Mengenal Interface/Tampilan Microsoft Excel 2007

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 11:20:00 am
Mengenal interface atau tampilan Microsoft Excel 2007. Untuk sanggup memakai Microsoft Excel 2007 dengan maksimal, yang paling dasar, tentunya kita harus mengenali interface atau tampilan dari microsoft office excel 2007.

Tampilan (interface) microsoft office excel 2007 mengalami perubahan yang mencolok dibanding dengan seri sebelumnya, microsoft office excel 2003. 

Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul,  memiliki bagian-bagian yang terdiri atas Office Button; Quick Access Toolbar; Menu Bar (Baris Menu); Title Bar (Baris Judul); Tool Bar (Baris Tool Bar); Tombol Ukuran (Sizing Button); Name Box; Formula Bar; Column; Baris; Tab Worksheet; Insert Worksheet; Status Bar;  Document Area; Horizontal Scroll Bar; Vertical Scroll Bar; Zoom; dan Tampilan Layar.

Selengkapnya sila lihat gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar):


Bagian-bagian pada interface atau tampilan Microsoft Excel 2007, secara singkat sanggup dijelaskan sebagai berikut:
  1. Office Button terdiri atas perintah: New Document, Open, Convert, Save, Status Bar Tab Worksheet Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
  2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang sanggup mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya eksklusif sanggup menekan tanda panah.
  3. Menu Bar, terdiri dari perintah sajian utama Microsoft Excel 2007 adalah Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
  4. Title Bar, berisi nama file dan jadwal aplikasi yang sedang aktif.
  5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang mempunyai fungsi tertentu dan dipakai untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
  6. Tombol Ukuran, dipakai untuk mengatur ukuran jendela kerja.
  7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box. 
  8. Formula Bar, anda  bisa mengedit data pada sebuah sel.
  9. Sel Aktif, daerah menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
  10. Column, Setiap kolom mempunyai nama menurut Abjad, dari kolom A sampai Z, dilanjut AA sampai XFD. 
  11. Baris, untuk setiap baris mempunyai nama menurut Angka. Dari 1 sampai 1048576.
  12. Tab Worksheet, perintah dimana anda sanggup berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
  13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda sanggup menciptakan Worksheet gres yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya. 
  14. Status Bar, Status lembar kerja anda.
  15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
Itulah, interface atau tampilan Microsoft Excel 2007. Untuk interface atau tampilan pada microsoft excel 2010 dan 2013 akan diuraikan dalam posting selanjutnya.

Tampilkan Komentar