Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Media Transmisi Jaringan

Pengertian Media Jaringan Komputer

Media jaringan yaitu perangkat keras yang dipakai untuk membangun sebuah komputer baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Disini untuk sanggup membangun sebuah media jaringan diharapkan minimal dua buah komputer, kartu jaringan atau Network Interface Card dan perangkat keras jaringan lain ibarat switch, hub, router, file server, repeater, bridge dan media transmisi.

Fungsi Media Transmisi Jaringan

Media Transmisi adaah perangkat yang dipakai dalam jaringan komputer sebagai sarana penghubung. Media transmisi akan menghubungkan masing-masing perangkat sehingga perangkat-perangkat tersebut sanggup saling terhubung. Media transmisi dalam jairngan ada 2 macam yaitu media transmisi memakai kabel dan media transmisi tanpa kabel.

Baca Juga: komputer">Pengertian dan Macam Jaringan Komputer

Macam - macam Media Transmisi Jaringan

1. Media Transmisi memakai Kabel (Wired Network)
Hampir semua jaringan komputer yang ada ketika ini memakai kabel sebagai media transmisinya. Media transmisi ini mempunyai keterbatasan jangkauan dan tidak efisien alasannya banyak memakai daerah untuk jaringan kabel. Jaringan kabel ini biasanya dipakai dalam area lokal, contohnya untuk membangun jaringan di laboratorium komputer, menciptakan jaringan komputer di sekolah dan menciptakan jaringan lan di kantor.


Bila sumber data dan peserta mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh, kabel memang sanggup dipakai sebagai media transmisi yang sangat manis alasannya dengan memakai kabel koneksi dalam jaringan lebih stabil. Kabel yang sering dipakai sebagai media transmisi antara lain sebagai berikut.
  1. Kabel Twisted Pair
  2. Kabel Coaxial
  3. Kabel Fiber optic (FO)
2. Media Transmisi tanpa Kabel (Wireless Network)
Media transmisi tanpa kabel atau biasa disebut dengan wireless network merupakan komunikasi data dalam jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisinya, melainkan berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan tanpa kabel ini memperlihatkan keunggulan kepada pemakai untuk sanggup mengakses setiap ketika di manapun berada. Sedangkan kekurangan media transmisi ini yaitu kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel. Biasanya perangkat yang dipakai dalam jaringan ini yaitu access point, antena grid, dll.


Baca Juga: komputer">Pengertian dan Fungsi WIFI pada Jaringan Komputer

Pada media transmisi ini, masih sering terjadi gangguan sehingga memungkinkan terjadinya kehilangan data. Jika sumber data dan peserta data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit, maka sanggup dipakai media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka berupa:
  1. Gelombang Mikro
  2. Gelombang radio