Fungsi $ Di Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/07/2018 12:20:00 am
Tanda atau simbol "$" merupakan sebuah simbol yang sangat sering dipakai dalam aplikasi ms.excel berkaitan dengan posisi sel pada ketika dilakukan copy paste terhadap suatu formula.

Fungsi dari simbol $ ini bertujuan untuk mengunci posisi dari sel yang dituju semoga tidak bergeser apabila dilakukan penyalinan terhadap lokasi yang ditunjuk.

Sebagai referensi yaitu penggunaan rumus formula pada referensi gambar fungsi $ 1 dibawah ini :

 merupakan sebuah simbol yang sangat sering dipakai dalam aplikasi ms Fungsi $ di Excel
Fungsi $ 1

Rumus formula pada sel C1 diatas yaitu =A1+B1 yaitu menambahkan nilai pada sel A1 (1) dengan nilai pada sel A2 (1) sehingga menghasilkan nilai 2.

Jika rumus formula pada sel C1 tersebut disalin (copy) pada sel C2 maka rumus formula yang terbentuk yaitu =A2+B2 yang akan menghasilkan nilai 4.

Kadangkala kita membutuhkan suatu posisi yang tetap (mengacu pada sel yang sama) apabila suatu rumus formula dilakukan copy paste.

Agar suatu sel / rentang sel yang dituju dapat tetap sesuai dengan yang diharapkan, berikut contoh-contoh fungsi $ yang dapat digunakan.

1. MENGUNCI POSISI BARIS DENGAN SIMBOL $


Contoh mengunci baris ini yaitu dengan memperlihatkan tanda $ hanya di depan baris menyerupai referensi rumus formula pada sel C1 awalnya yaitu =A1+B1.

Kemudian akan diberikan tanda $ pada baris pertama kolom A sehingga rumus pada sel C2 menjadi A$1+B1.

 merupakan sebuah simbol yang sangat sering dipakai dalam aplikasi ms Fungsi $ di Excel
Fungsi $ 2
Ketika rumus pada sel C1 itu di copy lalu di pastekan pada baris-baris dibawahnya pada kolom C, rumus yang terbentuk adalah
  • =A$1+B2 pada sel C2 dengan hasil 3 dari Sel A1 (1) ditambah sel B2 (2)
  • =A$1+B3 pada sel C3 dengan hasil 4 dari Sel A1 (1) ditambah sel B3 (3)
  • =A$1+B4 pada sel C4 dengan hasil 5 dari Sel A1 (1) ditambah sel B4 (4)
Dengan mengunci baris memakai tanda "$" hanyak akan mengunci posisi sel A1 pada referensi diatas apabila dilakukan copy rumus formulanya ke bawah (berdasarkan baris).

Jika rumus pada sel A$1+B1 pada sel C1 dilakukan copy paste ke sebelah kanan, maka hasil posisi pada kolom A akan bergeser ke kanan dengan hasil 3 dari rumus formula =B$1+C1.

2. MENGUNCI POSISI KOLOM DENGAN SIMBOL $


Contoh mengunci sel menurut kolom ini hanya akan mengunci posisi kolom jikalau dilakukan copy paste menurut kolom (kanan dan kiri).

Contoh penggunaan simbol $ untuk mengunci posisi menurut kolom ini, sahabat dapat lihat pada referensi gambar fungsi $ 3 dibawah ini.

 merupakan sebuah simbol yang sangat sering dipakai dalam aplikasi ms Fungsi $ di Excel
Fungsi $ 3

Rumus formula pada referensi sel C1 adalah =$A1+B1, ketika dilakukan copy formula memakai baris (warna kuning) maka posisi pada kolom A ikut bergeser ke bawah.

Manfaat dari penggunaan simbol $ menurut kolom ini dapat dilihat risikonya pada sel D1, dimana rumus tersebut berasal dari sel C1 yang di copy.

Rumus formula yang terbentuk pada sel D1 adalah =$A1+C1, dimana simbol $ akan mengunci posisi tetap pada kolom pertama (A) sedangkan kolom kedua yang tidak dikunci akan bergeser ke kanan. 

3. MENGUNCI POSISI BARIS & KOLOM DENGAN SIMBOL $


Mengunci posisi sel / rentang sel menurut baris dan kolom ini sangat banyak dipakai pada ketika melaksanakan copy paste rumus formula pada aplikasi ms.excel.

Dengan cara ini, pada ketika dilakukan copy rumus baik kebawah, keatas, kekanan maupun ke kiri akan tetap mengacu kepada sel / rentang sel yang dituju.

Contoh penggunaan tanda $ untuk posisi baris dan kolom, sahabat dapat lihat pada referensi gambar fungsi $ 4 di bawah ini

 merupakan sebuah simbol yang sangat sering dipakai dalam aplikasi ms Fungsi $ di Excel
Gambar Fungsi $ 4

Rumus formula pada sel E9 yaitu E2/$E$6 yaitu membagi nilai pada sel E2 dengan sel E6, dengan memakai rumus formula ini, walaupun rumusnya di copy secara baris maupun kolom, maka sel pembagi akan tetap menuju ke sel E6.

Penggunaan tanda $ pada baris dan kolom ini akan sangat berkhasiat pada ketika memakai fuction jenis lookup di excel menyerupai fungsi vlookup dan fungsi hlookup.

KESIMPULAN


Fugnsi $ pada excel memberi peranan yang sangat penting pada pneggunaan rumus formula ketika terjadi penyalian rumus formula pada sel / rentang sel pada aplikasi ms.excel, baik di microsoft excel 2003, 2007, 2010 maupun 2013.

Contoh penggunaan dan manfaat tanda $ pada fungsi-fungsi di excel, sahabat dapat lihat di 

Tampilkan Komentar