Cetak Dokumen Jadi Buku Lipat (Print Booklet)

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 04:40:00 pm
Cetak dokumen menjadi ibarat buku lipat atau print booklets kadang menjadi sebuah kebutuhan. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mencetak dokumen menjadi layaknya buku lipat bolak-balik. Padahal ada beberapa cara untuk melaksanakan itu. Cara pertama yakni dengan memakai kemudahan book fold pada pilihan pengesetan page setup microsoft word kemudian mencetakkan dengan duplex printing.

Cara yang kedua yakni dengan memanfaatkan fitur Booklet yang dipunyai printer Canon. Dengan memakai cara kedua ini kita sanggup mencetak dokumen dalam aneka macam format, baik itu microsoft word, microsoft excel, sampai pdf menjadi layaknya buku.

Kelebihan lainnya yakni kita tidak perlu melaksanakan pengaturan apapun ketika menulis dokumen, alasannya yakni pengaturan hanya akan dilakukan pada ketika pencetakan. Sehingga kalau kita memiliki dokumen yang telah jadi semacam ebook dan lain sebagainya, tanpa perlu melaksanakan editing, tinggal mencetak, dan jadilah sebuah buku yang manis. Kelemahannya hanya satu, harus punya printer canon.


Cara Mencetak Booklet (Cetak Seperti Buku)

Seperti telah dijelaskan di awal, dokumen apapun sanggup dicetak menjadi layaknya buku tanpa harus melaksanakan pengaturan ulang terhadap page setup dokumen tersebut. Untuk mulai melaksanakan pencetakan dokumen jadi buku, langkah-langkahnya yakni :

  1. Buka dokumen yang akan dicetak.
  2. lakukan print (bisa melalui "Office Button" kemudian klik "Print" atau dengan kombinasi tombol CTRL + P pada keyboard.
  3. Setelah muncul jendela "Print" klik "Properties"
  4. Muncul jendela "Printer Properties" sesuai dengan seri printer canon masing-masing
  5. Aktifkan (klik) hidangan "Page Setup"
  6. Pada bab "Page Layout" pilih "Booklet"
  7. Jangan lupa menentukan ukuran kertas yang digunakan.


  8. Aktifkan (klik) hidangan "Main" 
  9. Centang pada "Preview before printing" kemudian klik OK
  10. Jendela "Printer Properties" akan tertutup dan kembali ke jendela "Print"
  11. Klik OK
  12. Muncul jendela "preview", amati apakah tampilan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika sudah, klik "Start Printing" kalau tidak klik "Cancel Printing". Dalam jendela ini kita sanggup melihat preview tiap halaman (gunakan tombol panah ke kanan dan ke kiri)


  13. Proses pencetakan untuk satu sisi kertas akan berlangsung. Tunggu sampai akibat tercetak semua untuk satu sisi tersebut.
  14. Setelah satu sisi tercetak semua akan muncul jendela peringatan untuk membalik kertas. Ambil kertas yang telah tercetak di satu sisi tersebut, balik dan masukkan ke baki printer ibarat yang diperintahkan dalam gambar.
  15. Jika sudah, klik "Start Printing"
  16. Pencetakan untuk sisi sebaliknya berlangsung, tunggu sampai selesai.
  17. Jika sudah akibat semua, hasil cetakan tinggal dilipat di bab tengah dan booklet pun telah jadi.
Langkah-langkah pencetakan booklet (cetak buku bolak-balik) tersebut secara lebih detail sanggup disimak di video tutorial berikut ini.


Tampilkan Komentar