Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?

Hari ini, kami akan membahas topik yang terkait dengan DNS, yaitu DNS Leak. Yap, topik hari ini merupakan DNS Leak di mana kamu akan mengetahui apa DNS Leak itu, dan bagaimana cara mencegahnya menggunakan berbagai teknik.

Apa DNS Leak itu?

Ketika kamu menggunakan VPN, itu membuat koneksi antara komputer kamu dan servernya VPN, dan kemudian server VPN menghubungkan kamu ke situs web yang kamu tuju . Di sisi lain, ketika kamu tidak menggunakan VPN, dan kamu mengetik alamat situs web di browser , lalu tekan enter, server IP kamu langsung menghubungkan kamu ke situs web tersebut. Tetapi dengan VPN, koneksi kamu disaring melalui server mereka dan koneksi sangat terenkripsi.

Dengan cara ini, ISP atau Pemerintah kita hanya dapat melihat bahwa komputer kamu terhubung ke server VPN, tetapi mereka tidak dapat melihat di mana VPN yang menghubungkan kamu. Itu berarti tidak ada yang dapat melacak situs web mana yang kamu telusuri. Tapi, ada situasi di mana VPN bisa dilewati yang disebut Kebocoran DNS. Dengan kata sederhana, jika penelusuran kamu dapat dilacak bahkan kamu menggunakan VPN; itu disebut Kebocoran DNS (DNS leak).

Ini semacam situasi berbahaya karena sebagai pengguna kamu bahkan tidak tahu bahwa VPN kamu dilewati, dan sepanjang waktu kamu terus berpikir bahwa kamu secara anonim menjelajahi web tetapi kenyataannya merupakan bahwa log kamu sedang dilacak.

kamu masih akan dapat membuka blokir situs web yang diblokir karena kamu menggunakan VPN, tetapi anonimitas kamu dibiarkan tanpa perlindungan yang secara langsung berarti bahwa lokasi dan penjelajahan kamu sedang dicatat oleh ISP kamu.

Jadi, pertanyaannya di sini merupakan bagaimana memastikan bahwa tidak ada kebocoran DNS di VPN kamu? Untuk ini, kamu perlu mencari tahu cara menguji apakah VPN mempunyai kebocoran DNS atau tidak.

Lihat juga: TOR vs VPN-Apa Bedanya? Mana Yang Harus kamu Gunakan?

Cara Melakukan Tes Kebocoran DNS untuk VPN kamu

Ada alat online sederhana, dnsleaktest.com yang mempunyai jawabannya. kamu harus melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Pertama-tama, tanpa terhubung ke VPN, akses dnsleaktest.com. Setelah dimuat, kamu akan dapat melihat alamat IP dan lokasi komputer kamu. Ini jelas karena kamu tidak menggunakan server VPN.

Apa DNS Leak itu Bagaimana Cara mencegahnya Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?

Sekarang, hubungkan ke VPN. Sekali lagi, ketik browser kamu dnsleaktest.com , dan setelah dimuat, lihat bahwa harus ada alamat IP dan lokasi lain. kamu dapat mengklik "Extended Test" untuk melihat detail selengkapnya. Itu berarti VPN telah melindungi lokasi kamu dan menyembunyikan alamat IP.

Apa DNS Leak itu Bagaimana Cara mencegahnya Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?

Seperti yang kamu lihat di screenshot di atas yang sekarang lokasinya baru. Dan, juga alamat IP yang berbeda ditampilkan. Itu artinya tidak ada masalah. Namun, bahkan kamu menggunakan VPN, dan ketika kamu membuka situs web dnsleaktest , dan masih menunjukkan alamat IP dan lokasi kamu yang sebenarnya, ada Kebocoran DNS.

Bagaimana Mencegah Kebocoran DNS Saat Menggunakan VPN?

#1 Ubah Server DNS

Meskipun ini bukan perbaikan lengkap untuk DNS Leak tetapi mengubah server DNS memastikan bahwa ISP kamu tidak melacak penelusuran dan penggunaan internet kamu. Jika kamu menggunakan layanan VPN, kamu dapat menanyakan kepada mereka server DNS mereka, dan mereka dengan senang hati akan memberikan kamu apa yang dapat kamu perbarui di pengaturan internet kamu. Selain itu, jika kamu tidak mendapatkan server DNS apa pun dari layanan VPN kamu, kamu dapat menggunakan server DNS publik seperti Google Public DNS, OpenDNS, dll.

Apa DNS Leak itu Bagaimana Cara mencegahnya Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?

#2 Gunakan VPN yang tidak mempunyai DNS Leak

Sampai kamu menggunakan server VPN, sulit untuk mengetahui apakah ia mempunyai kebocoran DNS atau tidak. Oleh karena itu, sebelum membeli layanan VPN apa pun, pastikan untuk berbicara dengan mereka, dan diskusikan tentang kebocoran DNS. kamu juga dapat meminta demo 1-2 hari sehingga kamu dapat memeriksa apakah layanan VPN bagus. Setelah kamu yakin, kamu dapat melanjutkan membeli layanan.

#3 Kompatibilitas IPv6

IPv4 dipakai secara umum, dan setiap VPN mempunyai dukungan untuk itu, tetapi secara bertahap digantikan oleh IPv6 yang merupakan versi terbaru dari alamat IP. Permintaan penjelajahan apa pun yang dikirim ke atau dari PC kamu melalui IPv6 akan melewati VPN jika tidak mendukung IPv6. Dan, dalam hal ini, kebocoran DNS akan terjadi. Jika VPN kamu mempunyai dukungan untuk IPv6, maka ini tidak akan menyebabkan masalah apa pun. Oleh karena itu, ketika memilih VPN dengan dukungan IPv6 merupakan keputusan yang bijaksana. Namun, ada beberapa VPN yang memblokir lalu lintas IPv6 untuk menyelamatkan kamu dari DNS Leak, tetapi ada baiknya untuk mendapatkan salah satu yang memproses lalu lintas IPv6 tanpa kebocoran apa pun.

#4 ISP Menggunakan Proxy DNS Transparan

Beberapa ISP menggunakan proxy DNS transparan untuk memaksa DNS mereka bahkan jika kamu menggunakan VPN. Jika kamu mengubah server DNS, itu akan terdeteksi, dan mereka akan menggunakan proxy DNS transparan yang akan memaksa koneksi kamu untuk menggunakan DNS ISP kamu saja. Itu berarti, akan ada kebocoran DNS bahkan jika kamu menggunakan VPN atau mengubah server DNS.

Lihat juga: 4 Situs Proxy Gratis Terbaik

Masalah ini terkadang sulit untuk dilewati, tapi bisa diatasi, tergantung layanan VPN kamu. Bila kamu menggunakan OpenVPN, kamu dapat pergi ke C:\Program Files\OpenVPN\config, kemudian cari file .conf atau .ovpn. Edit dan tambahkan baris ini di sana: block-outside-dns

Demikianlah topik singkat tentang Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Apa DNS Leak itu? Bagaimana Cara mencegahnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel