Membuat Goresan Pena Dua Baris Dalam Satu Cell Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 07:20:00 pm
Cara menciptakan goresan pena atau text menjadi bersusun dua baris atau lebih dalam satu cell ialah tips microsoft excel yang akan dibahas oleh Blog Belajar Word dan Excel kali ini. Saat menulis sebuah text yang panjang dalam sel excel, goresan pena tersebut akan menembus cell di sebelahnya. Untuk menyiasatinya, kita ingin semoga goresan pena tersebut menjadi tersusun dengan beberapa baris dalam satu cell. Fungsi inilah yang lalu disebut sebagai wrap text.

Selain dengan menciptakan goresan pena menjadi dua baris atau lebih dengan memakai fitur wrap text untuk menyiasasi goresan pena yang melebihi lebar kolom sanggup juga memanfaatkan fitur shrink to fit. Namun khusus dalam tips microsoft excel kali ini yang akan kita bahasa ialah tutorial cara yang pertama; menciptakan goresan pena atau text menjadi bersusun dua baris atau lebih dengan fitur wrap text.

Menggunakan Fitur Wrap Text

Ada tiga cara yang sanggup dipilih dalam memanfaatkan fitur wrap text sehingga text yang panjang sanggup tersusun menjadi dua atau lebih baris dalam satu sel dan tidak melebihi batas kolom. Ketiga cara tersebut akan kita bahas satu persatu.


Yang tidak sabar, sanggup pribadi menonton video tutorial cara menciptakan wrap text sebagaimana di bawah ini. Dalam video tersebut dijelaskan penggunaan ketiga cara melaksanakan wrap text.


Untuk langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  1. Cara yang pertama :
    1. Klik kanan cel (jika yang akan dibentuk wrap text lebih dari satu cell, seleksi / blok sel-sel tersebut)
    2. Pilih Format Cells...
    3. Pada jendela Format Cells, pilih tab Alignment
    4. Centang pada kotak di depan Wrap Text
    5. Klik OK
  2. Cara yang kedua :
    1. Klik cell
    2. Ketikkan text yang yang akan jadi baris pertama
    3. Tekan kombinasi tombol "ALT + Enter" pada keyboard
    4. Kursor akan berpindah ke baris kedua
    5. Ketikkan text yang dijadikan baris kedua
    6. Ulangi langkah 3-5 bila ingin menuliskan text pada baris ketiga dan seterusnya
    7. Jika telah simpulan klik Enter
  3. Cara yang ketiga :
    1. Klik cell
    2. Klik hidangan Home
    3. Klik ikon Wrap Text pada kelompok ribbon Alignment
Itulah tiga cara dalam membuat goresan pena menjadi bersusun dua atau lebih dalam satu cell sehingga panjang text tidak akan melebih kolom yang tersedia. Ketiga cara di atas sama-sama simpel dan mudah. Terserah mau menentukan cara yang mana.

Tampilkan Komentar