5 software antivirus gratis terbaik 2018

 software antivirus gratis terbaik untuk  5 software antivirus gratis terbaik 2018

Berikut ini merupakan 5 software antivirus gratis terbaik untuk 2018. Antivirus gratis ini berguna untuk melindungi PC kamu dari virus dan berbagai jenis malware (seperti adware, rootkit, trojan, dll) secara real-time. Semua fitur dasar dan penting di usung oleh masing-masing antivirus. Misalnya, kamu dapat menjadwalkan scan, on-demand scan, membintangi scan, scan cepat, lihat laporan scanning, karantina file yang mencurigakan, dll.

Terlepas dari semua yang kami sebutkan diatas, kamu juga dapat memanfaatkan keuntungan dari fitur unik yang tersedia dalam perangkat lunak antivirus ini. Beberapa dari antivirus yang kami sebutkan dibawah ini memungkinkan kamu melindungi PC dari serangan ransomware , mengontrol beberapa PC dari satu tempat, dll.

kamu juga dapat memeriksa laporan AV-Test semua antivirus (berdasarkan perlindungan, kinerja, dan kegunaan).  Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan laporan Survey Keamanan (berbentuk file PDF) untuk antivirus yang dihasilkan oleh AV-Comparatives ini . Laporan ini akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak ide tentang  antivirus yang akan berguna bagi kamu.

Inilah Software antivirus gratis terbaik 2018 


Avast Free Antivirus 2018

Avast Free Antivirus 2018 mempunyai antarmuka baru, zero-day protection, pemindaian cepat, password manager yang lebih baik, Game Mode, dan fitur-fitur umum lainnya. Jika kamu sudah menggunakan Avast Free Antivirus 2016, maka kamu pasti akan merasakan perbedaan antara kecepatan scanning dan peningkatan fitur yang tersedia di Avast Free Antivirus 2018.

Fitur Smart Scan dijalankan untuk scan virus, memeriksa ancaman jaringan, perangkat lunak/software rusak (perangkat lunak usang), masalah kinerja, password yang lemah, dll Setelah menyelesaikan pemindaian, kamu dapat memeriksa rincian yang terkait dengan setiap item yang discan. Hal ini juga memberikan opsi untuk menyelesaikan masalah. Namun, sesuai pengujian kami, menyelesaikan masalah/untuk menghapus virus tidak tersedia dalam versi gratis. jika kamu ingin menghapus virus biasanya kamu diminta untuk upgrade ke premium alias yang berbayar. Namun, versi gratis sangat membantu untuk memeriksa apakah ada masalah pada PC atau tidak ada masalah.

Avast Free Antivirus 2018 juga dilengkapi dengan bagian Perlindungan yang kamu dapat akses mulai dari Scan Smart, full scan, dan customized scan. Fitur Wi-Fi Inspector juga ada di bagian perlindungan yang berfungsi mengecek masalah yang berkaitan dengan router dan koneksi perangkat lainnya dan menunjukkan rincian jika perangkat bebas dari masalah atau ada beberapa masalah.

Saya juga suka password manager yang disempurnakan yang dapat kamu gunakan untuk mengimpor semua password yang tersimpan dari Chrome dan browser lainnya, membuat catatan rahasia, dan menambahkan login secara manual layanan lain. Beberapa fitur lain seperti Data Shredder, menghindari situs palsu, SecureLine VPN, Sandbox, dll, juga tersedia, tetapi fitur-fitur ini hanya ada jika kamu upgrade ke premium. Namun, dengan versi gratis ini kamu sudah cukup mendapatkan banyak fitur menarik di Avast Free Antivirus 2018.


Catatan: Untuk menghindari toolbar tambahan, pada saat penginstalan pilih Custom instalation untuk menginstal hanya komponen-komponen yang penting saja.

Sophos Home

Sophos Home merupakan salah satu yang terbaik perangkat lunak antivirus gratis 2018. Hal ini juga memberikan zero-day protection dan sangat membantu untuk melindungi PC kamu dari malware, virus, dll. Antivirus ini juga diketahui mempunyai fitu unik yang disebut centralized protection. Dengan centralized protection , kamu bisa melindungi hingga 10 Mac dan Windows PC dari satu tempat dengan menggunakan akun gratis Sophos Home kamu. kamu dapat menginstal Sophos Home pada semua komputer kamu menggunakan akun yang sama dan kemudian mengontrol semua perangkat dengan browser yang kamu punya.

kamu dapat memeriksa status setiap perangkat yang terhubung, memindai perangkat apapun dari jarak jauh, dan membersihkan perangkat dari virus. juga ada petunjuk berupa tkamu penting untuk setiap perangkat individu. Tkamu terkait dengan virus atau ancaman (jika terdeteksi). kamu juga dapat mengontrol kategori web akses untuk setiap perangkat tunggal. Itu berarti kamu dapat memilih jenis kategori (website hiburan, keluarga, agama, belanja, dan situs kategori lainnya) yang dapat diakses pada perangkat yang terhubung. Jika beberapa aplikasi atau situs web tidak membuka di perangkat tertentu, maka kamu dapat juga secara manual menambahkan file atau situs dalam daftar pengecualian sehingga dapat berjalan pada perangkat tertentu.

Basic Antarmuka desktop Sophos home sangat sederhana. Ada tiga pilihan utama yang dapat kamu aktifkan atau nonaktifkan: Automatic Virus Protection, Web Protection, and Potentially Unwanted App Detection. Jadi, jika tujuan utama kamu merupakan untuk melindungi beberapa komputer, maka Sophos home mungkin merupakan pilihan terbaik.

kamu tidak dapat menggunakan sophos home jika antivirus lainnya sudah terpasang di komputer kamu. Jika kamu telah menginstal beberapa antivirus pada PC kamu, maka sophos home meminta kamu untuk uninstall  antivirus yang sudah terpasang di komputer kamu.


Avira Free Security Suite 2018

Tidak seperti kebanyakan antivirus gratis di daftar ini, Avira menawarkan suite keamanan lengkap gratis. kamu dapat menginstal Avira Security Suite 2017 untuk mendapatkan perlindungan antivirus gratis, serta melindungi bagian-bagian lain dari PC, seperti, perlindungan Browser, Firewall, dll Bahkan, itu juga mencakup VPN gratis (meskipun, dengan bandwidth terbatas).

Berikut merupakan komponen yang berbeda yang terdapat di Avira free Security Suite 2018:

Avira Free Antivirus merupakan antivirus gratis yang baik untuk 2018 yang dapat kamu pasang pada PC kamu. antivirus gratis ini menyediakan keamanan real-time dan semua fitur penting lainnya yang harus tersedia dalam antivirus. Misalnya, kamu dapat mulai memindai sistem lengkap, scan cepat, dan kamu juga dapat menjadwalkan scan. Selain itu, kamu akan dapat memilih folder atau drive tertentu untuk di proses scanning. Ini melindungi dari adware, trojan, rootkit, backdoors, dan virus lainnya. Baru-baru ini, ia juga menambahkan perlindungan ransomware, yang akan membantu dalam mencegah ransomware dari enkripsi file penting kamu. Hal ini juga memberikan perlindungan Firewall.

Avira Free Antivirus- interface

Browser Safety tool: Ini merupakan alat yang memeriksa tingkat keamanan dari situs web tertentu secara real-time dan juga untuk nge-blok pelacakan yang dilakukan oleh situs web. Alat ini bekerja sebagai ekstensi browser. Ketika alat Browser Safety tool ini dipasang di web browser, siap untuk melindungi kamu dari situs berbahaya. Setiap kali kamu mencoba untuk membuka beberapa situs web berbahaya, pesan peringatan akan ditampilkan.

Phantom VPN: Avira free Security Suite juga termasuk free phantom VPN. Alat ini membantu untuk membuat koneksi browsing kamu pribadi dan memungkinkan kamu mengakses situs regional yang diblokir. Namun, versi gratis dari alat phantom VPN hanya menyediakan 500 MB per bulan untuk memotong dibatasi website. Jika kamu sudah mempunyai account Avira, maka kamu dapat menggunakan 1 GB per bulan. Jadi, kamu dapat menambah jatah dari 500  MB menjadi 1 GB hanya dengan membuat akun gratis di Avira.

Software Updater: Alat ini dipakai untuk memeriksa perangkat lunak yang usang dan memperbaruinya. Jadi, kamu tidak perlu menginstal tool pihak ke-3 untuk memperbarui perangkat lunak. Hal ini juga berguna untuk memperbaiki dan menghapus perangkat lunak sudah diinstal. 
Sebuah tool sistem speedup juga tersedia dalam suite ini yang dapat dipakai untuk mengoptimalkan kecepatan komputer kamu.


Bitdefender Free Antivirus

BitDefender Free Antivirus cukup membantu untuk melindungi PC dari malware dan virus secara real-time. Tidak diragukan lagi perangkat lunak antivirus gratis cukup baik juga. Memiliki antarmuka baru yang terlihat benar-benar berbeda dari pendahulunya. Jika kamu membutuhkan antivirus yang bagus dengan antarmuka fresh, maka kamu harus mencoba Bitdefender free antivirus. Dengan versi gratis ini, kamu bisa mendapatkan perlindungan real-time, anti-phishing dan perlindungan anti-malware, serta fitur Autopilot. Untuk mendapatkan perlindungan ransomware, password manager, browsing aman, dll, kamu perlu untuk mendapatkan Bitdefender Antivirus Plus 2018. Namun, jika kamu cukup dengan fitur yang tersedia dalam versi gratis, maka tidak perlu untuk membeli versi premium.

Fitur Autopilot ini BitDefender free antivirus cukup bagus karena membantu untuk secara otomatis memperbaiki masalah-masalah kritis (jika ada) dan mengelola update secara otomatis, perlindungan antivirus,  dan privasi. Saya tidak melihat tombol atau pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan autopilot dalam versi terbaru dari BitDefender.

Pada interface, kamu akan melihat hanya satu tombol: SISTEM SCAN. Tekan tombol itu dan mulai memindai seluruh PC. Namun, jika kamu tidak ingin untuk pemindaian penuh, maka kamu dapat memilih file atau folder yang ingin kamu scan dengan cara drag n drop file atau folder untuk pemindaian. Selain itu, tidak ada yang lain.

Ikon Pengaturan juga ada yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kejadian (log), file karantina, status perlindungan (on atau off), dan pengecualian di mana kamu dapat melihat file dan folder yang dikecualikan oleh kamu dari pemindaian. Jadi, itu merupakan antivirus yang sederhana namun efektif dan kamu dapat mencobanya.


AVG free antivirus

AVG Free Antivirus memberikan persaingan yang kuat untuk perangkat lunak antivirus yang terbaik. kamu mungkin tahu bahwa AVG telah diakuisisi oleh Avast, tapi itu tidak berarti AVG free antivirus telah hilang atau tidak tersedia lagi. AVG free antivirus dalam versi gratis memberikan perlindungan PC, perlindungan web, dan perlindungan email.  untuk versi premium ada tambaha beberapa fitur seperti Perlindungan dari serangan hacker, data yang pribadi, situs palsu, dll.

Saya juga suka fitur unik file shredder yang dapat kamu gunakan untuk menghapus file secara permanen. Namun, kamu harus menggunakannya dengan hati-hati karena hampir mustahil untuk memulihkan file yang terhapus.

kamu dapat memulai scan penuh atau disesuaikan dan dapat menghapus virus, rootkit, spyware, dll jika terdeteksi. kamu dapat memilih manual scan atau terjadwal untuk pemindaian sesuai kebutuhan kamu. Ini memungkinkan kamu memindai PC penuh, beberapa file dan folder tertentu, boot-time scan, dll Jadi, banyak pilihan yang tersedia untuk pemindaian.

Dengan AVG Free Antivirus, kamu juga mendapatkan AVG Zen (AVG Suite) yang memungkinkan kamu terhubung dan mengontrol beberapa perangkat gratis (kamu juga bisa membeli produk AVG seperti TuneUp dan menggunakan alat-alat lain (seperti Avira Connect).

PC Tuneup: berfungsi memeriksa PC untuk masalah registry, shortcut yang rusak, fragmentasi disk, sistem tembolok & log, dll Namun, untuk menyelesaikan masalah, perlu langganan premium.

HMA! Pro VPN: Untuk keamanan jaringan WiFi dan akses situs regional yang diblokir. tapi kaming fitur ini hanya terdapat di versi premium.

AVG Web TuneUp: ini sebenarnya ekstensi browser (tersedia untuk Chrome, Firefox, dan IE). kamu dapat menginstalnya untuk melindungi web browser default kamu dari situs berbahaya, melihat apakah sebuah situs aman atau berbahaya, dan blok pelacakan.


Itulah ke 5 antivirus gratis terbaik 2018, silahkan kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu, sebisa mungkin dalam satu PC cukup satu antivirus saja, agar PC kamu tidak terlalu berat. Ingat semakin banyak aplikasi yang terinstal di PC kamu (termasuk software antivirus) maka beban komputer kamu juga akan bertambah dan efeknya komputer kamu akan lemot. semoga bermanfaat.

Artikel diupdate pada 8 Juli 2018.