Pengertian Dan Fungsi Network Id Pada Jaringan Komputer

Pengertian Network ID pada Jaringan Komputer

Network ID merupakan Identitas dari suatu kelompok IP Address / subnet. Network ID merupakan bab dari IP address yang menandakan letak network atau jaringan dari suatu IP Address.
Network ID tergantung dari IP Address yang diberikan ke komputer. Untuk itu supaya komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain masing-masing komputer harus mempunyai network ID yang sama. Sebagai contoh: komputer dengan IP Address 192.168.1.1 maka komputer yang lain juga harus mempunyai network ID yang sama yakni 192.168.1.(Nomor IP selain 1) sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Subneting pada Jaringan Komputer


Fungsi Network ID pada Jaringan Komputer

Network ID berfungsi untuk memberi identitas dari kelompok IP address yang terhubung dalam jaringan komputer. Dengan network ID ini maka komputer yang mempunyai IP Address yang berbeda Network ID tidak dapat terhubung dengan komputer yang lain.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Jaringan Komputer

Penerapan Network ID pada IP Address

Network ID tergantung dari kelas IP address yang digunakan. Jika kita memakai IP kelas C maka network ID yang dipakai merupakan 24 bit angka pertama, bila kita memakai IP Address kelas B maka network ID nya merupakan 16 bit angka pertama
Contoh:
Kelas A : 10.11.12.1 maka network ID nya 10.
Kelas B : 188.10.11.1 maka network ID nya merupakan 188.10.
Kelas C : 192.168.1.1 maka network ID nya merupakan 192.168.1