Mengaktifkan Dan Memakai Tool Kalkulator (Hitung Otomatis) Word

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 08:40:00 am
Mengaktifkan dan memakai tool kalkulator memungkinkan kita bisa melaksanakan penghitungan matematika secara otomatis di microsoft word. Banyak yang mengabaikan fitur kalkulator (calculate). Padahal microsoft word menyediakan sebuah tool berjulukan calculate yang memiliki kemampuan layaknya excel, melaksanakan operasi hitung sederhana, eksklusif dari dokumen word.

Ya, melaksanakan operasi hitung dikala memakai microsoft excel mungkin sudah biasa. Namun melaksanakan penghitungan eksklusif di word? Banyak yang belum tahu. Malah menentukan memakai jadwal kalkulator atau menghitungnya terlebih dulu memakai excel gres menuliskannya di dokumen word. Padahal jikalau kita mengaktifkan tool calculate, pekerjaan hitung menghitung bisa dilakukan eksklusif di dokumen word dengan cepat, mudah, dan gampang.

Blog Belajar Word dan Excel kali ini akan membagikan tips microsoft word bagaimana cara mengaktifkan dan memakai tool calculate tersebut sehingga kita bisa melaksanakan operasi hitung eksklusif di dokumen microsoft word.


Untuk mengaktifkan dan memakai fitur hitung sederhana ini simak video tutorial berikut ini. dan untuk lebih meningkatkan pemahaman, simak juga penjelasannya di bab bawah artikel ini.


Cara Mengaktifkan Tool Kalkulator (Calculate)

Tool kalkulator (calculate) harus diaktifkan dulu. Berbeda dengan excel, di word fitur ini butuh diaktifkan terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya gampang.

  1. Klik "Office Button" lalu pilih (klik) "Word Option"
  2. Terbuka jendela "Word Option", klik "Customize"
  3. Klik panah di "Choose commands from" dan pilih (klik) "All Commands"
  4. Di bawahnya, cara dan klik "Calculate"
  5. Klik "Add >>"
  6. Klik "OK"
Sekarang tool calculate sudah aktif. Lihat di bab Quick Access Toolbar, muncul ikon berbentuk lingkaran. Itulah ikon calculate yang nanti akan dipakai untuk melaksanakan operasi hitung.

Cara Menghitung dengan Calculate Microsoft Word

Setelah tool calculate aktif dan muncul di Quick Access Toolbar, kini kita bisa melakukan penghitungan matematika eksklusif di dokumen microsoft word. Caranya adalah:
  1. Ketik operasi hitung, semisal: 4 + 7 - 2
  2. Blok operasi hitung tersebut (4 + 7 - 2)
  3. Klik ikon calculate di Quick Access Toolbar
  4. Perhatikan "status bar" di bab bawah kiri, di sana muncul hasil penghitungan.
  5. Untuk menampilkannya dalam dokumen word, tinggal klik kursor di daerah yang diinginkan, sebelumnya bisa ditambahkan kata atau abjad lain (semisal =) lalu klik ikon "paste" atau tekan "Ctrl + V" pada keyboard
  6. Dan hasil penghitungan pun eksklusif muncul di bab yang dikehendaki dari dokumen microsoft word.
Keterangan tambahan:
  1. Operator hitung yang dipakai seolah-olah dengan yang ada di microsoft excel yaitu + (penjumlahan); - (pengurangan); * (perkalian); / (pembagian); ^... (pangkat); ^(.../...) (akan pangkat); % (persen).
  2. Antara angka dengan operator hitung bisa dipisah dengan spasi ataupun tidak. Contoh : 4 + 7 - 2 (dipisah spasi) atau 4+7-2 (tanpa spasi).
Akhirnya selamat mencoba tool kalkulator ini dan nikmati penghitungan di dalam dokumen microsoft word Anda.



Tampilkan Komentar