Ip Address Ipv6 - Pengertian, Fungsi Dan Keunggulan Ipv6 - Ipv6 Format

Pengertian IP v6

IPv6 ini merupakan IP Address yang dikembangkan dari IPv4 yang bisa menyediakan lebih banyak IP address dari pada IPv4 alasannya yaitu IPv6 ini panjangnya yaitu 128 bit tidak menyerupai IPv4 yang panjangnya hanya 32 bit saja.
selain itu, masih banyak kelebihan lain dari IPv6 ini bila dibandingkan dengan IPv4. Sehingga ketika IP public yang ada didunia ini sudah terpakai maka yang akan dipakai yaitu IPv6.


Fungsi IPv6 dalam Jaringan Komputer

IPv6 berfungsi untuk menunjukkan alamat yang unik pada masing-masing perangkat dalam jaringan, sehingga perangkat-perangkat tersebut sanggup saling berkomunikasi untuk bertukar informasi. Fungsi IPv6 sama dengan IPv4 akan tetapi dari segi kelebihan, lebih banyak dari IPv6.

Baca Juga" Format Penulisan IP Address Pada Jaringan Komputer

Keunggulan IPv6 dibanding IPv4 - ipv6 vs ipv4

1. IPv6 mempunyai jumlah IP Address yang sangat banyak dibandingkan dengan Ipv4.
Pada IPv4 rentang IP-nya yaitu 32 bit yang berarti sanggup menyediakan alamat IP sebanyak 4.294.967.296. mungkin bila dilihat sepintas jumlah tersebut sudah banyak, tetapi alasannya yaitu implementasi tertentu dalam penggunaanya pada kenyataanya jumlah IP tersebut masih kurang bila dipakai untuk menciptakan jaringan pada seluruh dunia ini. Berbeda dengan IPv6, IPv6 pada satu alamat IP-nya panjangnya 128 bit atau dengan kata lain sanggup menyediakan alamat IP sebanyak 3.4 x 1038. Jumlah tersebut sangatlah besar sehingga sanggup mengatasi duduk masalah kekurangan IP pada beberapa tahun mendatang.

2. Autoconfiguration
IPv6 dirancang yang memungkinkan penggunanya tidak dipusingkan dengan konfigurasi Ip address. Komputer pengguna yang terhubung dengan jaringan IPv6 akan mendapat IP address pribadi dari router menyerupai halnya DHCP,
sehingga nantinya DHCP server tidak diharapkan lagi. Autoconfiguration nantinya sangat mempunyai kegunaan bagi peralatan mobile internet alasannya yaitu pengguna tidak direpotkan dengan konfigurasi sewaktu berpindah daerah dan jaringan.

Baca Juga" Data Yang Dibawa Paket IP (Internet Protocol) pada Pengiriman Data

3. Security
IPv6 telah dilengkapi dengan protokol IPSec, sehingga semua aplikasi telah mempunyai security yang optimal bagi banyak sekali aplikasi yang membutuhkan keamanan, contohnya saja transaksi e-banking.Disamping itu, IPSec dalam Ipv6 merupakan protokol keamanan yang paling jago ketika ini. Dimana ia memakai teknik enkripsi yang rumit sehingga sulit ditebak oleh hacker yang akan membaca data yang dilewatkan.

4. Quality of Service.
IPv6 mempunyai protokol QoS yang terintegrasi dengan baik, sehingga semua aplikasi yang berjalan diatas Ipv6 mempunyai jaminan QoS, terutama bagi aplikasi yang sensitive terhadap delay menyerupai VoIP dan streaming video.