Pengertian Dan Fungsi Telnet (Telecommunication Network)

Apa yang di maksud dengan Telnet?

Pengertian Telnet (Telecommunications network protocol)
Telnet atau Telecommunications Network Protocol merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk melaksanakan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.

Pengertian dari Telnet sanggup dijabarkan sebagai remote login yang yang terjadi pada jaringan komputer yang memungkinkan penggunanya sanggup melaksanakan login dan bekerja dari jarak yang jauh melalui jaringan internet. Pengguna sanggup mengakses dan menjalankan komputer dari jarak yang jauh melalui service dari protokol telnet.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi VPN (Virtual Private Network)

Apakah Fungsi dari Telnet?

Fungsi Telnet (Telecommunications network protocol)
Fungsi utama dari telnet merupakan untuk mengontrol dan mengakses komputer dari jarak yang jauh melalui jaringan internet. Telnet juga memungkinkan pengguna untuk melalukan login sebagai direktur atau user dan menjalankan kegiatan atau aplikasi yan ada pada komputer tersebut.

Apa Kelebihan dan kekurangan memakai Telnet?

1.    Kelebihan Telnet
Kelebihan memakai telnet merupakan memudahkan pengguna untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh.selain itu user interface yang cukup ramah, maksudnya pengguna sanggup memperlihatkan perintah dari jarak jauh (remote) jadi seperti penggunanya mengeksekusi perintah pada command line pada komputer tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi FTP (File Transfer Protocol) berserta Cara Kerjanya

2.    Kekurangan Telnet
Adapun kekurangan dari Telnet yakni tingkat keamanan data dan kegiatan kurang baik yang memungkinkan pengguna NTLM authentication tanpa adanya enkripsi sehingga sanggup memudahkan pencurian password yang dilakukan oleh sniffers, kalau kita direktur sistem maka disarankan untuk memakai SSH pada Linux daripada Telnet Server untuk mengkonfigurasikan sistem kita.

Itulah sekilas pengertian dan fungsi dari telnet, biar artikel ini sanggup bermanfaat dan sanggup membantu.