Menghilangkan Gridlines (Garis Cell) Pada Excel 2013 2010 2007

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 02:00:00 pm
Menghilangkan gridlines atau garis batas cell pada excel 2013, 2010, dan 2007 apakah bisa?. Jawabnya, sanggup dan gampang saja. Gridlines atau garis bantu batas sel tersebut sanggup kita sembunyikan, hilangkan, sekaligus munculkan kembali dengan sangat mudah.

Garis gridlines yaitu garis bantu berwana abu-abu (default) yang horisontal dan vertikal berfungsi sebagai pembatas sel (cell). Karena sebagai garis bantu, gridlinen hanya tampil dikala kita membuka tampilan microsoft excel dan tidak tampil dikala mencetak lembar kerja (tidak ikut tercetak oleh print).

Walaupun sebagai garis bantu, dan tentunya sangat membantu dikala kita bekerja di worksheet excel, namun terkadang kita pada situasi yang sebaliknya. Dalam suatu pekerjaan tertentu, garis bantu (gridlines) tersebut terasa mengganggu. Dan oleh alasannya itu kita ingin menghilangkannya atau menyembunyikannya. Dan selanjutkan ketika pekerjaan itu telah final kita ingin kembali menampilkannya.

Bagaimana caranya untuk menghilangkan, menyembunyikan, dan menampilkan kembali gridlines di microsoft excel 2007, 2010, maupun 2013?. Blog Belajar Word dan Excel akan segera membahas tips microsoft excel ini.


Menghilangkan dan Menyembunyikan Gridlines

Untuk menghilangkan dan menyembunyikan gridlines sangat gampang dan cepat. Caranya adalah:
  1. Klik tab "View"
  2. Pada kelompok ribbob "Show" hapus centang pada kotak di depan "Gridlines"

Dan gridlines pun akan otomatis hilang dari lembar kerja microsoft excel. Untuk menampilkannya kembali lakukan langkah-langkah yang sama, dan berikan centang pada kotak di depan kata "Gridlines"

Selaian melalui tab "View", menghilangkan dan menyembunyikan gridlines juga sanggup dilakukan melalui tab "Page Layout". Pada kelompok ribbon "Sheet Option" hilangkan centang di depan "Gridlines".


Masih kurang? Ada tips lain untuk menghilangkan dan menyembunyikan gridlines yaitu dengan memakai tombol shortcut windows. Tekan saja kombinasi tombol "Alt + W + V + G" pada keyboard komputer dan otomatis gridlines akan menghilang dalam sekejap.

Itulah beberapa cara dan tips untuk menghilangkan, menyembunyikan gridlines atau garis bantu antar cell di microsoft excel. Gambar-gambar yang disertakan di sini memakai microsoft excel 2013, namun langkah-langkah dan posisi tombol tersebut sama persis dengan yang terdapat di microsoft excel 2007 maupun 2010. Sehingga tips excel ini sanggup diberlakukan pada versi microsoft excel 2013, 2010, maupun 2007.

Tampilkan Komentar