Pengertian Dan Fungsi Dhcp Pada Jaringan Komputer

Apa yang dimaksud dengan DHCP? Apa manfaat dari DHCP tersebut? Dan bagaimana cara kerja dari DHCP tersebut?Bila kita mempelajari ihwal Jaringan Komputer maka kita niscaya akan menemukan istilah yang namanya DCHP.
DHCP atau Dinamic Host Configuration Protocol merupakan protokol client server yang dipakai untuk menunjukkan alamat IP Address secara otomatis pada komputer atau perangkat jaringan yang lain. 

Dengan adanya DHCP teknisi komputer tidak perlu melaksanakan konfigurasi satu persatu komputer client untuk menunjukkan IP Address secara manual, cukup melaksanakan konfigurasi DHCP maka semua perangkat yang terhubung dalam jaringan akan mendapatkan IP Address secara otomatis. IP Address yang diberikan oleh sistem akan menyesuaikan dengan network dipakai pada jaringan tersebut.

DHCP biasanya dikonfigurasikan pada perangkat router sehingga jaringan berada dibawah dari router akan mendapatkan IP Address secara DHCP. Seorang teknisi lebih sering memakai DHCP alasannya yaitu memudahkan dalam pengkonfigurasian jaringan komputer. Selain sumbangan IP Address secara otomatis DHCP juga menunjukkan netmask dan konfigurasi jaringan lain biar sanggup terkoneksi dengan network tersebut.

Manfaat memakai DHCP pada jaringan
  • Konfigurasi ip address dilakukan secara otomatis sehingga teknisi tdak perlu susah payah menunjukkan ip address pada komputer satu per satu.
  • Mencegah terjadinya conflict atau duplikat ip address
  • Dapat memakai alamat IP tertentu dalam waktu tertentu.
Cara kerja DHCP pada jaringan komputer
Pada ketika komputer client pertama kali dinyalakan maka komputer tersebut secara otomatis akan melaksanakan request alamat IP pada server. Selanjutnya server akan menjawab undangan komputer client dengan menunjukkan alamat IP pada komputer tersebut.

Berikut merupakan beberapa istilah dalam DHCP:
IP Least Request
Komputer client meminta alamat IP ke server
IP Least Offer
DHCP server yang mempunyai list alamat IP menunjukkan penawaran kepada komputer client
IP Lease Selection
Komputer client memilih/ menyeleksi penawaran yang pertama kali diberikan DHCP, lalu melaksanakan broadcast dengan mengirim pesan bahwa komputer client menyetujui penawaran tersebut
IP Lease Acknowledge
Pada tahap ini DHCP server mendapatkan pesan tersebut dan mulai mengirim suatu paket acknowledge (DHCPACK) kepada client.
Paket tersebut berisi berapa usang komputer client sanggup memakai alamat IP tersebut (yang diberikan DHCP server) beserta konfigurasi lainnya. Dan komputer client pun sanggup terhubung ke jaringan.

Perbedaan DHCP Server dan DHCP Client
Didalam DHCP kita akan mengenal 2 istilah yaitu DHCP server dan DHCP client yang masing-masing mempunyai kiprah yang berbeda-beda. kini apa perbedaan antara DHCP server dan DHCP client?

Sebuah perangkat yang menunjukkan ip address secara otomatis kepada komputer client disebut dengan DHCP Server sedangkan komputer yang meminta alamat IP address disebut dengan DHCP Client.