Cara Menulis Angka Pangkat Kuadrat Di Microsoft Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 01:00:00 pm
Cara menulis angka pangkat kuadrat di microsoft excel apakah sama ibarat dikala menulisnya di microsoft word?. Ataukah malah tidak bisa?. Tenang, ternyata dalam worksheet microsoft excel pun kita dapat menuliskan angka pangkat kuadrat (superscript ) maupun subscript layaknya di microsoft word.

Superscript yakni goresan pena (angka atau huruf) yang berukuran lebih kecil dan terletak agak di sebelah atas dari goresan pena normal. Sedangkan subscript yakni kebalikannya yaitu goresan pena (angka atau huruf) yang berukuran lebih kecil dan terletak agak di sebelah bawah dari goresan pena normal. Superscript biasanya dugunakan dalam penulisan bilangan pangkat kuadrat maupun kubik ibarat 252; 143; 24510; dan lain-lain, penulisan lambang Trade Mark ibarat "BelajarWordExcelTM"; GoogleTM. Sedangkan Subscrip sering digunakan dalam penulisan kimia ibarat H20; 02; dll.


Kembali kepertanyaan awal, bagaimana cara menciptakan atau menulis superscript dan subscript dalam lembar kerja excel? Gampang sebenarnya, dan Blog Belajar Word dan Excel akan segera mengulas tips microsoft excel ini. Namun bila tidak sabar, silakan simak dulu video tutorial berikut ini:


Cara Membuat Superscript (Pangkat / Tulisan Kecil ke Atas)

langkah-langkah dalam menulis superscript di microsoft excel yakni sebagai berikut:

  1. Tulisan atau angka harus dalam format text. Caranya dapat dengan menambahkan tanda petik tunggal (') di awal angka.
  2. Klik dua kali cell kemudian blok angka atau abjad yang hendak dijadikan superscript. Bisa juga dengan mengklik dan membloknya di formula bar.
  3. Klik kanan pada angka atau abjad yang diblok tadi kemudian pilih "Format Cells"
  4. Muncul kotak obrolan "Format Cells", centang pada pilihan "Superscript" yang ada di kelompok "Effects"
  5. Klik OK

Cara yang sama bila ingin menciptakan atau menulis subscript atau goresan pena kecil di bab bawah. Hanya pada langkah ke-4 yang dicontreng yakni pilihan "Subscript".

Ternyata memang sangat gampang kan untuk menciptakan atau menulis goresan pena angka atau abjad kecil yang terletak di bab atas atau bawah goresan pena normal meskipun di dalam lwmbar kerja microsoft excel sekalipun.


Tampilkan Komentar