Cara Transpose Data Baris Dan Kolom Di Excel 2013

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 01:40:00 pm
Bagaimana sih cara transpose data baris dan kolom di microsoft excel 2013? Merubah data yang tadinya mendatar ke samping menjadi data yang bersusun vertikal ke bawah atau sebaliknya mengopy dan paste data yang tadinya berupa data vertikal (kolom) menjadi data baris atau berupa mendatar dalam worksheet microsoft excel 2013.

Saat kita terlanjur mengetikkan data dalam bentuk baris atau sebelumnya telah memiliki data yang formatnya berbentuk mendatar (horizontal) ke samping tetapi lalu harus menciptakan data yang formatnya berbentuk vertikal. Jika harus menulis ulang satu persatu tentu akan membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Dan inginnya kita lakukan copy paste saja untuk mempercepat. Tetapi bagaimana cara merubah format baris dan kolomnya, itulah yang dinamakan dengan fitur transpose. Fitur ini telah dimiliki oleh banyak sekali seri excel termasuk microsoft excel 2013.

Dengan fitur transpose kita dapat mengkonversi baris ke kolom atau sebaliknya dengan sangat mudah, simple, dan cepat. Blog Belajar Word dan Excel akan membagikan tips microsoft excel tersebut.

Bagaimana sih cara transpose data baris dan kolom di microsoft excel  Cara Transpose Data Baris dan Kolom di Excel 2013
Fitur transpose di microsoft excel 2013

Cara Transpose Data Baris Manjadi Kolom

Dalam pola ini kita akan mencoba merubah data bentuk baris menjadi data bentuk kolom dengan memakai fitur transpose yang dipunyai microsoft excel 2013.

  1. Pilih baris atau cell yang berisikan data yang hendak di-transpose

  2. Copy data tersebut, dapat dengan mengklik ikon copy ribbon atau dengan kombinasi tombol "CTRL + C" atau dengan klik kanan lalu menentukan "copy"

  3. Klik di sel kosong pada spreadsheet atau di sheet lain sesuai kebutuhan. Sel yang diklik ini akan menjadi bab atas, pojok kiri dari tabel gres data.
  4. Klik panah bawah pada ikon "Paste" di ribbon dan pilih "Paste Special" dari sajian drop-down yang muncul.

  5. Muncul kotak obrolan Paste Special, pilih dan centang kotak di depan pilihan "Transpose" lalu klik OK.

  6. Sekarang lihat, data hasil paste tadi telah berubah formatnya. Yang semula mendatar ke samping kini menjadi vertikal ke bawah.
  7. Langkah-langkah yang sama dipakai untuk merubah data yang semua vertikal menjadi horisontal.
Termnyata sangat gampang kan memakai fitur transpose untuk mengkonversi data yang semua berbentuk baris mendatar menjadi vertikal menurun ataupun sebaliknya. Jauh lebih cepat, mudah, dan efisien dibandingkan dengan mengetik ulang semua data yang dibutuhkan.

Tampilkan Komentar