Tips Menentukan Laptop Murah Untuk Pelajar/Mahasiswa

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 10:06:00 am
Tahun fatwa gres akan segera dimulai. Para orang bau tanah mulai mempersiapkan segala kebutuhan anaknya untuk masuk pada sekolah atau kampus baru. Bagi anda yang ingin melengkapi keperluan berguru untuk pelajar atau mahasiswa, mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan laptop murah.
Saat ini, bidang pendidikan telah banyak memanfaatkan teknologi gosip untuk memudahkan proses berguru mengajar. Apalagi dengan pertolongan koneksi internet, gosip berupa pengetahuan pelajaran lebih gampang diakses dan dipahami. Penggunaan perangkat elektronik menyerupai komputer notebook dan smartphone pun semakin diminati.
Mahasiswi pakai laptop. Sumber : id.techinasia.com
Memilih laptop murah untuk pelajar dan mahasiswa bekerjsama tidak telalu sulit kalau tahu kebutuhan prioritas yang akan dipenuhi. Memang tidak semua orang bau tanah paham akan seluk beluk laptop yang akan dibeli. Setidaknya, sedikit pemahaman mengenai laptop yang akan dibeli, tentu akan lebih gampang menentukan produk laptop sesuai budget yang dimiliki.
Oleh alasannya yakni itu, kali ini Tekno Jempol akan menunjukkan tips bagi anda khususnya orang bau tanah yang akan membelikan anaknya laptop murah guna keperluan sekolah atau kuliah. Tujuan dari tips ini yaitu sebagai panduan untuk menentukan produk laptop yang benar-benar sesuai kebutuhan belajar/kuliah dan biaya yang tersedia.

Tips Memilih Laptop Murah Terbaik Untuk Pelajar/Mahasiswa

Tentukan kebutuhan prioritas

Pertama, sebelum membeli laptop pastikan anda sudah menentukan kebutuhan prioritas yang diakan dipenuhi. Kebutuhan prioritas ini nanti akan menentukan menyerupai apa laptop yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa. Laptop untuk keperluan berguru tentu akan berbeda dengan laptop untuk pekerjaan yang spesifik.
Untuk pelajar/siswa SD/SMP/SMA umumnya hanya perlu untuk berguru contohnya menciptakan karya tulis, menciptakan presentasi, browsing informasi, dan sedikit hiburan menyerupai menonton video dan memutar lagu. Hal ini juga sanggup berlaku untuk mahasiswa yang kuliah/program studi/jurusannya tidak membutuhkan teknik dan peralatan khusus menyerupai jurusan ilmu sosial dan sastra.
Lain halnya dengan siswa Sekolah Menengah kejuruan atau mahasiswa jurusan desain grafis, arsitektur, dan multimedia. Mereka umumnya harus menciptakan karya atau produk yang membutuhkan ketelitian dan perhitungan kompleks. Hal yang sama juga sanggup berlaku pada mahasiswa jurusan ilmu teknik atau eksakta.
Biasanya, pelajar dan mahasiswa juga memerlukan hiburan menyerupai bermain game. Keperluan ini sebaiknya tidak menjadi kebutuhan prioritas alasannya yakni hanya selingan singkat untuk melepas kepenatan.
Baca juga : Wow, Begini Spesifikasi PC Gaming Untuk PES 2018

Sesuaikan dengan biaya yang dimiliki

Berikutnya, anda harus memastikan biaya untuk membeli laptop. Harga laptop sangat bervariasi, tergantung spesifikasi dan kebutuhan/selera. Mahal atau murah cuma kesan subjektif. Oleh alasannya yakni itu, pastikan biaya yang anda keluarkan sesuai dengan kebutuhan prioritas yang akan dipenuhi.
Anda tidak perlu membeli laptop gaming yang harganya cukup mahal kalau kebutuhannya hanya untuk berguru atau keperluan standar. Jika kebutuhan anda diprioritaskan untuk desain grafis atau multimedia, anda mungkin harus menyiapkan biaya yang sedikit lebih mahal untuk membeli laptop dengan kinerja tinggi. Berapapun biayanya, anda tetap harus bijak dan irit ketika membeli laptop untuk keperluan pelajar/mahasiswa.

Rencana spesifikasi laptop sesuai kebutuhan

Sebelum berangkat ke toko laptop, mungkin sebaiknya anda punya sedikit pengetahuan mengenai seluk beluk spesifikasi laptop. Anda sanggup menggali wawasan menganai laptop lewat banyak sekali sumber menyerupai website/blog/majalah teknologi komputer, situs hardware reviewer, website resmi vendor, atau sobat anda yang paham dibidang ini.
Banyak produk laptop dengan banyak sekali spesifikasi dan harga di pasaran. Namun, banyak calon pengguna laptop yang masih galau menetukan pilihan begitu akan membeli. Dengan memahami seluk beluk spesifikasi laptop, anda mungkin lebih gampang menentukan produk laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini petunjuk spesifikasi laptop murah kualitas anggun sesuai kebutuhan

Kebutuhan standar (belajar, office, dan browsing)

  • Layar 11-14"
  • CPU Dual core
  • RAM 2-4 GB
  • Hard disk (HDD) 250-320 GB
  • Wifi dan Card reader
  • Tambahan : DVDRW, port HDMI, dan Bluetooth serta Camera
Spesifikasi laptop tersebut sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan standar/belajar pada pelajar dan mahasiswa. Umumnya, laptop murah ketika ini mempunyai spesifikasi menyerupai di atas. Beberapa seri laptop murah biasanya sudah terpasang sistem operasi Windows dengan lisensi OEM (Original Equipment Manufacture) sehingga anda tidak perlu menginstalnya sendiri. Laptop murah dengan sistem operasi preinstalled ini mungkin akan dijual dengan harga yang sedikit mahal ketimbang laptop tanpa OS.
Berikut ini pola produk laptop murah terbaik untuk keperluan berguru yang tersedia di pasaran
Produk LaptopSpesifikasiHarga*
Asus A407MACPU: Intel N4000
RAM : 4GB
Hard disk :1TB
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.1
OS : Windows 10
RP. 3,750,000.00
Asus X441BACPU: AMD A9 9420
RAM : 4GB
Hard disk : 1TB
VGA : AMD Radeon R5
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.0
OS : Windows 10
RP. 3,750,000.00
Lenovo IP330CPU: Intel Celeron N400
RAM : 4GB
Hard disk : 500 GB
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.1
OS : Windows 10
RP. 3,825,000.00
HP 14-BW015/16AUCPU: AMD A9 9420
RAM : 4GB
Hard disk : 500GB
VGA : AMD Radeon R5
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.2
OS : Windows 10
RP. 3,950,000.00
Dell Inspiron 3180CPU: AMD A9 9420
RAM : 4GB
Hard disk : 500 GB
VGA : AMD Radeon R5
Layar : 11.6"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.0
OS : Windows 10
Rp. 3,600,000.00
*) harga dirangkum dari banyak sekali sumber.

Kebutuhan desain dan teknik

  • Layar 14" atau lebih
  • CPU Dual core 4 threads
  • RAM minimal 4GB
  • Hard disk drive (HDD) minimal 500GB
  • Kartu grafis dedicated
  • Wifi dan Card reader
  • Tambahan : DVDRW, port HDMI, dan Bluetooth serta Camera
Laptop dengan spesifikasi di atas sangat cocok untuk pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan perhitungan kompleks menyerupai desain grafis, simulasi teknik, kreasi multimedia, dll. Oleh alasannya yakni itu, spesifikasi laptop murah tersebut sanggup dipakai oleh siswa Sekolah Menengah kejuruan dan mahasiswa jurusan teknik. Jika kinerjanya dirasa masih kurang optimal, anda boleh mengupgrade beberapa komponennya supaya mendapat performa yang sesuai harapan. Tentunya, anda harus mengeluarkan biaya pelengkap untuk upgrade komponen tersebut.
Baca juga : Inilah Spesifikasi PC Desain dan Editing Standar 2017
Berikut ini pola produk laptop murah terbaik untuk keperluan desain dan teknik yang tersedia di pasaran
Produk LaptopSpesifikasiHarga*
Asus A407UBCPU: Intel Core i3-6006U
RAM : 4GB
Hard disk : 1TB
VGA : Nvidia Geforce MX110 2GB GDDR5
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.1
OS : Windows 10
RP. 6,200,000.00
HP 14-BS503/04TxCPU: Intel Core i3-6006U
RAM : 4GB
Hard disk : 1TB
VGA : AMD Radeon R5
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth
OS : Windows 10
RP. 5,850,000.00
Acer E5-476CPU: Intel Core i3-7020U
RAM : 4GB
Hard disk : 1TB
VGA : Nvidia Geforce MX150 2GB GDDR5
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.1
RP. 5,725,000.00
HP 14-CM005/6/8AUCPU: AMD Ryzen 3 2200U
RAM : 4GB
Hard disk : 1 TB
VGA : AMD Radeon Vega 3
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.2
OS : Windows 10
RP. 5,725,000.00
Acer SWIFT 3 CPU: Intel Core i3-7020U
RAM : 4GB
Hard disk : 500GB
VGA : Nvidia Geforce MX150 2GB GDDR5
Layar : 14"
Periferal : Wifi, Bluetooth 4.2
OS : Windows 10
RP. 6,525,000.00
*) harga dirangkum dari banyak sekali sumber.

Baca juga : Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan
Pada artikel ini, pemilihan brand didasarkan pada alasan subjektif dan tidak ada pandangan khusus pada brand laptop tertentu. Setiap brand laptop niscaya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tentu boleh menentukan brand laptop yang berbeda dari daftar di atas sesuai selera.
Mengingat laptop murah di atas ditujukan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, tentu spesifikasi yang dipakai hanya pada kelas low-end atau low to medium end. Sebab, laptop tersebut memang lebih difungsikan untuk acara pembelajaran yang tidak mengharuskan punya spesifikasi tinggi. Dengan spesifikasi tersebut, laptop murah di atas setidaknya bisa dipakai selama menempuh pendidikan sekolah atau kuliah.
Jika memang budget tidak mencukupi, anda boleh membeli laptop bekas dengan spesifikasi serupa yang harganya tentu jauh lebih murah. Namun, anda harus memastikan kondisi laptop tersebut masih cukup anggun dan layak pakai.
Demikian tips menentukan laptop murah untuk keperluan berguru pada siswa/mahasiswa. Pilihlah laptop murah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaannya. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat. Jika anda ingin bertanya, menunjukkan opini, atau masukan, silahkan ketik lewat kotak komentar di bawah. Terima kasih!

Tampilkan Komentar