Cara Menyembunyikan Ribbon Pada Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 03:40:00 am
Cara menyembunyikan ribbon (kelompok ikon) pada excel terkadang diperlukan. Meskipun keberadaan ribbon sangat membantu dikala bekerja memakai excel, namun ketika kita dihadapkan pada sebuah workbook dengan range yang sangat luas, ribbon terasa mengganggu. Apalagi ketika bekerja dengan memakai resolusi atau ukuran layar yang terbatas semisal dengan laptop yang layarnya berukuran kecil. Terus bagaimana cara menyembunyikan ribbon atau kelompok ikon sehingga layar terkesan lebih 'lega'?

Ribbon merupakan sekelompok ikon yang berada pada bab yang sudah bersesuaian. Secara default microsoft excel menyertakan enam Ribbon. Keenamnya yaitu: Ribbon Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review, dan View. Ribbon diraih dengan cara mengklik Ribbon tab sesuai dengan nama Ribbon tersebut. 

Dalam tutorial excel kali ini kita akan mempelajari tips excel untuk menyembunyikan ataupun menampilkan kembali ribbon

 Meskipun keberadaan ribbon sangat membantu dikala bekerja memakai excel Cara Menyembunyikan Ribbon Pada Excel
Ribbon pada hidangan Home

Cara Praktis Menyembunyikan Ribbon

Ribbon sanggup ditampilkan dan disembunyikan biar pengguna sanggup menentukan area kerja yang lebih luas atau sebaliknya. Cara menampilkan atau menyembunyikan Ribbon sanggup dilakukan dengan sangat mudah. Terdapat tiga cara untuk menampilkan ataupun sebaliknya menyembunyikan ribbon. 

Cara pertama yakni dengan melaksanakan klik ganda pada salah satu tab ribbon (tab menu). Cara kedua yakni dengan melaksanakan klik kanan dan pilih minimize ribbon. Sedangkan untuk cara ketiga yakni dengan memanfaatkan tombol panah pada "Quick Access" lalu mencentang atau menghilangkan centang pada pilihan minimize ribbon.

Untuk lebih detailnya, silakan tonton video tutorial berikut ini.


Ternyata tips excel untuk menyembunyikan ataupun menampilkan kembali ribbon sangat mudah, kan?.

Tampilkan Komentar