Pengertian Virus Komputer

Apa Itu Virus Komputer?

Virus Komputer merupakan sebuah software atau aktivitas yang masuk ke komputer kita dengan cara bersembunyi pada file tertentu kemudian aktivitas tersebut akan memalsukan dirinya sendiri sehingga mengganggu aktivitas aplikasi yang lain. Virus komputer diciptakan dengan tujuan yang tidak baik yaitu untuk mencuri data dari pengguna komputer tersebut. Virus Komputer memiliki banyak macamnya diantaranya: virus, trojan, worm, dan lain-lain.

Baca juga: komputer-dan-cara" target="_blank">Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya.

Banyak efek jelek yang ditimbulkan oleh virus komputer, alasannya yaitu selain sanggup memalsukan dirinya sendiri sehingga menciptakan kapasitas harddisk dan media penyimpanan lainnya menjadi penuh. Selain itu virus juga sanggup menyembunyikan file dan menciptakan data tersebut seperti hilang dari komputer kita bahkan keberadaan virus komputer menjadikan komputer kita menjadi lemot atau sangat lambat sekali dalam menjalankan proses.
komputer.png" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">komputer
.png" width="198" /> Virus komputer masuk ke komputer kita sanggup melalui beberapa media menyerupai flashdisk yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain, dari internet bahkan dari bluetooth pada ketika kita memindahkan file tertentu.

Baca juga: komputer-dan-cara" target="_blank">Bagaimana Cara Virus Menyerang komputer Kita?

Bagaimana Cara Mengantisipasi Virus Komputer ?

Untuk mengantisipasi penyebaran dari virus, kita sanggup memasang antivirus pada komputer kita, Antivirus akan memblokir atau mengkarantina file yang terindikasi terjangkit virus sehingga virus tersebut tidak akan menyebar ke file yang lain.

Baca juga: komputer-dan-cara" target="_blank">Pengertian dan Fungsi Antivirus

Untuk sanggup mengoptimalkan kerja antivirus, kita harus sering melaksanakan update secara bersiklus untuk memperbaharui database dari antivirus tersebut. Setiap pengembang antivirus akan menawarkan kemudahan update secar bersiklus yang sanggup dilakukan secar online. Sehingga dengan data base yang gres antivirus tersebut diperlukan sanggup mendeteksi virus komputer jenis gres yang mengancam komputer kita.