Pengertian Dan Fungsi Gateway Pada Jaringan Komputer

Apakah yang dimaksud dengan gateway? Pada dikala kita melaksanakan konfigurasi IP address pada sebuah komputer maka kita niscaya diminta untuk mengisikan sebuah alamat IP Gateway pada jaringan tersebut. Untuk itu kita niscaya sering bertanya-tanya, Apa gotong royong Gateway itu dan Apa fungsinya?
Untuk mengetahui hal tersebut coba kita perhatikan klarifikasi dari Gateway berikut:

Pengertian Gateway pada komputer" target="_blank">jaringan komputer
Gateway merupakan sebuah gerbang jaringan atau sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer  dengan satu jaringan komputer lain atau lebih dengan memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga isu yang diberikan oleh jaringan komputer" target="_blank">protokol yang berbeda.

Apa yang harus diisikan pada kolom Gateway pada dikala kita melaksanakan konfigurasi IP address pada jaringan komputer? Gateway pada jaringan komputer biasanya diisikan alamat IP Address yang menjadi gerbang utama kemudian lintas sebuah jaringan. Biasanya gateway diisikan IP address komputer" target="_blank">modem atau komputer" target="_blank">IP address pada komputer" target="_blank">Router. Tetapi jangan hingga disalah artikan bahwa Gateway bukan berarti modem ataupun juga router sebab komponen tersebut sangat-sangatlah berbeda.

Apa fungsi dari Gateway?
Gateway berfungsi untuk menghubungkan 2 jenis jaringan komputer yang mempunya arsitektur yang berbeda. Pada jaringan komputer gateway sanggup diaplikasikan pada Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN)

Gateway akan berperan sebagai protokol converting yang memungkinkan dua arsitektur jaringan yang berbeda sanggup saling berkomunikasi satu sama lain. Sebuah gateway jaringan merupakan sistem internetworking yang menghubungkan 2 (dua) jaringan bersama-sama dan sanggup dikonfigurasi dalam aplikasi (perangkat lunak), hardware (perangkat keras) ataupun keduanya. Jaringan gateway sanggup beroperasi pada setiap tingkat dari model komputer" target="_blank">lapisan OSI (Open System Interconnection). Kita tahu bahwa terdapat 7 lapisan pada OSI layer. Tujuh Lapisan OSI (OSI seven layer model) tersebut diantaranya: physical layer (Lapisan fisik), data link layer (Lapisan koneksi data), network layer (Lapisan jaringan), transport layer (lapisan transpor), session layer (lapisan sesi), presentation layer (Lapisan presentasi), dan application layer (lapisan aplikasi).