Pengertian Dan Fungsi Keamanan Komputer Pada Jaringan

Apa yang dimaksud dengan Keamanan Komputer dalam jaringan?

Keamanan komputer atau Computer Security merupakan sebuah cabang dari teknologi yang dikenal dengan nama keamanan gosip yang diterapkan pada komputer. Dengan adanya Keamanan komputer ini bertujuan untuk melindungi data pada sistem komputer baik itu data user maupun data pada sistem komputer tersebut.

Keamanan komputer akan diterapkan pada masing-masing komputer dan perangkat lain yang terdapat dalam jaringan sehingga sanggup membantu untuk melindungi dan mendeteksi bahaya yang akan masuk pada sebuah jaringan komputer.

komputer.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">komputer
.jpg" />
Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari mempunyai kegunaan sebagai penjaga sumber daya sistem biar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang. Keamanan bisa diindentifikasikan dalam duduk perkara teknis, manajerial, legalitas, dan politis. computer security akan membahas 2 hal penting ialah Ancaman/Threats dan Kelemahan sistem/vulnerabillity.

Berikut merupakan beberapa Definisi dari Keamanan Komputer menuru pada ahli:
  • Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa : “Keamanan komputer merupakan tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab”.
  • Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya “Computer Security” menyatakan bahwa : “Keamanan komputer merupakan bekerjasama dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer”.
Apa Fungsi dari Keamanan komputer dalam Jaringan?

Fungsi dari Keamanan Komputer dalam jaringan merupakan melindungi komputer baik itu sumber daya maupun data (data user dan sistem) terhadap penipuan dan pencurian. Selain itu Keamanan komputer juga bisa mendeteksi bahaya yang yang akan masuk ke dalam sistem komputer.