Teknologi Komputer Terbaru Yang Akan Hadir Di 2018

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 12:36:00 pm
Seperti yang kalian tahu, teknologi buatan insan akan terus berkembang. Demikian pula dengan kecanggihan perangkat komputer yang juga terus mengikuti perkembangan teknologi elektronik. Komputer yang dulu berupa perangkat sebesar ruangan, sekarang berevolusi menjadi perangkat elektronik yang sanggup digenggam tangan.
Di tahun 2018 nanti tentu banyak perusahaan teknologi khususnya dibidang komputasi yang akan mengeluarkan teknologi terbaru mereka. Tujuannya tidak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Dengan adanya teknologi komputer terbaru dibutuhkan sanggup meningkatkan kinerja dan efisiensi ketika bekerja, belajar, maupun untuk sarana hiburan.
Baca juga : Inilah Teknologi Komputer Terbaru Di Tahun 2017

Berikut ini beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2018

Sistem Operasi

Ubuntu 18.04 LTS
Sesuai tradisi pada sistem operasi Ubuntu, bulan April dan Oktober setiap tahun selalu rilis versi terbaru. Khususnya pada tahun 2018 nanti di bulan April, Canonical sebagai pengembang Ubuntu kembali merilis sistem operasi Ubuntu terbaru yakni 18.04 LTS. Versi kali ini merupakan seri LTS (Long Term Support) yakni versi yang mendapat tunjangan resmi selama lima tahun.
Pada sistem operasi Ubuntu 18.04 LTS ini rencananya akan kembali memakai lingkungan desktop GNOME 3. Beberapa seri terakhir, Ubuntu selalu memakai desktop environment Unity. Hal ini dikarenakan Ubuntu 18.04 LTS lebih difokuskan pada platform desktop, cloud computing, dan internet of things.

Windows 10 1803
Microsoft terus membenahi sistem operasi andalannya, Windows 10. Pada awal tahun 2018 nanti, Windows 10 akan mendapat update terbaru dengan nama aba-aba Redstone 4. Kemungkinan, versi 1803 ini menjadi update utama terakhir yang memakai nama aba-aba Redstone. Beberapa pembenahan yang disertakan dalam versi 1803 ini diantaranya yakni pembenahan input, peningkatan kinerja booting dan gaming, serta optimalisasi pada beberapa aplikasi.

macOS Mojave (10.14)
Bagi anda pengguna produk Apple, tahun ini akan merasakan seri sistem operasi terbaru macOS yakni macOS Mojave. Pada seri terbaru sistem operasi ini, Apple memasukkan beberapa fitur yang biasa ditemui dalam iOS menyerupai Apple News, Voice Memo, Home serta mode gelap (Dark mode).
macOS Mojave mungkin akan menjadi sistem operasi Apple terakhir yang mendukung aplikasi 32-bit. Selanjutnya, semua komputer Apple sepenuhnya memakai sistem 64-bit. Selain itu, sistem operasi ini juga tidak lagi memakai API OpenGL dan OpenCL meski dukungannya tetap diberikan. Pengembang akan disarankan memakai API Metal milik Apple sendiri.
Diperkirakan macOS Mojave akan diluncurkan di selesai 2018. Untuk bisa memakai sistem operasi ini, anda setidaknya memakai MacBook/iMac keluaran tahun 2012.

Program Aplikasi

Microsoft Office 2019
Siapa yang tak kenal dengan aktivitas aplikasi Microsoft Office ? Tahun pertengahan 2018 nanti, Microsoft bakal kembali merilis seri terbaru aplikasi kantoran ini yakni Office 2019 dengan nama aba-aba Office 17. Seri yang sedang dalam tahap pengembangan ini rencananya ditujukan untuk platform Windows 7 sampai Windows 10.
Fitur-fitur yang disertakan dalam Office 2019 diantaranya semua fitur Office 365, tunjangan antarmuka pen stylus, fitur animasi, formula dan diagram baru.

Teknologi Mikroarsitektur

Arsitektur Intel Cannonlake
Perusahaan Intel akan menghadirkan teknologi arsitektur processor x86-64 terbaru dengan nama aba-aba Cannonlake yang rencananya akan dirilis di tahun 2018. Arsitektur Cannonlake merupakan kelanjutan dari arsitektur Coffee Lake dan Kaby Lake yang telah lebih dulu dirilis tahun 2017. Dalam tahapan fabrikasi Intel, Cannonlake masuk dalam planning sanksi "Proses".



Begini Spesifikasi AMD Ryzen, Processor Kencang Dengan Harga Murah! Arsitektur Zen+ merupakan versi revisi dari arsitektur sebelumnya (Zen). AMD berbagi arsitektur ini dengan teknologi fabrikasi 12 nm. Processor yang memakai arsitektur ini diperkirakan meluncur ke pasaran pada pertengahan tahun 2018. Beberapa fitur yang hadir dalam arsitektur Zen+ diantaranya
  • Peningkatan kinerja dibanding arsitektur sebelumnya (Zen)
  • Dukungan memori RAM DDR4 2933
  • Precision Boost 2 dan XFR 2 (eXtended Frequency Range 2)
Berikut ini prosessor AMD Ryzen yang memakai arsitektur Zen+
  • Ryzen 5
    • Ryzen 5 2600X
    • Ryzen 5 2600
  • Ryzen 7
    • Ryzen 7 2700X
    • Ryzen 7 2700

Arsitektur Nvidia Volta
Tahun 2018 besok, Nvidia sebagai salah satu pengembang teknologi GPU (Graphic Processor Unit) akan kembali merilis arsitektur GPU (Graphic Processing Unit) terbaru dengan nama aba-aba Volta. Arsitektur ini rencananya akan diproduksi oleh perusahaan TSMC dengan teknologi manufaktur 12 nm.
Beberapa fitur yang akan disertakan dalam arsitektur Volta diantaranya
  • High Bandwidth Memory (HBM) 2
  • Dukungan NVLink 2.0
  • Tensor core
Arsitektur Nvidia Turing
Selain Volta, Nvidia juga akan merilis aristektur GPU gres untuk kelas konsumer dengan nama aba-aba Turing. Salah satu fitur menarik dari arsitektur ini yakni kemampuan Raytracing secara real-time. Seperti yang diketahui, teknik raytracing digunakan untuk membuat objek visual yang hampir nyata. Itu artinya, arsitektur Nvidia Turing mempunyai kinerja komputasi yang luar biasa.
Selain fitur raytracing, Nvidia juga memasukkan beberapa fitur menarik lainnya diantaranya
  • Teknologi memori GDDR6
  • RT core dan Tensor core untuk raytracing
  • Peningkatan kinerja pada CUDA
GPU Nvidia dengan arsitektur ini diantaranya
  • Quadro RTX
  • Geforce RTX 2080
  • Geforce RTX 2070

Teknologi Memori

Memori RAM DDR5
Meski memori RAM DDR4 belum terlalu banyak digunakan pengguna komputer, namun beberapa waktu mendatang akan hadir teknologi memori RAM terbaru yakni DDR5. Rencananya, JEDEC sebagai tubuh standarisasi teknologi memori flash akan merilis spesifikasi memori RAM DDR5 di tahun 2018.



Memori RAM. Credit : pixabay.com

RAM DDR5 akan memperlihatkan peningkatan kinerja dengan efisiensi yang lebih baik ketimbang RAM DDR4. Teknologi DDR5 akan meningkatkan jumlah bandwidth memori RAM. Hal ini tentu akan semakin meningkatkan kinerja komputasi pada platform server atau client. Selain itu, DDR5 juga akan sangat efisien dalam konsumsi daya. Dengan kecanggihan teknologi manufaktur yang ada ketika ini akan membuat DDR5 sanggup mencapai kapasitas memori yang jauh lebih besar.
Baca juga : Memahami Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM Pada Komputer

Memori VRAM GDDR6
Jika kalian mengenal VGA Card tentu akan tahu dengan VRAM (Video RAM). Saat ini, VRAM umumnya mempunyai beberapa jenis memori yakni GDDR3, GDDR5, GDDR5X, dan HBM (High Bandwidth Memory). Pada tahun 2018 nanti, beberapa produsen memori menyerupai Samsung, Micron, dan Hynix akan merilis memori grafis dengan teknologi gres yakni GDDR6.
Baca juga : Cara Menghitung Bandwidth Memori Pada VGA Card Modern
Tidak jauh berbeda dengan teknologi DDR5, GDDR6 juga akan hadir dengan peningkatan kinerja dan efisiensi yang lebih baik. VRAM GDDR6 akan diproduksi dengan teknologi fabrikasi 21 nm sehingga bisa mencapai kapasitas 8 Gb atau 1 GB per chip. Bandwidth yang dihasilkan tiap chip bisa mencapai 16 Gbps. Konsumsi daya memori VRAM GDDR6 diperkirakan 10% lebih irit ketimbang teknologi sebelumnya (GDDR5).
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2018. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, niscaya akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan kalian wacana teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca majalah komputer.

Tampilkan Komentar