Membuat Grafik (Diagram) Di Word Dengan Mudah

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 12:20:00 pm
Membuat grafik atau diagram di Ms. Word dengan gampang benar-benar mudah. Tidak perlu usang dan tidak pakai sulit, dengan derma Microsoft Word, grafik yang diinginkan akan tercipta. Tidak percaya? Kali ini Blog Belajar Word dan Excel akan membagikan tips word bagaimana caranya menciptakan grafik di microsoft word dengan mudah.

Grafik atau skema atau diagram merupakan sebuah gambar yang menyajikan data atau nilai statistik dari suatu keadaan. Terdapat aneka macam macam jenis grafik mulai dari diagram garis, diagram batang, sampai diagram lingkaran. Dengan memakai grafik atau diagram ini, data yang disajikan akan lebih menarik dan gampang untuk dibaca.



Sebelum mulai menciptakan grafik, data yang akan dijadikan grafik harus dipersiapkan terlebih dahulu. Kemudian untuk langkah-langkah pembuatan grafik atau diagram sanggup menyimak video tutorial yang telah disiapkan oleh Blog Belajar Word dan Excel di bawah ini.


Langkah-langkah Membuat Grafik

Di video tutorial di atas telah dijelaskan secara runtut proses dan langkah-langkah dalam membuat diagram atau grafik di microsoft word. Untuk memperjelas, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Letakkan kursor di daerah diagram atau grafik akan ditempatkan.
2. Klik sajian "Insert"
3. Klik "Chart"
4. Muncul obrolan box "Insert Chart". Pilih jenis dan bentuk grafik dan kolom yang diinginkan. Lalu klik "OK"


5. Pada layar akan muncul tampilan dokumen word dan lembar kerja excel secara berdampingan. Dokumen word menjadi daerah grafik sedangkan lembar kerja excel merupakan daerah entri data yang akan dijadikan grafik.


6. Masukkan data pada cell di lembar kerja excel. Input data sanggup dilakukan secara manual (mengetik satu persatu) atau copy paste kalau sebelumnya sudah mempunyai data yang berbentuk tabel.
7. Jika data sudah dimasukkan semua (dalam excel), Ms. Excel sanggup ditutup atau diminimize. Jangan lupa perhatikan garis bantu biru yang terdapat pada excel. garis tersebut merupakan pembatas kolom dan baris data yang dijadikan grafik. Geser garis tersebut menyesuaikan data.
8. Untuk memberi judul tabel klik menu Layout > Chart Title > Above Chart. Kemudian edit "Chart Title" yang muncul di atas grafik.
9. lakukan aneka macam edit / pembiasaan mulai dari menambahkan Axis Title, merubah posisi Legenda, merubah bentuk dan warna grafik, merubah ukuran grafik, mengatur rentang nilai yang ditampilkan dan lain sebagainya.

Kesemua pengaturan dan editing cara menciptakan grafik (diagram) di Word itu sanggup dilihat di video tutorial di atas.

Tampilkan Komentar