Pengertian, Fungsi Port Dan Port Yang Biasa Dipakai Pada Jaringan Komputer - Port Number

Pengertian Port Pada Jaringan Komputer

Port merupakan sebuah aplikasi spesifik atau sanggup juga disebut proses software spesifik pada komputer / komputer host yang menjalankan layanan atau service untuk komunikasi di dalam jaringan komputer.

Port juga sanggup diartikan sebagai sebuah prosedur yang memungkinkan komputer mendapat izin untuk mendukung beberapa sesi koneksi dalam jaringan komputer dan program-program yang terhubung jaringan.

Port akan mengidentifikasi aplikasi dan service yang memakai koneksi didalam protocol TCP/IP sehingga port juga sanggup mengidentifikasi sebuah proses tertentu.


Baca Juga: Macam-Macam Protocol yang Paling Sering Digunakan Pada jaringan komputer

Fungsi Port Pada Jaringan Komputer

Port berfungsi untuk mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan beberapa aktivitas didalam jaringan komputer.

Port sanggup dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP. Karena mempunyai angka 16-bit, maka total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang dipakai merupakan 65536 buah.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Subneting Pada Jaringan Komputer

Klasifikasi Port Number Pada Jaringan Komputer

Dilihat dari penomorannya. port UDP dan TCP dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Well Known Port
Merupakan daftar nomor port yang telah diketahui secara umum untuk pemakaian suatu layanan, untuk itu Well Known Port tidak sanggup dipakai oleh layanan lainnya. Well known Port mempunyai kapasitas sebanyak 1024 buah nomor. Awalnya Well Known Port berkisar antara 0  hingga 255, akan tetapi lalu diperlebar untuk mendukung antara 0 sampai 1023. Beberapa layanan dan aplikasi yang memakai Well Known Port merupakan FTP di port 21, SSH di port 22 dan HTTP di port 80 dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Telnet

2. Dynamic Port
Dynamic port merupakan nomor port yang sanggup berubah-ubah sesuai dengan impian dan keperluan pengguna. Dynamic port tidak disarankan untuk penggunaan aplikasi chatting dan aplikasi sejenis lainnya alasannya ialah dengan port yang sanggup berubah-ubah sanggup mengakibatkan terjadinya ukiran port number antar aplikasi yang digunakan. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 sampai 65536 dan sanggup dipakai atau dilepaskan sesuai kebutuhan.

3. Registered Port
Registered port terdaftar pada IANA (Internet Assigned Number Authority) yaitu organisasi dunia dibidang jaringan komputer sama halnya dengan Well Known Port. Registered port mempunyai kapasitas port number antara 1024 sampai 49151. Port jenis ini dipakai untuk layanan aplikasi yang lebih spesifik menyerupai port 1080 untuk SOCKS proxy dan 1194 untuk Open VPN.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi FTP pada jaringan Komputer

Beberapa Port yang Biasa Digunakan dalam Jariungan Komputer

21   --> TCP --> FTP        --> File Transfer Protocol
23   --> TCP --> Telnet     -->  Remote access
25   --> TCP --> SMTP       --> Simple Mail Transfer Protocol
53   --> UDP --> DNS        --> Domain Name Server
80   --> TCP --> HTTP       --> Hypertext Transfer Protocol
110  --> TCP --> POP3       --> Post Office Protocol v3
123  --> UDP --> NTP        --> Network Time Protocol
137  --> TCP --> NetBIOS-ns -->  NetBIOS – Name Service
161  --> TCP --> SNMP       --> Simple Network Monitoring Protocol
3128 --> TCP --> HTTP-Proxy --> Web-Cache (default by Squid)
8080 --> TCP --> HTTP-Proxy --> Web-Cache (customized)