Teknologi Komputer Terbaru Yang Wajib Dinantikan Tahun 2019

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 08:36:00 pm
Dari dulu sampai sekarang, teknologi buatan insan akan terus berkembang. Demikian pula dengan perkembangan teknologi komputer terkini yang juga semakin canggih. Jika dulu komputer berupa perangkat elektronik sebesar ruangan, kini telah berevolusi menjadi perangkat digital yang bisa digenggam tangan.
Di tahun 2019 nanti, tentu banyak perusahaan teknologi terutama yang bergerak dibidang komputasi dan teknologi gosip yang akan mengeluarkan teknologi terbaru mereka. Tujuannya tak lain untuk memenuhi keperluan masyarakat yang kian kompleks. Dengan adanya teknologi komputer terbaru dikala ini dibutuhkan bisa meningkatkan performa dan efisiensi ketika bekerja, belajar, ataupun untuk sarana hiburan.
Baca juga : Teknologi Komputer Terbaru Yang Akan Hadir di 2018

Berikut ini teknologi komputer terbaru yang akan hadir dan wajib dinantikan tahun 2019.

Arsitektur AMD Zen 2

Tak mau kalah dengan Intel, AMD juga berencana akan meluncurkan teknologi arsitektur terbaru adalah Zen 2. Arsitektur Zen 2 ini rencananya akan diproduksi dengan fabrikasi 7nm oleh perusahaan TSMC. Zen 2 dibutuhkan mempunyai peningkatan IPC dari generasi sebelumnya (Zen dan Zen+).
Zen 2 rencananya akan mengintegrasikan mitigasi keamanan Spectre. Selain fabrikasi core CPU 7nm, Zen 2 juga memakai I/O dengan fabrikasi 14nm. Dengan fabrikasi tersebut, kemungkinan CPU dengan arsitektur Zen 2 maksimal punya 64 core 128 thread.
Baca juga : Cara Praktis Mengatasi Ancaman Meltdown dan Spectre

AMD Navi

Selain Zen 2, AMD juga berencana merilis arsitektur terbaru untuk GPU Radeon. Arsitektur tersebut diberi nama arahan Navi dan akan diluncurkan tahun 2019 esok. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh arsitektur Navi adalah memori generasi terbaru.

PCI Express 5.0

Slot PCI Express merupakan slot pengganti PCI/PCI-X/AGP. Berbeda dengan slot sebelumnya yang memakai arsitektur paralel, PCI Express justru memakai arsitektur serial yang menghubungkan ke setiap perangkat. Slot PCI Express umumnya digunakan untuk kartu grafis eksternal dan perangkat media penyimpanan.



PCI Express. Credit : wikipedia
PCI-SIG menyatakan versi terbaru PCI Express 5.0 akan hadir setidaknya di tahun 2019. Kali ini PCI Express bisa menangani bandwidth data sampai 32 GT/s, dua kali lipat dari versi sebelumnya, 4.0. PCI Express 5.0 juga tetap akan mempertahankan kompatibilitas dengan versi sebelumnya baik pada software atau antarmuka fisik.

Next-gen DisplayPort



Jika kalian memperhatikan pada VGA card terbaru niscaya ada DisplayPort. DisplayPort (DP) merupakan antarmuka tampilan digital modern yang menggantikan konektor VGA (D-Hub) dan DVI. DisplayPort utamanya berfungsi untuk mentransmisikan data video digital. Namun, DP juga bisa mentransmisikan sinyal audio, data USB, dan lain-lain.
Rencananya, versi terbaru DP ini akan menghasilkan kecepatan transfer data sampai 64,8 Gbit/detik. Atau sekitar dua kali lipat dari versi sebelumnya (DP 1.4). Diharapkan DP terbaru bisa mendukung format video 8K (7680x4320) dengan refresh rate mencapai 60hz. Kemungkinan DP juga akan memakai metode penkodean yang lebih efisien.

Memori RAM DDR5

Saat ini, memori RAM DDR4 mulai banyak digunakan pengguna komputer. Namun beberapa waktu mendatang akan hadir teknologi memori RAM terbaru adalah DDR5. Rencananya, JEDEC sebagai tubuh standarisasi teknologi memori flash akan merilis spesifikasi memori RAM DDR5 di tahun 2019.



Memori RAM. Credit : pixabay.com

RAM DDR5 akan memperlihatkan peningkatan kinerja dengan efisiensi yang lebih baik ketimbang RAM DDR4. Teknologi DDR5 akan meningkatkan jumlah bandwidth memori RAM. Hal ini tentu akan semakin meningkatkan kinerja komputasi pada platform server atau client. Selain itu, DDR5 juga akan sangat efisien dalam konsumsi daya. Dengan kecanggihan teknologi manufaktur yang ada dikala ini akan menciptakan DDR5 sanggup mencapai kapasitas memori yang jauh lebih besar.
Baca juga : Memahami Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM Pada Komputer

IEEE 802.11ax

Kalian tentu tidak gila dengan perangkat Wifi. Tahun 2019 nanti akan dirilis perangkat WLAN dengan standar baru, IEEE 802.11ax atau WIFI-6. Teknologi ini sanggup beroperasi pada spektrum sinyal 2,4 GHz dan 5 GHz dengan pelengkap 1 GHz dan 7 GHz, jikalau tersedia.
Teknologi IEEE 802.11ax menghadirkan fitur gres adalah OFDMA (Orthogonal Frequency-Division Multiple Access) untuk meningkatkan efisiensi spektrum secara keseluruhan. Selain itu, juga mendukung modulasi 1024-QAM untuk meningkatkan laju transmisi data. Kedua fitur tersebut bisa memperlihatkan kecepatan transmisi sampai 11 Gb/detik.

Windows 10 1903

Update mayor ke tujuh dari Windows 10, 1903 dengan nama arahan 19H1

Ubuntu 19.04

Seri terbaru sistem operasi Ubuntu 19.04 dengan nama arahan Disco Dingo rencananya akan dirilis pada tanggal 19 April 2019.
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2019. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, niscaya akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan kalian wacana teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca majalah komputer edisi terbaru.

Tampilkan Komentar