13 Tips Ampuh Meningkatkan Transfer Data Flashdisk

Bagi pengguna komputer hal yang sangat menjengkelkan ketika flashdisk yang kita andalkan ternyata Lemot untuk melaksanakan transfer data.

Sehingga ketika ingin memasukan data ke flashdisk yang berukuran file 1 GB, sangat lama prosesnya, sehingga menciptakan ngantuk.

Sebenarnya pada kebanyakan USB Flashdisk secara default telah dioptimasi dengan beberapa metode.

Pada setiap flashdisk memiliki Read Speed (kecepatan baca) dan Write Speed (kecepatan tulis) yang berbeda. Dan umumnya kecepatan Read Speed lebih besar dari pada Write Speed.

Flashdisk
Photo credit: Pixabay.com

Pada flashdisk standard mempunyai read speed sebesar 10Mbps dan write speed sebesar 1-6Mbps.

Pada flashdisk highspeed memiliki read speed sebesar 32Mbps dan write speed sebesar 7-16Mbps.

Dengan begitu cukup wajar flashdisk yang memiliki highspeed harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan flashdisk standard, harganya mampu dua kali lipat lebih.

Anda Bisa Membuat Transfer Rate Data Menjadi Lebih Cepat, Caranya:

#1. Setting flashdisk menjadi format NTFS

Kenapa setting ke NTFS, bukan ke FAT atau FAT32? Kita perlu setting ke NTFS karena memang mempunyai keampuhan yang lebih baik dalam perkara kecepatan, serta kemampuannya untuk meminimalkan fragmentasi.

Akan tetapi yang juga perlu diketahui bahwa NTFS mempunyai kelemahan yaitu hanya mampu dibaca pada sistem operasi windows NT 2000, Vista, dan XP saja.

Sehingga, untuk Anda pengguna sistem operasi tersebut dapat nmenerapkan settingan ini.

Untuk setting ke NTFS caranya dengan cara klik kanan, kemudian pilih Format, kemudian pada file system pilih NTFS, terakhir klik Start.

#2. Setting performance flashdisk

Melakukan pengaturan performance flashdisk memiliki dampak yang baik untuk mempercepat transfer data, untuk melaksanakannya yaitu:
  1. klik kanan pada Flashdisk
  2. Lalu pilih Properties => Hardware
  3. Kemudian Pilih Flashdisk Anda, contohnya USB Flashdisk 2.0
  4. Pilih Properties pada cuilan kanan bawah
  5. Pilih Change Setting
  6. Pilih tab Policies
  7. Pilih Better Performance, lalu Klik OK.
  8. Selesai .


#3. Hindari flashdisk dari Virus

Penting untuk jangan lupa melaksanakan scan pada flashdisk, bagusnya setiap kali menancapkan flashdisk ke PC sehingga mampu selalu aman dari virus.

Dan juga jangan lupa mengupdate versi Antivirus secara rutin ke versi yang terbaru.

#4. Optimasi segera pada flashdisk

Dengan langkah-langkah seperti (umumnya untuk Windows XP):
  1. Klik kanan pada Drive USB
  2. Pilih Properties
  3. Pilih tab Hardware
  4. Dalam All Drive Disk, pilih USB drive dan pilih Properties
  5. Pilih tab Policies dan pilih Optimize untuk kinerja
  6. Tekan Ok

Hal yang perlu diketahui yaitu flashdisk yang dioptimalkan dalam mode Performance, menciptakan Anda WAJIB menggunakan metode "Safely Remove Hardware" sebelum mencabut flashdisk (sudah tahu kan caranya…).

Hal ini sangat penting lantaran jika mencabut flashdisk sembarangan menyebabkan Flashdisk mengalami kerusakan data, bahkan flashdisk itu sendiri mampu rusak.

Adapun meningkatkan transfer rate flashdisk pada sistem operasi Windows 7, maka terdapat fasilitas ReadyBoost pada tab Properties di dalam Flashdisk.

#5. Hapus pada beberapa File yang tidak terlalu diperlukan

Data yang “terlalu” penuh di flashdisk sebaiknya dihapus saja. Terutama pada file yang tidak terlalu perlu disimpan.

Karena kasus ini mampu  mempengaruhi kinerja dan kecepatan flashdisk. Untuk itu hindari mengisi flashdisk hingga terlalu penuh kapasitasnya.

Tips Lainnya:

#6. Pakai software Teracopy agar kecepatan transfer file bisa didongkrak. Tapi hati-hati, penggunaan software seperti ini akan membuat lelah flashdisk. Sehingga disarankan jangan terlalu sering.

#7. Perhatikan aksara file yang dicopy, satu file dengan ukuran file 100 MB akan lebih cepat saat transfer dari pada 50 file dengan ukuran total 100 MB. Mentransfer file yang banyak membuat waktu transfer lebih usang.

#8. Kadang abad, Copy-Paste lebih lamban. Akan lebih cepat dengan cara Menggandakan file yang akan dicopy ke flashdisk, kemudian lakukan cut-paste ke flashdisk.

#9. Jangan pribadi mencabut flashdisk dikala berada dikomputer, eject terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada flashdisk yang terbaca.

#10. Ubah format flashdisk Fat 32 menjadi NTFS (New Technology File System) dengan cara memformatnya menjadi NTFS.

#11. Perlu diketahui, kecepatan transfer data juga dipengaruhi oleh jenis file. Jenis Audio, video dan dokumen waktunya relatif lebih cepat dibandingkan dengan file aplikasi.

#12. Port yang paling populer ketika ini adalah 2.0 dan 3.0. Secara umum, USB 3.0 mempunyai kecepatan lebih tinggi sekitar 3,2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4,8Gpbs.

Kecepatan ini 6 sampai 10 kali lebih cepat daripada USB 2.0.

Hal itu karena USB 3.0 sudah mengadopsi teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga mampu membaca dan menulis secara bersamaan (simultan).

#13. Bagi Anda yang berencana membelinya, belilah flashdisk yang mempunyai write speed yang tinggi. Semakin tinggi write speed sebuah flashdisk, semakin cepat pula waktu proses transfer file.