Urutan Gpu Vga Amd Dan Nvidia Terbaik 2018

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 03:36:00 pm
Game-game PC modern menyajikan tampilan yang sangat bagus. Berbagai imbas grafis dan gameplay seru ditampilkan demi menghadirkan pengalaman bermain game yang menyenangkan. Untuk sanggup bermain game dengan tampilan yang nyaman, sangat diharapkan VGA Card atau kartu grafis berkinerja optimal.
Mengapa membutuhkan VGA Card berkinerja optimal ? Sebab komponen dalam sebuah game sangat kompleks. Jika semua komponen game hanya diproses oleh CPU saja, tentu akan sangat membebani processor. Alhasil, game menjadi tidak nyaman ketika dimainkan. Beban proses yang berlebih pada processor tentu akan berdampak jelek pada ketahanan processor itu sendiri.
Kartu grafis dibutuhkan untuk sanggup memproses komponen game khususnya fitur grafis. Dengan begitu, game menjadi lebih nyaman untuk dimainkan tanpa harus membebani processor. Selain itu, tampilan game juga menjadi lebih elok berkat sumbangan akselerasi dari GPU (Graphic Processing Unit). Dalam dunia game PC, resolusi tampilannya sangat dipengaruhi oleh kinerja GPU.

AMD vs NVidia

Bicara mengenai GPU pada kartu grafis komputer, ketika ini sangat didominasi oleh 2 perusahaan besar ialah Nvidia dan AMD. Nvidia populer dengan seri produknya dengan brand Geforce. AMD yang populer dengan produk processornya, juga mengeluarkan seri produk GPU dengan brand Radeon. Melalui 2 brand tersebut, Nvidia dan AMD terus berupaya menghadirkan GPU untuk kartu grafis dengan teknologi paling modern.

MSI GTX 1060. Credit : flickr.com

Selain Nvidia dan AMD, sebetulnya Intel juga turut memproduksi GPU. Bedanya, jikalau Nvidia dan AMD mengeluarkan GPU untuk dipasang dalam kartu grafis, Intel justru mengeluarkan GPU untuk diintegrasikan pada chipset ataupun processor. Jadi, setiap processor Intel niscaya telah dilengkapi dengan GPU terintegrasi dengan brand Intel HD. Oleh lantaran itu, pengguna processor Intel tidak perlu membeli perangkat grafis terpisah.
Baca juga : Daftar VGA Card Nvidia Dan AMD Terbaik 2017
Berikut ini, Tekno Jempol akan menyajikan daftar urutan GPU VGA Card AMD dan Nvidia terbaik tahun 2018 untuk PC desktop. Daftar tersebut disusun secara hierarki dengan bentuk perbandingan menurut rata-rata kinerja efektif atau potensi kinerja khususnya untuk kinerja gaming. Selain itu, daftar berikut juga dibagi per level atau ranking. Ranking tertinggi menunjukkan kinerja tertinggi dari VGA Card AMD dan NVidia. GPU pada VGA Card yang mempunyai ranking yang sama mempunyai potensi kinerja yang setara atau mirip.
Urutan VGA Card ini disusun menurut hasil pengujian kinerja dari banyak sekali situs reviewer hardware di Internet. Daftar urutan GPU VGA Card berikut mungkin berbeda dengan kinerja operasional yang anda dapatkan pada aplikasi sebenarnya. Ini disebabkan adanya perbedaan spesifikasi teknis atau jadwal aplikasi yang digunakan. Namun, setidaknya daftar VGA Card AMD dan Nvidia ini sanggup menjadi citra sederhana dan perbandingan kinerja rata-ratanya.

Daftar GPU VGA Card AMD dan Nvidia Terbaik 2018

Dalam artikel ini, hanya memasukkan daftar GPU VGA Card AMD dan Nvidia untuk kalangan konsumer yang diproduksi dengan teknologi manufaktur 14/16nm. Teknologi tersebut tergolong gres dan mulai banyak dipakai untuk produksi perangkat grafis secara massal. Untuk kartu grafis Nvidia dan AMD generasi lama, sudah niscaya tidak lagi diproduksi dan hanya ada produk second (bekas) di pasaran.
Baca juga : Mengenal Kartu Grafis Professional Nvidia Quadro dan AMD FirePro

Kelas High-end/Enthusiast

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
1RTX 2080 Ti
2Titan V
3Titan Xp
4Titan X Pascal
5GTX 1080 Ti
6RTX 2080
7RTX 2070
GTX 1080

8
RX Vega 64 Liquid Cooled, Vega 64, Vega Frontier Edition
9GTX 1070 Ti
10RX Vega 56
11GTX 1070
GPU kartu grafis tersebut mempunyai spesifikasi paling lengkap. Fitur dan teknologi yang dipakai juga paling canggih. Contohnya Geforce GTX 1080 atau Titan yang menyertakan teknologi GDDR5X sehingga sanggup menghasilkan bandwidth memori sampai ratusan gigabyte per detik.
Baca juga : Cara Menghitung Bandwidth Memori Pada VGA Card Modern
Kartu grafis dengan GPU Nvidia Geforce dikenal mempunyai kemampuan komputasi grafis paling bagus. Dengan kemampuan tersebut, umumnya kartu grafis tersebut dipakai untuk kebutuhan pekerjaan profesional menyerupai desain grafis dan editing multimedia. Harga kartu grafis dengan GPU ini tidak murah, namun sepadan dengan kinerja yang ditawarkan.

Kelas Mid-end

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
9
RX 590
10GTX 1060 6GB, 1060 3GBRX 580, 480
11
RX 570, 470
Berikutnya, meski fitur dan teknologi yang dipakai tidak secanggih level enthusiast, VGA Card dalam daftar ini sangat elok untuk menjalankan game-game PC modern. Bahkan masih bisa menghasilkan tampilan dengan resolusi 4K dan mendukung teknologi VR (Virtual Reality). Untuk VGA Card pada daftar kali ini sanggup ditebus dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Radeon RX 580. Credit : flickr.com
Bagi anda yang suka berburu uang digital menyerupai Bitcoin dan Ethereum, kartu grafis level ini mungkin bisa jadi solusi yang tepat. Khususnya kartu grafis dengan GPU AMD Radeon, mempunyai kemampuan kriptografi paling optimal sehingga bisa mancapai nilai hash tertinggi. Anda yang punya kartu grafis ini, silahkan mulai lakukan "mining" Bitcoin atau Ethereum.
Baca juga : Trik Memilih VGA Card Yang Tepat Untuk PC Kalian

Kelas Low-end

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
12GTX 1050 Ti
13GTX 1050RX 560, 460

14
RX 550
RX Vega 11
Sudah terang jikalau spesifikasi, fitur, dan teknologi yang dipakai oleh kartu grafis kelas low-end tidak secanggih level di atasnya. Meski begitu, VGA Card level low-end masih sanggup menghasilkan kinerja yang optimal khususnya untuk menjalankan game-game PC modern. Dengan harga yang cukup terjangkau, VGA Card pada daftar ini bisa menjadi pilihan untuk komputer dengan banyak sekali kebutuhan.

Kelas Entry-level

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
15GT 1030RX Vega 8Iris Pro HD 6200
16
RX Vega 3HD 630, 530, 610
Dengan termasuk pada level "entry level", sanggup dibayangkan spesifikasi dari VGA Card pada daftar ini. Kartu grafis ini mungkin lebih cocok untuk kebutuhan multimedia ringan seperti menonton film, meng-edit gambar/foto ringan, dan live streaming. Kalaupun untuk bermain game, resolusi yang dihasilkan cukup rendah sehingga mungkin tidak terlalu nyaman untuk dimainkan.
Daftar di atas tidak memasukkan semua VGA Card Nvidia dan AMD. Jika ada VGA Card atau GPU yang tidak termasuk dalam daftar tersebut, anda sanggup menambahkan pada kotak komentar di bawah. Semoga bermanfaat...

Referensi tulisan

Tampilkan Komentar