Trik Merawat Hard Disk Komputer Semoga Abadi Dan Gak Praktis Rusak

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 07:06:00 pm
Salah satu komponen penting dalam sebuah komputer yaitu storage atau media penyimpanan. Dari namanya saja, kalian sudah niscaya paham kalau storage berfungsi untuk menyimpan semua data atau file yang diperlukan. Misalnya file aplikasi, sistem operasi, atau data langsung milik pengguna.
Ada beberapa jenis media penyimpanan dalam PC desktop atau laptop. Diantaranya yaitu hard disk. Hard disk yaitu perangkat penyimpanan yang sudah dipakai semenjak abad komputer modern dimulai. Hard disk bekerja dengan sistem mekanik dan menggunakan piringan (disk) magnetik untuk menyimpan data.
Jika dilihat dari cara kerjanya, hard disk menjadi sangat rentan mengalami kerusakan kalau kalian menggunakannya dengan sembarangan. Apalagi kalau dipakai secara mobile menyerupai pada hard disk laptop atau hard disk eksternal. Oleh alasannya yaitu itu, hard disk harus dipakai dengan hati-hati biar tetap sanggup bekerja optimal.
Dalam artikel ini, Tekno Jempol akan membagikan tips dan trik merawat hard disk biar tetap infinit serta tidak praktis rusak. Trik ini sanggup kalian terapkan pada semua jenis hard disk baik itu pada PC desktop (3.5"), laptop (2.5"), server, atau hard disk eksternal. Berikut ini triknya

Pastikan terhindar dari benturan atau guncangan

Karena bekerja secara mekanik, hard disk sangat sensitif dengan tekanan dari luar menyerupai benturan atau guncangan. Jika hard disk mengalami benturan atau guncangan, dikhawatirkan akan mempengaruhi komponen di dalamnya. Bukan tidak mungkin, guncangan atau benturan tersebut akan merusak komponen di dalamnya sehingga hard disk mengalami kegagalan dikala beroperasi. Yang paling berbahaya yaitu hard disk tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sistem.
Oleh alasannya yaitu itu, pastikan hard disk terpasang dengan benar dan pas untuk mengurangi resiko guncangan. Jika kalian menggunakan laptop atau hard disk eksternal, tempatkan pada ganjal yang besar lengan berkuasa dan tidak praktis goyang. Jangan lupa menggunakan wadah atau tas khusus kalau ingin membawa laptop dikala berpergian.

Buat partisi pada hard disk

Sebelum menciptakan partisi pada hard disk, kalian sanggup baca artikel dengan judul Yuk, Pahami Dasar Partisi Pada Hard disk

Jangan lupa shut down/eject/safely remove sehabis tamat digunakan

Hard disk juga perangkat elektronik yang kadang sensitif dengan fatwa listrik. Jika kalian sudah tamat menggunakan komputer, ada baiknya mematikan melalui proses shut down yang benar. Hal ini bertujuan biar fatwa listrik semua komponen PC termasuk hard disk sanggup dihilangkan tanpa merusak komponen eletronik di dalamnya. Penggunaaan tombol on/off secara paksa sanggup berakibat kerusakan komponen PC secara elektrik.
Baca juga : Tips Memperpanjang Usia SSD Agar Awet Dan Tetap Optimal
Begitu pula pada hard disk ekseternal yang umumnya menggunakan konektor USB. Pastikan kalian menggunakan fitur eject atau safely remove biar hard disk eksternal tersebut sanggup dilepaskan dengan aman. Biasanyanya, hard disk eksternal boleh dilepas sehabis lampu LED notifikasinya tidak berkedip lagi (mati).

Lakukan defrag hard disk secara rutin

Data yang diakses dalam hard disk sanggup dari aneka macam blok lokasi. Hard disk sanggup saja menulis sebuah file di blok lokasi yang berbeda-beda. Saat file tersebut diakses, akan membutuhkan waktu alasannya yaitu harus mencari di banyak lokasi. Oleh alasannya yaitu itu, hard disk harus rutin dilakukan defragmentasi. Defragmentasi merupakan proses penulisan ulang data pada lokasi yang sama/berdekatan dengan tujuan mempercepat akses.
Jika menggunakan hard disk sebagai penyimpanan utama, kalian wajib melaksanakan defrag hard disk setidaknya sebulan sekali. Hitung-hitung untuk maintenance hard disk juga. Untuk lebih jelasnya ihwal maintenance hard disk atau PC, kalian sanggup mampir ke artikel dengan judul 7 Cara Merawat Komputer Windows Dengan Praktis Agar Kinerjanya Tetap Optimal

Bersihkan dari file-file sampah atau data/aplikasi yang tidak digunakan

Seringkali dikala bekerja di depan PC, kita tidak menyadari kalau hard disk juga akan dipenuhi dengan data-data yang tidak berfaedah menyerupai history browsing, cache program, file temporary, sampai aplikasi yang tidak digunakan. Data-data "sampah" semacam ini kalau terus dibiarkan akan semakin menyesaki ruang hard disk.
Lakukan pencucian setidaknya sebulan sekali biar penggunaan ruang hard disk tetap efisien. Sudah banyak aplikasi tools untuk membersihkan hard disk diantaranya CCleaner. Membersihkan dengan aplikasi CCleaner relatif praktis dan ampuh.

Itulah beberapa trik dalam merawat hard disk pada komputer. Silahkan mencoba trik di atas biar hard disk kalian tetap infinit dan tidak praktis rusak. Semoga bermanfaat...

Tampilkan Komentar