Pengertian Dan Fungsi Vpn (Virtual Private Network) Pada Jaringan Komputer

Apa yang dimaksud dengan VPN (Virtual Private Network)?

Pengertian VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
VPN atau Virtual Private Network merupakan relasi antara jaringan komputer satu dengan jaringan komputer yang lain secara privat melalui jaringan internet.VPN juga bisa diartikan sebagai virtual network dan private network yang artinya jaringan yang memakai internet sebagai media mediator antar jaringan dan bersifat privat alasannya yaitu hanya orang tertentu yang sanggup mengakses jaringan tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Telnet (Telecomunication Network)

Dengan memakai VPN sesorang akan merasa lebih kondusif dengan jalur kemudian lintas data yang dilaluinya, alasannya yaitu dengan VPN hanya orang-orang ktertentu saja yang sanggup mengaksesnya. VPN biasanya dipakai untuk hal-hal yang bersifat diam-diam ibarat data ihwal sebuah perusahaan, data - data user dan lain sebagainya.


Apa Fungsi VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
VPN merupakan jalur kemudian lintas jaringan yang bersifat private, Berikut merupakan fungsi dari jaringan VPN (Virtual Privat Network):

1. Kerahasiaan (Confidentially).
VPN merupakan sebuah jaringan yang memakai koneksi internet sebagai media perantara, tentunya hal tersebut sangat rawan dan sanggup menjadi celah daripada hacker untuk mengambil data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan memakai metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data.

2. Keutuhan data (Data Integrity).
VPN memiliki kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan gosip yang dikirim dari alamat sumber sehingga sanggup diterima dengan baik pada alamat ayang dituju.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Proxy pada Jaringan Komputer

3. Autentikasi sumber (Origin Authentication).
VPN juga memungkinkan untuk melaksanakan autentikasi sumber data yang diterima sehingga VPN sanggup melaksanakan investigasi kepada data yang masuk dan mengakses gosip dari sumbernya, kemudian alamat dari sumber data tersebut akan di setujui bila proses autentifikasi berhasil.

Manfaat VPN (Virtual Private Network) pada jaringan komputer
  • Remote access, dimana VPN bisa berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh asalkan bisa terhubung dengan jaringan internet
  • Keamanan, dengan VPN data dan gosip yang dikirim akan lebih kondusif alasannya yaitu ada autentikasi sumber.
  • Biaya setup jaringan lebih murah