23 Tips Ampuh Melatih & Mengoptimalkan Otak Kiri

Melatih otak kiri secara benar akan meningkatkan keterampilan logis dan analisa.

Otak manusia seperti diketahui terdiri dari dua kepingan, yaitu otak kanan dan otak kiri.

Para jago mengatakan bahwa setiap kepingan dari otak bekerjasama dengan keterampilan yang berbeda-beda.

Tips Melatih & Mengoptimalkan Otak Kiri
Sumber gambar: Wikimedia.org

Otak kiri dinilai berhubungan dengan kemampuan logika, akal budi, keterampilan numerik, menulis, dan berbicara.

Otak kanan berhubungan dengan kemampuannya menggambar, melukis, menciptakan wangsit dan kreatif.

Mungkin saja Kamu mendengar ada istilah “orang dengan otak kiri” ataupun “orang berotak kanan”, 

Istilah seakan-akan itu dipakai kepada orang-orang yang mempunyai satu keterampilan tertentu.

Orang yang secara umum dikuasai dengan otak kiri, akan menjadi orang yang bersifat logis, juga umumnya memiliki kemampuan memori yang baik, guna membantu mereka untuk mampu berpikir logis.

Dengan melatih otak kiri, bermanfaat untuk meningkatkan linguistik, cara berpikir yang logis, dan kemampuan menganalisa.

Cara melatih otak kiri:

#1. Membiasakan Diri Menulis

Membiasakan diri untuk menulis sangat bemanfaat untuk melatih otak kiri. Kamu mampu menulis hal-hal sederhana di buku harian, atau juga menulis di blog.

Yang perlu dilakukan ialah menemukan sebuah topik yang diminati, lalu tuangkan isi hati untuk menulis secara bebas.

Saat menulis, Anda lebih banyak berpikir. Jika masih bingung, mulailah menulis kegiatan sehari-hari atau sesuatu yang berkaitan dengan hobi.

Buat goresan pena yang sederhana saja sebagai langkah awal. Hingga kemudian menulis sesuatu yang lebih kompleks.

#2. Mencoba Sesuatu yang Baru

Para jago menyatakan bahwa dengan berguru keterampilan gres maka dapat mengasah otak.

Kamu mampu melaksanakan beberapa hal yang gres, seperti berguru bahasa gila yang nantinya Kamu akan mencar ilmu setiap aspek dari bahasa, seolah-olah ejaan, kosakata, tata bahasa dan struktur kalimat.

Kamu dapat melakukan banyak hal lainnya, dengan mencoba melakukan hal-hal yang baru, maka akan menantang dan melatih otak.


#3. Rajin Membaca Setiap Waktu

Otak kiri sangat berafiliasi dengan kosa kata dan ejaan, membaca melatih kemampuan otak dan juga membuat otak selalu aktif.

Kamu mampu membaca aneka macam hal yang Kamu senangi, yang nantinya juga bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan-mu.

Banyak-banyaklah membaca, kegiatan ini menjadi latihan dasar yang bagus bagi otak. Kamu mampu membaca hal apapun, tapi utamakan yang memiliki manfaat besar bagi kehidupanmu.

#4. Jangan Paksakan Diri

Jangan paksakan diri untuk berfikir secara terus-menerus dalam keadaan yang sudah jenuh. Apabila lapar maka segera makan.

Apabila bosan maka Kamu bisa keluar sampai rasa bosan hilang. Demikian juga ketika jenuh maka carilah aktifitas yang menyenangkan.

#5. “Better Done Than Perfect”

Yaitu semua adalah wacana kemampuan untuk berusaha maksimal mengerjakan sesuatu, bukan perihal kesempurnaan.

Sehingga tidak perlu mencari kesempurnaan dari suatu hal, yang justru akan membebani dan menyusahkan diri sendiri.

#6. Cobalah Berkreasi Bersama Orang Lain

Ketika mengerjakan sesuatu hal, maka Kamu mampu melaksanakannya dengan berkolaborasilah dengan orang lain.

Karena bekerja sendiri malah membuat kita mati ilham dan kreatifitas, sehingga butuh sahabat yang nantinya mampu memasukan wangsit dan kreatifitas.

#7. Bermain Game Puzzle

Bermain game ialah cara yang menyenangkan untuk melatih otak. Kamu mampu mengisi teka-teki silang (TTS), bermain jigsaw atau bermain puzzle (game) yang mampu mengasah otak kiri Kamu dengan cara yang menyenangkan.

Kamu juga mampu bermain scrabble, yang membantu Kamu untuk bermain membangun kosakata dan juga meningkatkan keterampilan mengolah kata-kata.


#8. Menambah Kosa Kata dan Mempelajari Bahasa Baru

Tambahlah kosa kata gres setiap hari. Pelajari kata-kata baru, bisa berasal dari kaus maupun buku-buku yang dibaca.

Hal ini bisa menjadi sarana latihan bagi otak, dan meningkatkan sisi pengetahuan berbahasa.

Belajar bahasa baru, melatih kemampuan otak dalam menyimpan gosip baru. Bentuk latihan semacam akan menjaga kesehatan otak.

Dan siapa tahu, kebiasaan mempelajari bahasa dan kosa kata ini bermanfaat sebagai pendukung Kamu dalam mencari pekerjaan di abad depan.

#9. Memecahkan Masalah

Sering merampungkan aneka macam kasus sangat melatih otak. Apabila Kamu selama ini selalu saja menghindar dari masalah, maka ubahlah  sekarang.

Mulailah menerapkan pada diri sendiri untuk menghadapi banyak sekali masalah yang tiba. Hal ini sangat baik, daripada terus lari dari perkara.

Menghadapi kasus bukan berarti mencari-cari kasus. Ingat, itu berbeda sama sekali.

Menyelesaikan perkara tidak selalu dirundung situasi yang tidak mengenakkan, justru menyelesaikan kasus akan sangat menyenangkan. Tergantung cara Kamu berpikir, untuk itu terapkanlah untuk selalu berpikir positif.

#10. Matikan TV

Berlama-lama di depan TV berarti Anda membiarkan otak cenderung tidak berpikir. Hal itu dikala menonton TV, otak hanya mengikuti apa yang disuguhkan di dalam aktivitas TV.

Apabila Kamu ingin menonton TV, disarankan menentukan acara yang edukatif, dan yang semacamnya.

#11. Mengubah Rutinitas

Rutinitas yang sama dalam setiap harinya akan menciptakan otak menjadi jenuh, yang embuat kerja otak tidak maksimal.

Kamu perlu merangsang otak untuk terus bekerja. Kamu bisa melaksanakan hal sederhana, contohnya dengan mengubah rute pulang dan pergi perjalanan ke kantor.

#12. Mengisi TTS dan Sudoku

Mengisi teka-teki yang edukatif sanggup merangsang otak untuk berpikir dan menajamkan memori. Demikian juga Sudoku, mampu melatih otak untuk mengenal angka-angka dengan cepat.

loading...

#13. Terapi Eight Game

Pura-puralah menulis angka ‘delapan tidur’ di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bahu-membahu. Permainan sederhana ini bermanfaat untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan.

#14. Terapi Thumb Game

Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking asisten, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan.

Sebaliknya, acungkanlah jempol ajudan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri.

#15. Makanan yang Sehat Untuk Otak

Komsumsi kuliner yang sehat, seperti daging sapi, kuning telur dan ikan. Tetapi jangan berlebihan dalam konsumsi telur dan daging, lantaran mampu memicu tingginya kolesterol dan lemak di dalam badan.

#16. Coba melakukan hal-hal yang belum kau kuasai. Hal ini mampu melatih dan membuat otak berfikir yang berbeda dari biasanya.

#17. Mencoba untuk berani dalam menambah beberapa aktivitas atau pekerjaan. Sehingga Kamu tetap aktif. Tentunya juga dengan perhitungan yang matang, yang sesuai dengan kemampuan.

#18. Dari waktu ke waktu selalu berguru dan berfikir sederhana. Hal ini membantumu agar dapat lebih efisien untuk merampungkan pekerjaan atau aktifitas.

#19. Melatih kemampuan untuk menghubungkan banyak hal agar nantinya mampu merampungkan pekerjaan dengan lebih optimal.

#20. Kamu harus selalu berusaha melawan rasa takut, sehingga dengan menghadapi rasa takut ini justru mampu merangsang kita untuk bisa berbuat lebih baik, dengan cara yang berbeda

#21. Ketika ingin menulis, maka buatlah goresan pena kau dalam bentuk yang sangat sederhana, ini adalah lebih baik dari pada terlalu berlebihan dalam menulis tetapi isinya sama saja.

#22. Betapa banyak ha-hal yang kita anggap sampah, akan tetapi itu menjadi harta yang sangat berharga bagi orang lain. Untuk itu jangan sia-siakan apapun di dalam kehidupan kau.

#23. Jangan hanya merencanakan saja, tetapi biasakan untuk melakukan apa yang kamu rencanakan.