18 Tips Penting Menjaga Kesehatan Ginjal (Makanan Sehat & Larangannya)

Ginjal mempunyai fungsi dan cara kerja yang luar biasa, kalau mampu dikatakan bahwa cara kerja ginjal sangat canggih.

Ginjal berfungsi menyaring zat-zat racun, zat yang sudah tidak dipakai oleh tubuh, sisa dari metabolism tubuh, bahan kimia yang tidak diharapkan tubuh.

Yang sangat luar biasa bahwa pada setiap harinya ginjal memproses sekitar 200 liter darah yang disaring, yang menyaring sekitar 2 liter ‘sampah' di dlam tubuh.

Ilustrasi Ginjal
Sumber gambar: Wikipedia.org

Kondisi fungsi ginjal yang terganggu menyebabkan tidak sempurnanya dalam menyaring zat sisa di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan penumpukan dalam darah.

Dengan fungsi ginjal yang sangat penting, maka penting juga mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal yang mengalami kerusakan menyebabkan terjadinya komplikasi seakan-akan penyakit kardiovaskular, kerusakan pada saraf, dan kerusakan pada kelenjar paratiroid.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal:

#1. Atur teladan makan

Mengatur asupan kuliner yang sehat, sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi yaitu ikan, asparagus, sereal, buah semangka, jeruk, lemon dan kuliner sehat lainnya.

Seperti buah jeruk dan lemon yang sangat sehat untuk ginjal, didalamnya terkandung asam sitrat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Makan teratur dan bergizi yaitu hal sangat utama dalam menjaga dan merawat kesehatan organ ginjal.

Sangat penting secara rutin konsumsi kuliner seolah-olah buah-buahan, sayur-sayuran.

Kemudian, untuk menjaga kesehatan ginjal maka hindari konsumsi kuliner olahan, batasi konsumsi garam dan batasi konsumsi gula secara berlebihan.

#2. Hindari Antibiotik

Usahakan untuk menghindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri, karena kandungan zat yang terdapat didalamnya bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada ginjal.

Apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah besar. Untuk mengkonsumsi antibiotik disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.


#3. Konsumsi air yang cukup

Komsumsilah air putih yang cukup, akan tetapi hindari minuman yang bersoda. Minumlah air putih dengan sedikitnya 9 gelas air putih dalam sehari.

Adapun orang-orang yang ternyata sudah terkena watu ginjal, maka perbanyak konsumsi air putih. Ini sangat berguna untuk mengurangi resiko pembentukan batu ginjal yang baru.

Air putih juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Bermanfaat untuk membantu ginjal dalam mengeluarkan garam, urea, dan semua racun yang ada di dalam tubuh.

#4. Jangan menahan buang air kencing

Ketika Anda ada harapan untuk kencing (buang air kecil), maka segera lakukan. Sangat berbahaya jika ditahan-tahan untuk buang air kecil lantaran dapat merusak ginjal.

Hal itu karena menahan-nahan buang air kecil mengakibatkan sisa-sisa sampah hasil metabolisme tubuh dan racun akan mengendap, sehingga akan membentuk kristal (atau dikenal dengan kerikil ginjal).

#5. Hindarilah minuman soda

Ternyata cukup 2 kaleng soda dalam sehari dapat menciptakan ginjal Anda rusak. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum dua kaleng minuman soda sehari sudah bisa menyebabkan kerusakan ginjal

Hasil ini didapatkan peneliti di University of Japan sesudah mengamati 12.000 karyawan melalui tes urine.

Hasilnya menunjukkan bahwa karyawan yang minum dua kaleng minuman soda atau lebih dalam sehari memiliki lebih banyak protein pada urine mereka, dibandingkan dengan karyawan yang meminum sedikit minuman soda atau tidak sama sekali.

Adanya protein pada urine menandakan adanya perkara pada organ ginjal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda mampu meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Penelitian lain yang dilakukan pada obyek tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak fruktosa besar lengan berkuasa buruk terhadap organ ginjal.

Penelitian juga menjelaskan bahwa adanya protein pada urine mampu menajdi tanda awal dari resiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Konsumsi soda berakibat meningkatnya penyerapan garam oleh sel pada ginjal, yang mampu memicu resiko ancaman diabetes, obesitas, gagal ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dijelaskan oleh peneliti di case Western reserve University. Penelitian memperlihatkan bahwa orang yang memiliki ginjal normal sekalipun beresiko mengalami kerusakan ginjal jikalau terlalu banyak minum-minuman bersoda.

Jika Anda selama ini banyak minum soda, bahkan lebih dari dua kaleng sehari. Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

loading...

#6. Olahraga dengan teratur

Dengan melaksanakan Olahraga maka ada banyak manfaat yang didapat, seolah-olah salah satunya dapat menyehatkan organ ginjal semoga mampu bekerja dengan maksimal nantinya.

Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dalam keadaan normal, untuk mencegah terjadinya hal buruk pada ginjal.

Olahraga membuat proses pembentukan urin menjadi lancar.

#7. Stop konsumsi pereda nyeri

Obat kimia pada dasarnya dapat menciptakan beban kerja ginjal menjadi berat, apabila memang tidak terlalu darurat untuk menggunakannya.

Maka lebih baik hindari mengkonsumsi obat pereda nyeri yang juga merupakan obat kimia.

#8. Jangan merokok dan minuman ber-alkohol

Nikotin yang terkandung di dalam rokok menjadi penyebab utama terjadinya gangguan ginjal. Merokok mengakibatkan terhambat nya pemikiran darah ke ginjal.

Sehingga pasokan darah ke ginjal menurun, dengan begitu fungsi ginjal menjadi menurun. Beberapa penelitian menyatakan bahwa merokok mampu meningkatkan resiko kanker ginjal hingga 50%.

Merokok dapat merusak pembuluh darah, yang mengurangi ajaran darah di ginjal. Ketika ginjal tidak mempunyai anutan darah yang mencukupi, menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Merokok meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan risiko kanker ginjal.

Selain itu, jangan mengkonsumsi alkohol, lantaran dapat meningkatkan tekanan darah, yang akhirnya dapat berujung terjadinya gangguan pada organ ginjal.

Alkohol dapat menyebabkan terjadinya kehilangan cairan tubuh pada tubuh, apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak.

#9. Jaga berat tubuh

Berat tubuh yang berlebih menimbulkan banyak perkara kesehatan, lemak yang tertimbun di perut dan sekitarnya mampu menyebabkan menurunnya fungsi ginjal dan meningkatkan tekanan darah.

Timbangan Berat Badan
Photo credit: Pxhere.com

Tingginya tekanan darah ini amatlah jelek, lantaran merusak pembuluh darah pada ginjal, sehingga kemampuan ginjal dalam menyaring sampah dan sisa metabolisme tubuh yang dibawa darah, menjadi terhambat.

Loading...

#10. Tubuh aktif Bergerak

Orang rajin akan cenderung mempunyai ginjal yang sehat. Oleha krena itu, aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan. Membiasakan diri untuk menggerakan tubuh memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh secara umum.

#11. Miliki kualitas tidur yang baik

Kurang tidur serta tidur larut malam bisa mempengaruhi kesehatan ginjal secara sedikit demi sedikit. Ketidak seimbangnya metabolisme tubuh akan menyebabkan perkara pada kinerja ginjal.

Tidur yang berkualitas ialah tidur di awal waktu, paling lama tidur jam 9 malam. Ketika tidur matikan lampu, sehingga tidur dalam kondisi gelap gulita. Hal ini menyampaikan manfaat besar, tidak hanya untuk kesehatan ginjal, tetapi juga untuk kesehatan otak, jantung serta memperbaiki kondisi psikologis.
#12. Kontrol tekanan darah

Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Dalam rentang waktu lima tahun, data dari IRR menunjukan bahwa sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

#13. Hilangkan kebiasaan buruk

Termasuk kebiasaan buruk kalau bekerja berlebihan sehingga tidak sempat istirahat. Jika memang sangat sibuk bekerja keras, pastikan bahwa anda tidak kehilangan cairan tubuh dengan menyiapkan sebotol air putih.

Adapun kebiasaan seperti merokok, minum-mnuman alkohol, sampai minuman bersoda. Semuanya itu tidak diragukan lagi berbahaya bagi organ ginjal.

#14. Menjaga kadar gula tubuh

Penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal mempunyai keterkaitan. Sehingga banyak dari penderita diabetes yang akhirrnya juga mempunyai kasus pada organ ginjalnya.

Oleh karena itu, termasuk usaha menjaga kesehatan ginjal, Anda menjaga kadar gula di dalam tubuh agar tidak melonjak tinggi. Pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan manis.


#15. Jangan bermudah-mudahan dalam mengkonsumsi obat

Banyak mengkonsumsi obat, menyampaikan efek pada beratnya kerja jantung, selain itu juga menciptakan kerja organ ginjal semakin berat.

Oleh karena itu, mengonsumsi obat tidaklah boleh main-main. Komsumsilah obat bila benar-benar dibutuhkan. Ada baiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tertenu, terutama pada obat yang mengandung zat yang keras.

#16. Jangan banyak konsumsi kuliner asin

Banyak konsumsi kuliner yang asin dikhawatirkan memberikan dampak buruk bagi organ ginjal.

Oleh karena itu, gunakan rasa secukupnya (kalau bisa diminimalisir), hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Konsumsi garam berlebihan, bisa berakibat mengendap di dalam tubuh, yang balasannya mampu menjadi watu ginjal.

Perlu diketahui, makanan kaleng dan makanan ringan biasanya memilki kandungan garam tersembunyi.

#17. Hindari stres

Stres mampu menyebabkan kasus pada kinerja ginjal, sehingga memicu penyakit ginjal. Selain itu stres apat membahayakan organ jantung dan membahayakan kondisi tubuh secara umum.

Anda harus mengkondisikan tubuh agar mampu selalu rileks, hindari pikiran yang berat, buat pikiran menjadi hening, jangan melaksanakan sesuatu secara tergesa-gesa, dan semacamnya.

#18. Hati-hati dalam konsumsi aksesori dan obat herbal

Salah atau berlebihan dalam konsumsi pemanis vitamin tertentu dan beberapa ekstrak herbal dapat membahayakan organ ginjal.

Jika Anda mengalami perkara pada organ ginjal, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai vitamin dan herbal yang inign digunakan.

Penutup
Jangan lupa menilik kesehatan ginjal, terutama untuk yang menderita penyakit diabetes, hipertensi dan obesitas.

Dan beberapa obat pereda nyeri seperti ibuprofen bisa merusak ginjal jikalau dikonsumsi secara terus menerus.

Beberapa makanan yang sehat untuk dikonsumsi yaitu: Buah Strawberry, Labu siam, Buah Ceri, Buah Semangka, Kacang merah, daun kemangi, buah delima tua, apel hijau atau apel malang, anggur, kembang kol, sayur buncis, lobak bau tanah, siung bawang putih, siung bawang merah, minyak zaitun orisinil, mentimun, paprika merah, ikan tuna, wortel, buah naga, tomat, manggis.

Referensi:
  1. 7 Secrets to Keeping Your Kidneys Healthy - Clevelandclinic.org
  2. Keep Your Kidneys Healthy- Nih.gov
  3. 8 Golden Rules (Take Care of Your Kidneys) - Worldkidneyday.org