Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan Ad Hoc - Wireless Network

Pengertian Jaringan Adhoc

Jaringan Adhoc ialah sebuah jaringan kompputer yang terdiri dari dua atau lebih perangkat wireless yang membentuk komunikasi secara pribadi antara perangkat satu dengan perangkat lain. Sinyal yang dihasilkan oleh interface adapter Jaringan Wifi ialah berarah Omni keluar ke rentang jangkauan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, dan juga sifat dari perangkat yang terlibat. Jangkauan ini disebut sebagai suatu area layanan dasar (BSA – basic service area).

Jaringan adhoc biasanya hanya melibatkan 2 perangkat jaringan yang saling membentuk komunikasi untuk bertukar informasi. Jaringan ini biasanya dipakai pada hubungan antara laptop dengan laptop untuk memindahkan data dari laptop satu ke laptop yang lain. Jaringan ini akan memanfaatkan perangkat wireless yang ada pada laptop.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Wireless Card Pada Laptop

Jika dua piranti berdelatan pada jangkauan satu sama lain, mereka dapat berkomunikasi satu sama lain, dan segera membentuk 2 node jaringan. Piranti jaringan yang berada pada area layanan dasar disebut suatu set layanan dasar (BSS – basic service set). jaringan adhoc tidak ubahnya ibarat bloetooth pada perangkat smartphone untuk bertukar file dan data akan tetapi pada jaringan adhoc ini memanfaatkan perangkat wireless dari laptop untuk berkomunikasi.


Fungsi Jaringan Adhoc

Jaringan Adhoc berfungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih perangkat (laptop) sehingga dapat berkomunikasi dan bertukar gosip dan data. Jaringan ini biasa digunkan untuk mengirimkan data yang tidak terlalu besar ke perangkat laptop lain tanpa memakai kable sebagai media transmisinya.

Baca Juga: Cara Setting Jaringan Ad Hoc di Windows 

Jaringan Wireless Ad Hoc

Jika ada satu lagi piranti wireless mendekat masuk dalam jangkauan BSA ini juga dapat berpartisipasi dalam jaringan. Akan tetapi jaringan Ad Hoc tidaklah transitive, artinya jikalau dua piranti A dan B saling berkomunikasi dalam jangkauan piranti A, maka jikalau ada satu piranti C masuk dalam jangkauan piranti B tetapi tidak masuk dalam jangkauan A, maka piranti C tidak dapat berkomunikasi dengan piranti A.

Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Adhoc

Kelebihan Jaringan Adhoc
  1. Praktis dalam segi jaringan
  2. Tidak membutuhkan biaya yang besar alasannya ialah hanya memanfaatkan perangkat wireless pada laptop
  3. Mudah dalam konfigurasi
  4. Tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisinya
  5. Mudah dipakai untuk bertukar data
Kelemahan Jaringan Adhoc
  1. Jumlah jaringan yang dapat terhubung sangat terbatas
  2. Transfer data sangat lambat