Tips Mengatasi Kecanduan Gadget, Internet, Dan Game Online

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 01:36:00 pm
Teknologi telah mengubah cara hidup umat manusia. Demikian pula saya dan anda yang membaca artikel ini. Pasti setiap hari tidak pernah lepas dari gadget, internet atau game online. Smartphone dan saluran internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib terpenuhi supaya aktifitas semacam komunikasi dan bersosialisasi bahkan hiburan makin gampang dilakukan. Namun, bila kebutuhan akan gadget, internet, dan game online tidak terkontrol dengan baik karenanya sanggup menimbulkan kebiasaan yang berujung kecanduan.
Kecanduan internet. Credit : tekno.liputan6.com
Gadget, internet, dan game online merupakan hal yang berbeda. Tapi, ketika ini hal tersebut tidak sanggup dipisahkan. Hampir semua gadget seperti laptop, handphone atau smartphone sudah niscaya sanggup terkoneksi dengan internet. Begitu pula dengan game online yang mengharuskan pemain terhubung dengan server online agar sanggup memainkannya. Media bersosialisasi juga sekarang beralih dari dunia faktual berganti ke dalam dunia maya.
Kecanduan gadget, internet atau game online bukannya tanpa sebab. Teknologi gadget yang semakin canggih dan berkembang menciptakan semua orang berlomba-lomba untuk memilikinya. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya demi mendapat gadget terbaru. Pencipta game online juga selalu memperbarui gamenya supaya semakin menarik sehingga orang yang memainkannya betah berlama-lama memainkan game tersebut. Dinamika aneka macam aspek kehidupan menciptakan banyak orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya.
Kecanduan gadget. Credit : blog.tokopedia.com
Selain itu, anak yang kecanduan gadget, internet, atau game online biasanya mempunyai ciri-ciri khusus. Diantaranya mereka punya korelasi antarpersonal yang kurang baik. Mereka seringkali tidak mendapat daerah atau tugas di lingkungannya. Dan untuk mengusir rasa bosan dan mengisi kekosongan diri, akhirnya mereka melampiaskan melalui teknologi dunia maya.
Bahaya kecanduan gadget, internet, dan game online cukup serius. Kita sanggup kehilangan banyak momen penting dan berharga dalam hidup. Pengalaman-pengalaman hidup yang berkualitas juga tidak kita dapatkan bila kita menjadi pecandu teknologi. Belum lagi dalam dunia maya terdapat banyak hal yang sifatnya negatif menyerupai kejahatan, pornografi, virus, bullying, dll yang sewaktu-waktu sanggup mengancam diri kita. Kecanduan juga sanggup mengurangi produktifitas kita ketika melaksanakan aktifitas penting menyerupai mencar ilmu dan bekerja. Lalu apa yang harus dilakukan supaya anak tidak kecanduan gadget, internet atau game online ? Berikut ini cara mengatasi dan mencegahnya

Sadar diri

Manusia ialah makhluk sosial. Sudah sewajarnya bila kita harus melaksanakan interaksi sosial dengan orang lain supaya kehidupan kita lebih baik. Kita harus paham bila yang harus kita hadapi sehari-hari ialah makhluk individu yang nyata. Teknologi hanyalah media yang mempermudah untuk berinteraksi dengan individu-individu lain. Jika kita terlalu sering berinteraksi dengan mesin atau teknologi maka interaksi dengan orang lain akan berkurang. Hubungan antar personal pun niscaya akan terganggu.
Baca juga : Ayo Laporkan Akun dan Postingan Negatif di Media Sosial!

Buat hukum yang bijak

Kecanduan gadget dan internet seringkali tidak banyak menghasilkan manfaat. Justru, orang yang kecanduan tersebut lebih sering membuang waktu. Mereka memakai gadget dan internet hanya untuk mengakses hal-hal yang sifatnya hiburan dan kesenangan pribadi. Oleh lantaran itu, untuk mengatasi kecanduan gadget dan internet buat hukum yang bijak mengenai waktu penggunaannya. Jika untuk hal-hal yang dirasa kurang bermanfaat, lebih baik gadget atau internet dimatikan. Gunakan gadget dan internet sebijak mungkin menyerupai untuk berkomunikasi, bekerja, belajar, dan kegiatan penting lainnya. Sesekali boleh juga untuk kegiatan hiburan menyerupai game online asal tidak berlebihan.

Credit : projects.co.id
Jika anak, saudara, atau keluarga anda menjadi pecandu teknologi, anda harus mulai melaksanakan kontrol dan pengawasan padanya. Berikan pemahaman yang baik wacana penggunaan gadget dan internet secara bijak. Cara ini ampuh untuk menghilangkan kebiasaan bermain gadget.
Bermain game online juga tidak perlu dilarang, namun tetap harus terkontrol pemakaiannya. Berikan tanggung jawab dari segala sesuatu yang ia lakukan pada gadgetnya. Mungkin perlu juga gadget dan internetnya dipasang filter agar ia tidak mengakses hal-hal yang bersifat negatif.
Baca juga : Cara Mengatasi dan Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Smartphone

Lakukan kegiatan fisik secara nyata

Jika tidak sedang memegang gadget atau mengakses internet, ada banyak kegiatan fisik atau interaksi yang sanggup dilakukan. Misalnya bermain dengan teman, berkumpul bersama keluarga, berolahraga, memperbanyak amal ibadah, hangout, traveling, dll. Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan banyak orang tentu jauh lebih baik ketimbang berjam-jam di depan gadget. Intinya, kita harus membangun komunikasi dua arah antar dua individu sehingga tercipta korelasi antar personal yang baik.
Bermain bola di halaman. Credit : palembang.tribunnews.com
Menggunakan gadget, internet, dan game online bukan hal yang buruk. Namun, bila tidak terkontrol pemakaiannya juga tidak baik bagi diri kita lantaran sanggup menimbulkan "penyakit kecanduan gadget". Gadget dan internet akan lebih bermanfaat bila dipakai untuk hal-hal yang vital menyerupai bekerja dan kegiatan komersial. Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Oleh lantaran itu, gunakan teknologi secara bijak atau teknologi yang akan menyulitkan anda!

Semoga bermanfaat..

Tampilkan Komentar