5 cara mengambil screenshot di Windows 7/8/10

Pada postingan kali ini, Saya akan share 5 cara mengambil screenshot / tangkapan layar di Windows 7/8 / 8.1 / 10. Dengan metode ini, kamu akan melihat perbedaan dengan trik menarik dan short key. Mengambil Screenshot di Windows sangat mudah. Dengan menggunakan metode yang akan kami jelaskan dibawah ini, kamu dapat menangkap layar (mengambil Screenshot di Windows), memilih area dalam bentuk persegi panjang, menggambar bentuk apapun dengan pena, jendela terbuka aktif dan banyak lagi. Dan kamu juga bisa mengedit gambar screenshot.

 kamu akan melihat perbedaan dengan trik menarik dan short key 5 cara mengambil screenshot di Windows 7/8/10

Langsung saja berikut 5 cara terbaik untuk mengambil screenshot / tangkapan layar di Windows 7/8 / 8.1 / 10. :

Menggunakan tombol Prt sc sysrq
Jika kamu ingin mengambil screenshot dari keseluruhan layar dan hanya ingin mengedit di gambar screenshot ini, kamu bisa menggunakan metode ini untuk mengambil gambar screenshot. Dengan menggunakan tombol pendek ini, kamu bisa mengedit gambar screenshot. Untuk melakukan ini, pertama-tama, buka windows atau apa saja di tempat manapun yang ingin kamu ambil tangkapan layar. Setelah itu, tekan tombol prt sc dari keyboard kemudian paste di sembarang tempat (Paint, Photoshop, MS Word). Sekarang kamu bisa mengedit dan menyimpan gambar ini.

Tombol shortcut keyboard ini bisa dipakai di semua sistem operasi Windows.


Menggunakan tombol Alt + Prt sc
Metode ini membantu kamu mengambil screenshot dari window yang aktif. Itu berarti kamu bisa menangkap gambar hanya pada window aktif. Tidak perlu mengambil screenshot dari seluruh layar dan setelah itu crop itu. Tekan tombol Alt + prt sc dari keyboard, kemudian paste di sembarang tempat dan simpan. Metode ini juga bekerja di semua windows.

Menggunakan Win + Prt sc
Dengan menggunakan tombol shortcut ini, kamu bisa mengambil screenshot dari keseluruhan layar. Dengan menggunakan tombol Win + prt sc dari keyboard, gambar screenshot kamu akan disimpan di komputer kamu. Buka File Explorer dan buka folder Picture. kamu akan melihat folder nama screenshot (C: \ Users \ PC name \ Pictures \ Screenshots). Setelah membuka folder ini, kamu akan melihat gambar screenshot kamu.

Menggunakan Win + H
Jika kamu ingin mengambil tangkapan layar dari keseluruhan layar hanya untuk berbagi dengan Active Apps (Gmail, Outlook) Windows kamu. kamu bisa menggunakan tombol shortcut Win + H ini. Setelah Menekan tombol shortcut ini kamu akan mendapatkan pilihan untuk berbagi di sisi kanan layar. Sekarang kamu dapat berbagi gambar ini dengan Windows Apps yang aktif. Cara ini bisa kamu gunakan di windows 8 / 8.1 / 10.

Menggunakan Snipping tool
Snipping tool merupakan alat yang membantu kamu untuk mengambil screeshot, setelah mengambil screenshot kamu juga bisa mengedit gambar screenshot ini. Snipping tool mempunyai tool Pen, Eraser, Text Highlighter untuk mengedit gambar dan kamu bisa mengirim gambar Screenshot melalui Email. Jika kamu ingin menyalin gambar dan menempelkannya ke tempat manapun, kamu dapat dengan mudah melakukannya dengan Snipping tool ini. kamu bisa mengambil screenshot dengan 4 cara.

Free-form Snip: Dengan cara ini kamu dapat memilih area dalam bentuk apapun dengan pena dan mengambil tangkapan layar.
Rectangular Snip: Dengan cara ini kamu bisa memilih area segi empat dan mengambil screenshot.
Window Snip: Dengan cara ini kamu bisa memilih jendela yang ingin kamu ambil screenshot. Setelah memilih jendela, tangkapan layar kamu selesai.
Full-Screen Snip: Dengan cara ini kamu bisa mengambil screenshot dari keseluruhan layar.

 kamu akan melihat perbedaan dengan trik menarik dan short key 5 cara mengambil screenshot di Windows 7/8/10

Buka Snipping tool dari search bar (Win + S) atau Open Accessories >> Snipping tool. Sekarang kamu akan melihat tombol baru, kamu bisa klik tombol New untuk menangkap seluruh layar. Jika tidak, kamu bisa memilih cara mengklik ikon drop-down. Setelah mengambil screenshot muncul jendela baru. Sekarang kamu bisa langsung menyimpannya. Atau kamu bisa mengedit gambar dan menyimpannya dari menu File.

kamu bisa menggunakan alat Snipping ini di semua sistem operasi Windows.

Penutup kata:
kamu dapat memilih metode untuk mengambil tangkapan layar di Windows sesuai kebutuhan kamu. Saya berharap 5 metode kami ini bisa membantu. Bagikan metode ini dengan teman kamu.