4 Website Untuk Mengecek Kecepatan Download dan Upload

Untuk Kamu yang suka bermain internet atau browsing serta mendownload maka ada sebuah hal yang cukup penting diketahui...

...Yaitu hening cara mengecek kecepatan download dan upload di Internet. 

Untuk Kamu yang ingin mendownload atau sekedar browsing perlu mengetahui kecepatan internet yang dimiliki.

Sehingga nantinya mampu memperkirakan kualitas internet yang dimiliki. Hal ini penting untuk memperkirakan dalam mendownload file yang berukuran besar.

Website Untuk Mengecek Kecepatan Download dan Upload
Sumber gambar: Wikimedia.org

Bagaimana cara mengetahui kecepatan internet yang kita miliki? Caranya sangat mudah sekali.

Terdapat beberapa situs yang menyediakan layanan untuk mengecek kecepatan download dan upload di internet.

1. Situs speedtest.net
Berikut di bawah ini langkah-langkah untuk menggunakan layanan dari situs Speedtest.
  1. Pertama-tama kunjungi halaman web http://www.speedtest.net
  2. Apabila Kamu sedang melaksanakan download atau upload maka hentikan terlebih dahulu prosesnya. Hal ini dilakukan semoga tidak mengganggu proses pengecekan ini.
  3. Kemudian klik pada tombol Begin Test
  4. Selain IP address serta kecepatan download dan upload, Kamu juga bisa mengetahui Ping.

2. Situs Speedtest.co.id
Situs selanjutnya yang mampu Kamu gunakan adalah situs speedtestco.id, dengannya maka Kamu mampu mengukur kecepatan koneksi internet memakai web browser, baik itu untuk jalan masuk internet melalui wireless, ADSL, cable modem dan lainnya,

Penggunannya tinggal menekan tombol Home User yang diperuntukan pengguna koneksi internet kecepatan rendah hingga sedang.

Ada juga mampu tombol T3 or More yang diperuntukan pengguna koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi.


3. Situs Speed.io
Speed.io merupakan situs speedtest DSL modern yang berkemampuan untuk menganalisa terusan internet broadband.

Jika Kamu ingin tahu seberapa cepat koneksi internet baik itu download maupun upload, situs speed.io ini juga menyediakan tool yang cukup cantik dalam mengukur kecepatan.

Situs speed.io ini mengukur kecepatan internet ke server yang terdekat dengan hampir 50,000 di seluruh dunia server yang ada saat ini.

Dan cara mengusut kecepatannya hanya dengan menekan tombol “Start”, dengan begitu tampilan meter akan menampilkan nilai kecepatan upload dan download (kecepatan diukur dalam Kb / sec).

4. Situs Bandwidthplace.com
Situs Bandwidth Place memiliki kemampuan untuk mengecek kecepatan koneksi internet dalam mendownload dan mengupload dari server yang terdekat.

Kenapa hasil pengecekannya berubah-ubah ?
Hal in terjadi dengan faktor seakan-akan kecepatan koneksi yang secara keseluruhan itu sangat bergantung dari kesibukan dan performance perangkat kamu entah itu PC dan modem.

Kemudian juga kondisi jaringan ISP. Interkoneksi dari ISP ke jaringan Maxindo apabila menggunakan ISP selain Maxindo.

Untuk itu sebagai tips biar dapat menghasilkan pengecekan data yang stabil maka bisa mencoba melakukan pengukuran pada waktu diluar jam sibuk.

Kemudian juga ketika melaksanakan pengukuran maka hindari menjalankan program lain pada PC, utamanya proses download pada situs lainnya yang mampu mensugesti akurasi pengukuran, sehingga Kamu perlu menghentikannya sementara.