Inilah Spesifikasi Pc Gaming Terbaik Tahun 2019

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 10:36:00 pm
Saat ini, hiburan komputer berkembang luar biasa. Dunia gaming PC misalnya, sudah semakin digandrungi banyak orang terutama kalian generasi milenial. Bahkan dengan hadirnya E-Sport (Electronic Sport), bermain game tidak hanya sebagai hiburan semata, tapi sudah menjadi profesi atau pekerjaan yang sanggup menghasilkan profit tinggi.
Di tahun 2018 saja ada begitu banyak game PC yang sangat terkenal diantaranya Fortnite: Battle Royale, PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS (PUBG), League of Legends, Grand Theft Auto (GTA) V, Dota 2, Overwatch, Counter-Strike: Global Offensive, dan lain-lain. Tentunya, tahun 2019 nanti akan muncul game-game PC gres dengan gameplay yang lebih unik dan lebih menarik.
Agar sanggup memainkan game-game di atas dengan nyaman dan menyenangkan, kalian membutuhkan gaming gear atau komputer gaming dengan spesifikasi yang memadai. Apalagi game-game modern punya kebutuhan sistem (system requirement) yang mungkin hanya sanggup dijangkau oleh komputer kelas mid-end sampai high-end. Hal ini bertujuan agar pengguna mendapat pengalaman bermain game yang asyik dan seru.

Kali ini, Tekno Jempol kembali menjelaskan spesifikasi PC gaming terbaik untuk tahun 2019. Seperti apakah komponen dari PC gaming tersebut ? Berikut ini ulasannya untuk kalian

Mungkin kalian bertanya, apa maksud dari PC gaming terbaik ? Yang dimaksud PC/komputer gaming terbaik ialah PC yang cocok untuk keperluan gaming, sesuai dengan system requirement yang disarankan oleh game, dan tentunya terjangkau oleh budget yang dimiliki. Sekarang, kalian paham kan ?
Sebetulnya, tidak ada standar baku dalam spesifikasi untuk PC gaming. Sebab, setiap game PC punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing sehingga kebutuhan sistem pun kadang berbeda. Tapi, game-game PC ketika ini umumnya punya keperluan spesifikasi yang tolong-menolong tidak berbeda jauh.
Jika ingin membeli komputer built-up atau membangun PC desktop rakitan sendiri, ada beberapa komponen yang harus kalian perhatikan. Khususnya kalau untuk keperluan bermain game terkini.

Nah, berikut ini beberapa komponen dari spesifikasi PC gaming untuk tahun 2019 yang harus kalian penuhi

  1. CPU kelas menengah (disarankan maksimal rilis 3 generasi/tahun ke belakang)
  2. VGA Card dengan GPU kelas menengah (disarankan maksimal rilis 3 generasi/tahun ke belakang)
  3. Memori RAM DDR4 dual-channel
  4. SSD berkapasitas besar ditambah hard disk bila perlu
  5. Monitor HD atau Full HD dengan resolusi 1920 x 1080
  6. Sistem operasi 64-bit generasi terbaru (Windows 10 atau Linux)

CPU kelas menengah

Adalah CPU (Central Processing Unit) atau prosessor yang mempunyai performa cukup tinggi tapi harganya tidak terlalu mahal. Game-game PC ketika ini umumnya menyarankan CPU kelas menengah untuk sanggup dijalankan. Jika dilihat dari spesifikasi teknis, CPU kelas menengah sangat cocok untuk bermain game modern dan banyak sekali acara seru yang berkaitan dengan multimedia hiburan.
Di pasaran, sudah banyak produk CPU untuk segmentasi menengah yang tersedia. Tentu saja produk tersebut berasal dari dua produsen CPU terbesar di dunia, Intel dan AMD. Produk CPU dari Intel dan AMD yang ditujukan untuk kelas menengah diantaranya
  1. Seri Intel Core i5
  2. Seri AMD Ryzen 5
Tekno Jempol menyarankan pada spesifikasi PC gaming ini untuk memilih CPU terbaik yang dirilis setidaknya 3 tahun/generasi kebelakang. Semakin gres tentu semakin baik. CPU 3 tahun kebelakang niscaya lebih gampang ditemui pada toko-toko komputer. Sedangkan CPU yang sudah berumur lebih dari 3 tahun/generasi tentu sudah tidak diproduksi dan di pasaran hanya ada produk bekas (second).
Biasanya dengan spesifikasi yang serupa, performa CPU gres lebih tinggi dari performa CPU generasi lama. Pasti, CPU gres tentu sudah dilengkapi dengan perbaikan dan penambahan fitur untuk menambah kinerja. Beberapa pola CPU kelas menengah yang dirilis 3 tahun kebelakang diantaranya
  • Intel Core i5
    • -6500, -6600K
    • -7400, -7600
    • -8400, -8600K
  • AMD Ryzen 5
    • 1600, 1500
    • 2400G
    • 2500X, 2600X
Untuk CPU Intel dan AMD lainnya, sanggup kalian baca dalam artikel dengan judul Tingkatan Processor Intel dan AMD Terbaik 2018

Kartu grafis dengan GPU kelas menengah

Seperti halnya CPU, kalian juga harus memakai kartu grafis yang memakai GPU kelas menengah. Lagi-lagi ini disebabkan lantaran game PC modern umumnya menyarankan penggunaan GPU tersebut. Demi mendapat tampilan game yang menarik dan efek animasi yang memukau, tentunya penggunaan kartu grafis dengan GPU kelas menengah merupakan kewajiban.
Ada banyak brand atau brand kartu grafis di pasaran. Namun, GPU yang dipakai hanya dari dua produsen besar ialah NVidia dan AMD. Kalian bisa menentukan brand dan GPU apapun asal produk tersebut termasuk kelas menengah.
Baca juga : Urutan GPU VGA AMD dan NVidia Terbaik 2018
Jika memungkinkan, kalian sanggup memilih VGA card dengan GPU yang berusia maksimal 3 tahun/generasi kebelakang. Hal ini dikarenakan kartu grafis tersebut masih gampang ditemui di pasaran dan kinerjanya lebih baik ketimbang GPU lawas. Dari sisi fitur atau spesifikasi, GPU 3 tahun/generasi kebelakang sudah punya proteksi teknologi gres ibarat memori GDDR5 dan API DirectX 12 serta Vulkan.
Beberapa GPU yang termasuk kelas menengah diantaranya
  • Seri AMD Radeon
    • RX 460, 470, dan 480
    • RX 560, 570, dan 580
  • Seri NVidia Geforce
    • GTX 1050, 1050 Ti, dan 1060
Dalam rekomendasi spesifikasi ini, Tekno Jempol tidak menyarankan penggunaan IGP (Integrated Graphic Processing) atau processor grafik terintegrasi untuk memainkan game PC modern. IGP umumnya terintegrasi dalam chip processor. Secara teknis, IGP juga bisa untuk menjalankan game, tentu dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi. Bila ingin mendapat pengalaman bermain game yang menyenangkan, gunakan kartu grafis. 

Memori RAM DDR4 dual-channel/quad-channel

Berikutnya, untuk mendapat kinerja game yang memadai, kalian harus memakai memori RAM dengan konfigurasi dual-channel atau quad-channel. Konfigurasi memori dengan banyak kanal ibarat ini akan meningkatkan bandwidth untuk transfer data. Semakin tinggi bandwidth memori akan meningkatkan kinerja sistem komputer.
Tekno Jempol menyarankan penggunaan memori RAM dengan tipe terbaru DDR4. DDR4 memperlihatkan proteksi kecepatan, kapasitas, dan efisiensi yang jauh lebih baik ketimbang tipe sebelumnya (DDR3). CPU yang sudah dijelaskan di atas juga sudah mendukung teknologi DDR4.
Untuk rekomendasi spesifikasi ini tidak menentukan memori dengan kapasitas tertentu. Kalian bisa memakai memori RAM dengan kapasitas maksimal sesuai kebutuhan dan kemampuan sistem komputer yang akan dibangun. Tentunya, makin besar kapasitas memori, makin banyak aplikasi/game yang sanggup dimuat.
Baca juga : Cara Gampang Pilih RAM Yang Cocok Dengan Motherboard PC

Penyimpanan (storage) berkapasitas besar

Game-game PC modern punya ukuran yang cukup besar. Belum lagi data game yang sudah dijalankan begitu lama. Selain itu, kalian juga harus memasang sistem operasi dan acara aplikasi pendukung lainnya. Itu semua tentu membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit.
Oleh lantaran itu, spesifikasi PC gaming untuk tahun 2019 wajib memakai penyimpanan yang punya kapasitas luas. Selain berkapasitas besar, media penyimpanan tersebut juga harus mempunyai kinerja yang tinggi biar jalan masuk datanya lebih cepat. Dalam hal ini, Tekno Jempol menyarankan penggunaan SSD (Solid State Drive) untuk komputer gaming terbaik.
Bila SSD dirasa masih agak mahal, kalian juga bisa memakai hard disk. Hard disk di sini mungkin lebih sempurna kalau dipakai hanya untuk menyimpan data pendukung. Data sistem PC harusnya tetap disimpan dalam SSD. Seperti yang kalian ketahui, jalan masuk data pada SSD jauh lebih cepat dan akan meningkatkan kinerja game.
Baca juga : Tips Memperpanjang Usia SSD Agar Awet Dan Tetap Optimal

Sistem operasi 64-bit generasi terbaru

Tahun 2019 saatnya memakai teknologi gres termasuk sistem operasi. Untuk menunjang komponen-komponen di atas, perlu sistem operasi generasi terbaru biar lebih mengoptimalkan kinerja game. Karena kebanyakan game PC modern diproduksi untuk platform Windows, maka sistem operasi yang disarankan dalam spesifikasi ini ialah Windows 10 64-bit versi terbaru.
Sistem operasi 64-bit akan berjalan optimal pada memori RAM berkapasitas lebih dari 4 GB. Windows 10 juga merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yang telah mendukung banyak teknologi gres ibarat DirectX 12 dan API Vulkan.
Jika lisensi Microsoft dirasa agak mahal, kalian masih bisa memakai sistem operasi Linux 64-bit. Namun, game-game untuk platform Linux tidak sebanyak game untuk Windows.

Perangkat lainnya

  • Monitor HD atau Full HD setidaknya dengan resolusi 1920 x 1080 untuk mendapat tampilan game yang nyaman. Bila perlu memakai resolusi 4K
  • DVD-ROM untuk media instalasi sistem operasi, driver, atau aplikasi game
  • Koneksi internet baik via LAN atau Wifi. Disarankan memakai koneksi internet kecepatan tinggi biar lebih mengoptimalkan gameplay khususnya pada game online
  • Perangkat audio semisal speaker atau headset
  • Keyboard dan mouse standar, tapi akan lebih baik kalau menggunakan keyboard mekanik dan mouse gaming
  • Memilih Motherboard, case, dan PSU (Power Supply Unit) dengan menyesuaikan komponen di atas atau platform yang akan digunakan
  • Peralatan penunjang game lainnya.
Spesifikasi komputer gaming di atas merupakan rujukan dan panduan untuk kalian yang ingin membeli atau upgrade komponen PC untuk bermain game. Dengan spesifikasi PC tersebut, dipastikan sudah bisa menjalankan banyak sekali game modern termasuk E-Sport dengan resolusi menengah ke atas (mid to high end). Selanjutnya, tetap sesuaikan dengan keperluan dan budget yang akan digunakan.
Selain untuk bermain game, spesifikasi PC di atas juga sanggup dipakai untuk keperluan workstation seperti desain grafis, editing multimedia, content creation, multimedia production, dan sebagainya. Bagi kalian yang ingin mencoba game PC berbasis virtual reality (VR), pastikan PC kalian telah sesuai rekomendasi platform VR. Lebih lanjut mengenai PC gaming untuk VR, kalian bisa membacanya pada artikel yang berjudul Inilah Spesifikasi PC Gaming Berbasis Virtual Reality (VR).

Contoh produk PC gaming desktop dan laptop yang sesuai/serupa dengan spesifikasi di atas

ProdukSpesifikasiHarga*
Asus G11CD-ID016TIntel Core i7-7700, 8GB DDR4, HDD 1TB, nVidia Geforce GTX1050 2GB, K/B + Mouse, Without Monitor, Windows 10Rp. 16.150.000
Dell Inspiron 5675 R5 RedSkullAMD Ryzen R5 1400, RAM 8GB DDR4, HDD 1TB, DVDRW, AMD Radeon RX 570 4GB GDDR5, Key + Mouse, Win 10 SLRp. 13.900.000
Acer Predator Nitro 5Intel Core i5 8300H, RAM 8GB DDR4, HDD 1TB, nVidia Geforce GTX 1050 4GB DDR5, Non DVD, 15.6" FHD IPS, Win 10 HomeRp. 11.650.000
*) harga dirangkum dari banyak sekali sumber.
Berikut ini Tekno Jempol juga akan mengatakan pola PC gaming desktop rakitan yang sesuai atau ibarat dengan spesifikasi di atas
KomponenProdukHarga*
ProcessorAMD Ryzen 5 1600Rp. 2,585,000
MotherboardASRock B450M-HDV Rp. 1,180,000
Memori RAMKLEVV DDR4 BOLT Series PC24000 3000MHz Dual Channel 8GB (2X4GB)Rp. 1,250,000
SSDSamsung SSD 860 EVO 250GBRp. 790,000
VGA CardXFX Radeon RX 570 8GB DDR5 RS XXX EditionRp. 3,900,000
CasingSEGOTEP GAMING CASE SPRINTRp. 370,000
PSUAerocool VX PLUS 550WRp. 490,000
TotalRp. 10.565.000
*) harga dirangkum dari banyak sekali sumber.
Contoh produk komputer desktop atau laptop serta komputer rakitan di atas mungkin bukan termasuk PC gaming kelas high end. Tapi, dipastikan bisa untuk menjalankan game-game terkini dengan resolusi menengah ke atas. Harga PC gaming dengan spesifikasi tersebut juga sengaja Tekno Jempol pilih dengan budget yang tidak terlalu mahal sehingga sanggup dijangkau oleh banyak orang.
Jika merasa keberatan dengan rekomendasi spesifikasi PC di atas, mungkin kalian sanggup membaca artikel dengan judul Begini Rekomendasi Spesifikasi PC Gaming di Tahun 2018. Artikel juga berisi rekomendasi spesifikasi yang tentu sedikit lebih rendah dan terjangkau.
Untuk bisa menciptakan rancangan spesifikasi PC gaming rakitan ibarat di atas, kalian bisa membaca artikel yang berjudul Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan. Setelah merakit PC gaming, ada baiknya juga melaksanakan beberapa pengujian singkat guna memastikan sistem sanggup berjalan optimal. Pengujian yang dilakukan sanggup kalian baca selengkapnya pada artikel dengan judul Yang Harus Dilakukan Setelah Merakit PC Gaming.
Semoga bermanfaat....!

Tampilkan Komentar