Pengertian Worksheet Dan Workbook Di Microsoft Excell Lengkap

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 08:40:00 pm
Pengertian Worksheet dan Workbook - Dalam melaksanakan segala suatu pekerjaan di Micosoft Excell, kita sering melihat dan mendengar istilah sheet dan workbook. Secara tidak langsung, kita selalu mengerjakan aneka macam laporan pekerjaan melalui sheet-sheet yang ada di dalam workbook. Namun, secara definisi apa itu worksheet dan apa itu workbook? Nah, kali ini kita akan bahasa 2 hal tersebut secara lengkap.
Microsoft excell yaitu kegiatan aplikasi dari microsoft office yang mempunyai aneka macam fitur menyerupai kalkulasi, pembuatan grafik, dll serta aplikasi paling terkenal yang digunakan oleh aneka macam komputer atau laptop kini ini selain microsoft word. Dalam pekerjaan pembuatan data dan kalkulasi, microsoft excell ini sangat membantu alasannya mempunyai fitur sheet dan workbook yang dapat digunakan secara multitasking. Worksheet dan workbook itu apa? Yuk simak ulasan dibawah ini.
 Dalam melaksanakan segala suatu pekerjaan di Micosoft Excell Pengertian Worksheet dan Workbook di Microsoft Excell Lengkap

Pengertian Worksheet

Worksheet atau sheet yaitu lembar kerja yang berisi sel - sel yang terdiri dari kolom (Column) dan baris (Row) yang ditampilkan dalam sebuah workbook di aplikasi microsoft excell. Dalam sebuah worksheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris yang dapat digunakan untuk mengolah data, menciptakan formula, grafik dan lain-lain.
 Dalam melaksanakan segala suatu pekerjaan di Micosoft Excell Pengertian Worksheet dan Workbook di Microsoft Excell Lengkap
Sheet atau worksheet ini secara default / standar saat pertama kali membuka microsoft excell disediakan 3 sheet. Dari 3 sheet tersebut anda dapat mengolah dengan menambah atau mengurangi sheet yang ada dengan minimal sheet 1 dalam setiap workbook.
 Dalam melaksanakan segala suatu pekerjaan di Micosoft Excell Pengertian Worksheet dan Workbook di Microsoft Excell Lengkap
Fitur klik kanan yang muncul pada setiap sheet
Untuk menampilkan hidangan tersebut, silahkan arahkan kursor menuju salah satu sheet, kemudian klik kanan maka akan muncul tampilan menyerupai di atas.
  • Menu insert digunakan untuk menambah worksheet atau sheet, 
  • Delete digunakan untuk menghapus sheet,
  • Rename digunakan untuk memberi nama pada setiap sheet
  • Move or Copy digunakan untuk memindahkan atau mengkopi sheet dalam 1 workbook atau workbook lainnya
  • View Code digunakan untuk microsoft visual basic
  • Protect Sheet digunakan untuk memperlihatkan password pada setiap sheet sebagai keamanan
  • Tab Color digunakan untuk mewarnai sheet sesuai keinginan
  • Hide digunakan untuk menyembunyikan sheet
  • Unhide digunakan untuk menampilkan sheet yang disembunyikan
  • Select All Sheets digunakan untuk menentukan seluruh sheet yang ada.

Pengertian Workbook

Workbook yaitu sebuah format standart dari microsoft excell yang terdiri dari 1 atau lebih worksheet. Apabila dianalogikan, workbook merupakan sebuah buku dan worksheet merupakan lembar - lembar kertas yang ada di dalam buku. Jadi, dapat disimpulkan bahwa saat anda bekerja pertama kali memakai microsoft excell, maka yang terbuka yaitu sebuah workbook yang di dalam workbook tersebut ada beberapa worksheet yang digunakan sebagai kawasan untuk mengolah data, grafik dan sebagainya.
Dari sini anda mungkin sudah mempunyai pandangan mengenai apa itu worksheet dan apa itu workbook. Semoga artikel ini dapat memperlihatkan pandangan kepada anda terkait pengertian worksheet dan workbook.

Tampilkan Komentar