Fungsi-Fungsi Teks Pada Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/06/2018 12:20:00 pm
Fungsi atau function dalam excel sangat penting dalam pekerjaan sehari-hari, bahkan hampir setiap pekerjaan yang memakai aplikasi ms.excel identik dengan penggunaan fungsi alasannya yakni bisa menghemat waktu dalam pekerjaan.

1. Contoh Beberapa Fungsi Kategori Teks Pada Excel

  • FUNGSI CONCATENATE yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk menggabungkan item-item baik yang berupa teks, angka, acuan sel atau kombinasi dari item-item tersebut ke dalam satu string teks sampai mencapai 225 string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi Concatenate pada Excel.
  • FUNGSI LEFT yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengembalikan karakter pertama atau beberapa karakter dalam string teks dari posisi paling kiri menurut jumlah karakter yang ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi left pada Excel.
  • FUNGSI RIGHT yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengembalikan karakter terakhir atau beberapa karakter dalam string teks dari posisi paling kanan menurut jumlah karakter yang ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi right pada Excel.
  • FUNGSI MID yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengembalikan karakter dari tengah atau sebuah string yang posisi mulainya dan jumlah karakternya ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi mid pada Excel.
  • FUNGSI LOWER yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengubah semua string teks menjadi abjad kecil dalam string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi lower pada Excel.
  • FUNGSI PROPER yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengubah semua string teks menjadi professional teks yaitu setiap string teks diawali dengan hufur besar dan diikuti dengan abjad kecil. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi proper pada Excel.
  • FUNGSI UPPER yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengubah semua string teks menjadi abjad besar dalam string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi upper pada Excel.
  • FUNGSI TRIM yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk menghapus semua string teks kecuali string tunggal diantara kata-kata atau string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi trim pada Excel.
  • FUNGSI LEN yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk menghitung jumlah karakter dari string teks yang ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi len pada Excel.
  • FUNGSI FIXED yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk membulatkan angka ke jumlah desimal yang ditentukan serta memformat angka kedalam bentuk desimal dengan memakai titik dan koma. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi fixed pada Excel.
  • FUNGSI EXACT yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk membandingkan dua string teks dan mengembalikan nilai TRUE jikalau sama persis atau identik dan mengembalikan nilai FALSE jikalau tidak sama. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi exact pada Excel.

2. Cara memakai fungsi pada excel

  • Dari Menu Bar Formula, cara ini akan memunculkan form function argumen yang akan menampilkan formula result untuk hasil sementara.
Fungsi atau function dalam excel sangat penting dalam pekerjaan sehari Fungsi-Fungsi Teks Pada Excel
Contoh Menu Bar
  • Dengan Insert Function, dengan cara ini akan memunculkan form insert function, sehabis menentukan salah satu function maka akan memunculkan form function argument menyerupai pada cara sebelumnya.
Fungsi atau function dalam excel sangat penting dalam pekerjaan sehari Fungsi-Fungsi Teks Pada Excel
Contoh Insert Function
  • Dengan mengetikkan eksklusif sama dengan (=), cara ini yakni cara yang paling sering dipakai apabila sudah mengetahui function yang akan digunakan. juga dipakai untuk menciptakan formula dengan menggabungkan beberapa fungsi.
Fungsi atau function dalam excel sangat penting dalam pekerjaan sehari Fungsi-Fungsi Teks Pada Excel
Contoh Mengetik Langsung


Tampilkan Komentar