Cara Merubah Format Tanggal Menjadi Format Text Dalam Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 11:00:00 am
Cara merubah format tanggal (DATE) menjadi format TEXT dalam excel sebetulnya sangat mudah. Bagi yang gres berguru excel sekalipun sanggup melaksanakan konversi dari format DATE ke format TEXT dengan gampang. Tentunya kalau tahu caranya. Kalau belum tahu caranya, tentunya akan sangat membingungkan dan menganggapnya rumit.

Padahal sering kali kita dihadapkan pada lembar kerja (worksheet) excel yang berisikan data-data yang menyertakan tanggal. Secara default ketika mengisikan tanggal, formatnya akan pribadi menjadi format Date. Dan ketika dihadapkan dengan upload data online yang berformat excel, sering kali disyaratkan semua sel (cell) harus dalam format text, termasuk cell yang bersiikan tanggal. Jika dikonversi secara biasa, format tanggal tersebut akan sulit berubah bahkan ketika di copy kemudian dipaste value akhirnya tidak sesuai dengan harapan.

Namun tidak usah gusar dan khawatir. Di dalam microsoft excel kita sanggup melaksanakan konversi (merubah) dari format tanggal (date) ke format text dengan aman, cepat, gampang, mudah, dan yang terpenting, akhirnya sesuai dengan impian dan sesuai dengan setting. Bagaimana caranya? Blog Belajar Word dan Excel akan membagikan cara merubah format tanggal (DATE) menjadi format TEXT dalam excel.


Mengubah Date Menjadi Text

Yang pertama, Blog Belajar Word dan Excel telah menyiapkan sebuah video tutorial yang membahas tuntas perihal langkah-langkah merubah format tanggal (DATE) menjadi format TEXT dalam microsoft office excel. Dengan menonton video berdurasi empat menit tersebut ditanggung akan pribadi sanggup mempraktekkannya.

Silakan pribadi simak saja video tutorialnya!


Namun kalau masih belum puas dengan video tutorial tersebut, sanggup menyimak uraian langkah-langkah mengubah data dari format tanggal (DATE) menjadi format TEXT dalam microsoft office excel di bawah ini.

Bagaimanapun format tanggal yang telah tertulis di worksheet tidak jadi masalah. Terserah data tanggal tersebut memiliki format DD/MM/YY; DD/MM/YYYY; DD/MMM/YYYY; DD-MMMM-YYYY; ataupun YYYY/MM/DD dan sebagainya sanggup diubah dengan praktis ke dalam format text.

Caranya adalah:
1. Seumpama cell yang berisikan data tanggal berformat date berada di cell A2
2. Klik sembarang cell (boleh sampingnya, B2), ketik, =TEXT(A2; "DD-MM-YYYY")
3. Enter

Lihat hasilnya, kini sudah di cell B2 muncul tanggal yang sudah berformat TEXT.

Keterangan: Format "DD-MM-YYYY" sanggup dirubah sesuai keinginan, misalnya:
  1. DD-MM-YYYY kalau ingin tertulis Hari Bulan Tanggal (25-10-2013)
  2. D-MM-YYYY : Hari Bulan Tanggal (5-10-2013)
  3. DD MMM YY : Hari Bulan Tanggal (25 Okt 2013)
  4. DD MMMM YYYY : Hari Bulan Tanggal (25 Oktober 2013)
  5. YYYY-MM-DD: Tahun Bulan Tanggal (2013-10-25)
  6. Dan format-format lainnya.

Ternyata sangat praktis kan untuk mengubah format DATE menjadi format TEXT. Tidak perlu gundah alasannya ialah memang sangat mudah. Semoga tips excel ini bermanfaat.

Tampilkan Komentar