Pengertian Dan Fungsi Upgrade Bios - Basic Input Output System

Apakah yang dimaksud dengan upgrade BIOS?

Upgrade BIOS atau Flashing BIOS merupakan adalah sebuah proses penggantian kegiatan dasar pada BIOS sehingga kegiatan dari BIOS sanggup diperbaharui ke versi yang lebih baru. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya BIOS sanggup mengenali perangkat keras yang baru. Kita tahu bahwa perkembangan dari perangkat kers pada komputer sangat cepat sehingga kadang beberapa BIOS standart tidak sanggup membaca dan mengenali perangkat tersebut.


Proses upgrade bios akan mereplace kegiatan BIOS versi usang menjadi kegiatan BIOS versi baru. Untuk melaksanakan upgrade pada BIOS kita harus sangat berhati-hati, sebab jikalau terjadi kesalahan pada ketika melaksanakan upgrade maka komputer akan mati total. Untuk melaksanakan upgrade biasanya memakai software utilitas. Software tersebut akan dijadikan menjadi bootable pada CD atau pada Flashdisk.

Apa Fungsi dari Upgrade BIOS?

Fungsi dari upgrade BIOS yang utama merupakan penggatian kegiatan dasar dari BIOS ke kegiatan yang gres dengan tujuan supaya BIOS sanggup mengenali dan membaca perangkat lunak dan perangkat keras yang baru.

[ads-post]

Mengapa kita harus melaksanakan Upgrade BIOS?

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kita harus melaksanakan upgrade BIOS pada motherboard. Berikut merupakan alasan kenapa ugrade BIOS harus dilakukan:
  • Munculnya prosessor jenis gres dan bios tweak sehingga akan lebih meningkatkan performa dari sebuah komputer. Ini dilakukan biasanya pada komputer rakitan sehingga pada ketika kita melaksanakan upgrade pada prosessor maka biasanya juga akan dilakukan upgrade pada BIOS.
  • BIOS berisi sebuah bug sehingga terdapat beberapa fitur dari BIOS yang tidak berfungsi. Untuk itu BIOS harus diupdate supaya fitur pada BIOS sanggup berjalan dengan lancar.