Inilah Teknologi Komputer Terbaru Di Tahun 2017

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 05:06:00 am
Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi terkini semakin pesat. Begitu pula teknologi komputer juga akan semakin canggih menyesuaikan kebutuhan kita yang juga semakin kompleks. Jika dulu hanya sanggup dipakai untuk bekerja, sekarang komputer berevolusi menjadi perangkat multimedia dengan banyak sekali manfaat menyerupai sarana hiburan dan media komunikasi. Hal ini juga didukung dengan industri hardware komputer yang terus menyempurnakan teknologinya demi meningkatkan kemampuan secara maksimal.

Intel Roadmap 14nm. Credit : pcmag.com
Seperti yang kita tahu, hampir tiap tahun selalu ada teknologi komputer terbaru. Di tahun 2017, beberapa pengembang hardware komputer juga akan menghadirkan teknologi terbaru mereka. Misalnya, processor ketika ini sudah semakin cepat dengan teknologi manufaktur yang super canggih. Dengan adanya processor berteknologi gres dibutuhkan sanggup meningkatkan kinerja dan efisiensi komputer. Ini sesuai dengan aturan Moore yang menyatakan kalau kecepatan processor akan bertambah setiap 18 bulan.

Jadi, apa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2017 ? Berikut ini penjelasannya

Sistem Operasi Linux Ubuntu 17.04

Bagi anda pengguna Linux tentu tidak absurd dengan sistem operasi Ubuntu. OS turunan Debian ini menyerupai pada tahun-tahun sebelumnya, akan mengeluarkan versi terbaru di tahun 2017 ini. Ya, Ubuntu 17.04. Sistem operasi Ubuntu mempunyai tradisi yaitu selalu mengeluarkan versi terbaru tiap bulan April dan Oktober. Versi 17.04 membuktikan tahun 2017 bulan 4 (April).

Ubuntu 17.04. Credit : itsfoss.com
Dengan mengusung nama kode Zesty Zapus, Ubuntu 17.04 rencananya akan dirilis secara final pada 13 April 2017. Nama kode OS Ubuntu selalau terdiri dari 2 kata dengan karakter awalan yang sama. Kata pertama berupa kata sifat dan kata kedua merujuk pada nama karakter hewan. Kedua kata tentu dalam bahasa inggris. Ubuntu 17.04 hanya mempunyai waktu layanan selama 9 bulan. Sesudah itu, harus upgrade ke versi LTS menyerupai 14.04 LTS atau 16.04 LTS. Bicara mengenai fitur, ada beberapa fitur gres yang akan disematkan dalam Ubuntu 17.04. Diantaranya
  • lingkungan desktop baru, Unity 8
  • Mengganti partisi swap dengan swap file
  • Dukungan protokol IPP untuk koneksi printer
Mau tahu Teknologi Komputer Terbaru di tahun 2018 ? Cek di sini..

Penjelasan singkat mengenai Intel Kaby Lake

Arsitektur Kaby Lake dibangun untuk menjembatani antara arsitektur sebelumnya, Skylake dengan arsitektur Cannonlake yang rencananya akan dirilis pertengahan tahun 2017. Kaby Lake sendiri merupakan versi penyempurnaan (Optimization) dari Skylake. Kaby Lake telah dirilis untuk OEM dan perangkat mobile, namun untuk platform desktop baru akan dirilis tahun 2017.

Processor Kaby Lake. Credit : makeuseof.com
Untuk urusan fitur, Skylake dan Kaby Lake tidak mempunyai perbedaan yang terlalu signifikan sebab beberapa sudah disertakan pada pada arsitektur Skylake. Diantaranya tetap memakai teknologi fabrikasi 14 nm, penggunaan soket 1151, dan derma USB 3.1. Beberapa fitur gres pada arsitektur Kaby Lake diantaranya
  • peningkatan clock speed
  • chipset Intel seri 200 (Union Point)
  • peningkatan kinerja untuk grafik 3D dan 4K
  • dukungan PCI Express 3.0 sampai 24 lane
  • dukungan teknologi memori Optane/3D XPoint
  • menyertakan fitur Hyper Threading pada seri processor Pentium
Beberapa processor yang memakai arsitektur Kaby Lake diantaranya
  • Desktop
    • Core i7-7700, -7700K (4 core 8 threads)
    • Core i5-7600, -7600K, -7500, -7400 (4 core 4 threads)
    • Core i3-7300, -7350K (2 core 4 threads)
    • Pentium G4560 (2 core 4 threads)
  • Mobile
    • Core i3-7100U, i5-7200U, i7-7500U (2 core 4 threads)

Arsitektur AMD Zen

Selain Intel, pabrikan AMD juga bakal merilis arsitektur processor x86-64 dengan teknologi gres yang diberi nama kode Zen pada tahun 2017. Arsitektur Zen akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan kinerja komputer yang lebih cepat dan efisien dengan menghadirkan peningkatan kinerja per core serta lebih terintegrasi pada banyak komponen sehingga tidak perlu memakai soket processor yang berbeda pada motherboard menyerupai halnya seri prosesor AMD sebelumnya.

Arsitektur Zen. Credit : wccftech.com
Jika pada arsitektur AMD sebelumnya (Excavator) masih memakai teknologi fabrikasi 28 nm, Zen hadir dengan teknologi fabrikasi gres 14 nm FinFET dengan soket processor AM4. Hal ini yang akan menciptakan arsitektur Zen menjadi lebih ekonomis daya dan menghasilkan panas lebih sedikit. Untuk urusan kinerja, arsitektur Zen ditargetkan akan mengalami peningkatan sampai 40 % ketimbang arsitektur Excavator. Sebab, Zen memakai teknik SMT (Simultan Multi Threading) sehingga tiap core-nya sanggup mengeksekusi dua thread secara bersamaan. Teknik semacam ini telah lebih dulu dipakai oleh processor Intel semenjak periode Pentium 4 yang dikenal dengan fitur HT (Hyper Threading).
Selain SMT, arsitektur Zen juga dilengkapi dengan efisiensi memori cache, teknologi prediksi neural network, dan peningkatan isyarat tiap siklus clock. Arsitektur Zen akan mendukung penggunaan memori DDR4 sampai 8 channel, antarmuka NVME (Non-Volatile Memory Express) untuk media penyimpanan berkinerja tinggi, dan beberapa fitur keamanan enkripsi. Untuk produk AMD APU (Accelerated Processing Unit), akan dilengkapi dengan derma HBM (High Bandwidth Memory) untuk memori grafis. Zen akan hadir untuk platform desktop, laptop, server, dan workstation. Nama processor AMD yang memakai arsitektur Zen diantaranya
  • Ryzen (CPU Desktop)
    • Ryzen 7 1700, 1700X, dan 1800X (8 core 16 threads)
    • Ryzen 5 1600 dan 1600X (6 core 12 threads)
    • Ryzen 5 1400 dan 1500X (4 core 8 threads)
Penjelasan lebih lengkap perihal processor AMD Ryzen sanggup anda simak pada artikel dengan judul Begini Spesifikasi AMD Ryzen, Processor Kencang Dengan Harga Murah!

Arsitektur AMD Vega

Selain akan merilis arsitektur processor, AMD juga akan menghadirkan teknologi terbaru untuk kartu grafis yaitu GPU (Graphic Processing Unit) AMD Vega. AMD Vega diciptakan sebagai suksesor AMD Fiji pada seri kartu grafis AMD Rx 300 khususnya untuk produk berlabel "Fury". AMD Vega juga masih tetap memakai fabrikasi 14nm FinFET menyerupai seri GPU Radeon RX 400.

Chip AMD Vega. Credit : techpowerup.com
AMD Vega akan memakai arsitektur GCN (Graphic Core Next) generasi ke-empat. Selain itu, Vega juga mengadopsi teknologi memori HBM generasi 2, peningkatan IPC (Instructions per clock) dan clock speed. Arsitektur AMD Vega rencananya hadir dengan 2 versi yakni
  • Vega 10 untuk kelas high-end. Arsitektur ini dilengkapi dengan 4096 stream processor yang diperkirakan menghasilkan kinerja single precision sampai 12.5 TFLOP/s. Vega 10 dibekali memori HBM2 sampai 16 GB dengan total bandwidth mencapai 512 GB/s
  • Vega 11 untuk kelas mid-end. Arsitektur ini rencananya ditujukan untuk kelas menengah menggantikan arsitektur Polaris 10 (GPU Radeon Seri RX 400)

Arsitektur Intel Cannonlake

Perusahaan Intel akan menghadirkan teknologi arsitektur processor x86-64 terbaru dengan nama kode Cannonlake yang rencananya akan dirilis pertengahan 2017. Arsitektur Cannonlake merupakan kelanjutan dari arsitektur Kaby Lake yang telah lebih dulu dirilis tahun 2016. Dalam proses fabrikasi Intel, Cannonlake masuk dalam planning sanksi "Proses".

Arsitektur Cannonlake 10 nm. Credit : techfrag.com
Karena masuk dalam planning "Proses", arsitektur Cannonlake akan diproduksi memakai teknologi fabrikasi dengan ukuran transistor 10 nm. Berbeda dengan Kaby Lake yang masih diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14 nm sebab merupakan penyempurnaan dari arsitektur sebelumnya (Skylake). Namun, Cannonlake masih akan memakai soket processor yang sama dengan Kaby Lake yaitu LGA 1151.
Cannonlake akan memakai chipset Intel seri 200 dengan nama kode Union Point. Processor Intel dengan arsitektur Cannonlake mempunyai TDP (Thermal Design Power) sampai 95 W. Untuk perangkat mobile, Cannonlake membatasi TDP sampai 15 W. Diperkirakan teknologi fabrikasi 10 nm merupakan batas terkecil dalam produksi semikonduktor yang memakai materi materi silikon. Kedepan, Intel akan terus menyebarkan teknologi fabrikasi yang jauh lebih canggih dengan materi yang berbeda.

Intel Coffee Lake

Bersamaan dengan Cannonlake, Intel juga tengah berencana merilis arsitektur processor baru dengan nama kode Coffee Lake. Arsitektur ini merupakan pembenahan (optimization) kedua untuk fabrikasi 14nm. Intel berjanji untuk menghadirkan kinerja yang jauh lebih baik pada arsitektur Coffee Lake. Secara teknis, arsitektur Coffee Lake tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dengan arsitektur sebelumnya (Kaby Lake dan Skylake).
Rencananya, Intel akan menghadirkan processor 6 core pertamanya dengan arsitektur ini untuk konsumen desktop mainstream. Selain itu, arsitektur Coffee Lake juga akan menyertakan chipset gres yaitu seri 300. Namun, processor Intel tersebut masih tetap memakai soket LGA 1151. Kemungkinan motherboard lawas yang masih menggunakan chipset seri sebelumnya (100-Skylake/200-Kaby Lake) sanggup dipakai untuk processor Intel arsitektur Coffee Lake dengan syarat harus meng-update BIOS.

High End Desktop (HEDT) 2017

Tahun ini, Intel berencana akan kembali menghadirkan seri processor generasi terbaru untuk kelas enthusiast atau high-end. Jika sebelumnya processor untuk kelas enthusiast memakai arsitektur Broadwell-E, kali ini Intel memakai arsitektur Skylake-X. Tak tangung-tanggung, processor ini akan dibekali dengan 6-12 core ditambah fitur HyperThreading. Processor Intel tersebut rencananya akan pasarkan pada model gres seri Core i9-7000. Beberapa spesifikasi yang akan ditanamkan pada processor HEDT Skylake-X diantaranya
  • Dukungan soket terbaru LGA 2066
  • PCI Express 3.0 44 lane
  • Quad channel DDR4 2666
  • Thermal Design Power (TDP) sampai 140 W
Selain arsitektur Skylake-X, Intel juga akan merilis processor HEDT dengan arsitektur Kaby Lake-X. Namun, processor Kaby Lake-X hanya dibekali 4 core saja dan juga mendukung soket LGA 2066. Processor ini akan dipasarkan pada seri Core i7-7000 Extreme Edition. Berikut ini spesifikasi yang akan disertakan pada processor HEDT Kabylake-X.
  • HyperThreading
  • PCI Express 3.0 16 lane (ditambah 24 lane dari chipset X299)
  • Dual Channel DDR4 2666
  • DMI 3.0 x4
  • Thermal Design Power (TDP) sampai 112 W
Chipset yang akan dipakai untuk processor HEDT ini yaitu X299. Chipset X299 mempunyai derma 10 USB 3.0, 8 SATA3, PCI Express 3.0 24 lane, dan Intel LAN. AMD tampaknya tidak mau kalah dengan Intel untuk urusan HEDT. Kali ini, AMD juga akan merilis processor arsitektur Zen versi HEDT dengan nama core Threadripper. Tak tanggung-tanggung, processor ini akan dipersenjatai dengan 16 core 32 threads. Selain itu, juga akan dibekali dengan derma memori quad channel DDR4 dan lebih banyak lane PCI Express. Bersamaan dengan itu, AMD juga berencana akan merilis processor untuk server dengan nama Epyc (nama core Naples). AMD Epyc mempunyai spesifikasi yang luar biasa, menyerupai berikut ini
  • Arsitektur Zen
  • Desain SoC 32 core 64 threads terdiri dari 4 buah chip 8 core
  • Dukungan memori 8 channel DDR4 (16 slot)
  • Dibekali PCI Express sampai 128 lane
  • Konfigurasi 2 CPU dihubungkan dengan teknologi AMD Infinity Fabric yang bisa mengalamati memori sampai 4 TB

PCI Express 4.0

Saat ini, dalam banyak sekali brand motherboard selalu disertakan slot PCI Express. PCI Express merupakan slot pengganti PCI/PCI-X/AGP. Berbeda dengan slot sebelumnya yang memakai arsitektur paralel, PCI Express justru memakai arsitektur serial yang menghubungkan ke setiap perangkat. Slot PCI Express umumnya dipakai untuk kartu grafis eksternal dan perangkat media penyimpanan.

PCI Express. Credit : wikipedia
PCI-SIG menyatakan versi terbaru PCI Express 4.0 akan hadir setidaknya di tahun 2017. Kali ini PCI Express bisa menangani bandwidth data sampai 16 GT/s, dua kali lipat dari versi sebelumnya. 3.0. PCI Express 4.0 juga tetap akan mempertahankan kompatibilitas dengan versi sebelumnya baik pada software atau antarmuka mekanis.
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2017. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, niscaya akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan anda perihal teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca majalah komputer.

Tampilkan Komentar