Macam-Macam Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Apa Pengertian dari Virus komputer?

Virus Komputer merupakan sebuah jadwal benalu pada komputer yang sanggup menjiplak dirinya sendiri dan juga sanggup menyebar pada komputer lain dengan cara menyisipkan dirinya didalam sebuah jadwal atau data.

Biasanya data seseorang tidak sengaja memindahkan virus dari komputer satu ke komputer lainnya pada ketika orang tersebut memindahkan data memakai flshdisk atau perangkat lain, sehingga virus tersebut akan menyusup pada flashdisk dan berpindah pada komputer yang lain.

Mengapa Virus komputer dibuat?

Virus komputer dibentuk dengan tujuan yang tidak baik ialah untuk pencurian data pada komputer tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. banyak dampak negatif yang ditimbulakan oleh virus komputer diantaranya rusaknya data dan jadwal pada komputer sehingga data tersebut tidak sanggup dibuka, ataupun jadwal yang ada pada komputer tidak sanggup berjalan. Selain itu virus juga akan menjiplak dirinya sendiri dengan jumlah yang sangat banya sehingga akan memenuhi ruang pada komputer dan akan memperberat kinerja dan RAM dan prosessor.

Macam-macam Virus Komputer

1. Trojan
Trojan merupakan sebuah virus komputer yang dibentuk dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencuri data pada komputer. Trojan biasanya menyebar melalui internet dan lokasi dari penyebaran trojan merupakan email ataupun data eksklusif yang tidak diberi password.
Untuk Mengatasi virus trojan dengan memakai Trojan Remover atau Trojan Hunter

2. Worm
Worm merupakan sebuah virus komputer yang sanggup menjiplak dirinya sendiri. Hal yang paling berbahaya dari worm merupakan ia sanggup melipatgandakan dirinya sendiri dengan sangat cepat sehingga jikalau komputer terkena virus worm dengan waktu yang cukup usang maka worm akan memenuhi kapasitas dari harddisk dan menciptakan memori menjadi penuh.
Cara mengatasi virus jenis worm ini dengan memakai antivirus biasa, atau dengan antivirus versi pro akan mendapat hasil yang lebih maksimal

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Antivirus

3. Memory Resident Virus
Memory Resident Virus ialah sebuah virus yang sanggup menginfeksi RAM komputer. Efek yang ditimbulkan dari virus jenis ini merupakan komputer menjadi lemot.
Cara mengatasi virus jenis ini dengan memakai antivirus, akan tetapi antivirus yang dipakai juga harus diupdate secara berkala.

4. Web Scripting Virus
Web Scripting Virus merupakan sebuah jadwal yang dipakai untuk mempercantik konten dari sebuah website, akan tetapi jadwal ini dimanfaatkan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu.
Untuk mengatasi virus jenis ini sanggup memakai Microsoft tool bawaan windows dan lakukan scan secara teratur.

5. Multipartite Virus
Multipartite Virus merupakan sebuah virus komputer yang terdiri dari file-file yang menginfeksi sistem operasi tertentu. Virus jenis ini biasanya bersembunyi pada RAM dan akan menginfeksi dari harddisk.
Cara mengatasi virus jenis ini ialah dengan melaksanakan Disk Defragmenter.

6. FAT Virus
FAT Virus atau File Allocation Table Virus merupakan sebuah virus komputer yang dibentuk dengan tujuan untuk merusak file pada lokasi tertentu. File yang terkena virus ini biasanya akan disembunyikan seakan-akan file tersebut hilang.
Cara mengatasi virus ini dengan melaksanakan scan dengan antivirus yang sudah diupdate secar berkala.

7. Companion virus
Companion virus merupakan sebuah virus komputeryang dibentuk untuk mengganggu data pribadi. Lokasinya berada di dalam hardisk. Tetapi memiliki ciri ekstensi yang berbeda.
Pencegahan : install scan antivirus dan juga download firewall.

8. Polymorpic virus
Polymorpic virus merupakan sebuah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda-beda pada waktu menginfeksi sistem. Contoh : Marburg, tuareg dan elken.
Cara mencegah ialah dengan menginstall antivirus high end.

9. Directory virus
Directory virus merupakan jenis virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem yang lain.
Cara mengatasi virus ini ialah dengan melaksanakan format dan install ulang semua jadwal dan sistem operasi.

10. Macro virus
Macros Virus merupakan virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi file makro ibarat doc, Xls, Pps dan Mdb. Selain itu virus jenis ini akan menginfeksi email yang berisi dokumen.
Cara mengatasi dengan menghindari membuka email yang tidak dikenal dan juga menonaktifkan jadwal makro.

11. Boot sector virus
Boot sector virus merupakan sebuah virus komputer yang sanggup menginfeksi bab terkecil dalam sebuah hardisk yang disebut sektor boot.  Lokasinya bersembunyi di dalam floppy disk. Sehingga ketika sistem berjalan ia bisa berpindah kemama-mana untuk melaksanakan agresi infeksinya. Contoh : Polyboot.B, Anti EXE.
Cara paling ampuh untuk mengatasinya ialah dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect.

12. Overwrite viruses
Overwrite viruses merupakan sebuah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga perihal keberadaannya. Contoh : Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D.
Satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan menghapus file yang terinfeksi.

13. Direct action viruses
Direct action viruses merupakan sebuah virus komputer yang memiliki kemampuan menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. Yang terletak pada direktori hardisk. Jenis ini akan beraksi ketika sistem operasi dijalankan. Jenis virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi perangkat eksternal ibarat hardisk eksternal dan flashdisk. Contoh Vienna.
Cara mengatasinya dengan menginstall scan antivirus.