Cara Mengunci File RAR Dengan Password

Terkadang sebuah file ataupun folder yang tersimpan di drive pada komputer anda, jarang dibuka dalam waktu lama. Jenis file mungkin dokumen penting, foto, atau video. Apapun ekstensi file dapat diarsipkan dalam bentuk RAR, yang dapat dikunci dengan password.

Terkadang sebuah file ataupun folder yang tersimpan di drive pada komputer anda Cara Mengunci File RAR Dengan Password
Untuk mengunci file RAR dengan password, tentu saja anda harus tahu caranya. Penguncian dengan password berguna untuk mencegah file dibuka oleh seseorang, yang seharusnya tidak mengetahui isi file tersebut. Misalnya saja file berisi dokumen penting milik instansi pemerintah atau perusahaan.

Cara mengunci file RAR baik untuk diketahui oleh operator kantor atau seseorang yang bertugas menyimpan data-data dalam bentuk arsip. Jadi, jangan anggap sepele metode penguncian file menggunakan password.

Kenapa harus mengunci file RAR dengan password?

Pentingnya menjaga keamanan arsip yang tersimpan pada sebuah komputer, telah kami bahas agak panjang di atas. Kenapa kami menekankan hal itu?

Dapat anda bayangkan, bagaimana bahaya yang akan terjadi akibat file penting milik perusahaan yang dibuka oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Atau instansi punya file RAR yang bersifat sangat penting, tiba-tiba saja ada seseorang membuka file tersebut untuk tujuan yang tidak baik.

Sebagaimana diketahui bahwa program WinRar punya banyak keunggulan. Anda dapat meng-arsip-kan sebuah file sehingga berbentuk RAR. Bahkan dengan program ini, memungkinkan bagi anda untuk mengunci arsip dengan password.

Jika profesi anda berkaitan dengan arsip-arsip penting, sangat disarankan untuk memahami metode sederhana ini. WinRar memiliki fitur penguncian, dengan tingkat enskripsi yang cukup tinggi. Jadi, tidak semua orang dapat membuka file RAR yang sudah terkunci.


[ads-post]

Cara Mengunci File RAR Dengan Password

Setelah anda benar-benar menyadari pentingnya penggunaan password pada file RAR yang bersifat penting, saatnya untuk mengetahui caranya. Untuk mengunci file RAR menggunakan winrar tidaklah sulit. Berikut ini langkah-langkah menggunakan winrar untuk melindungi file penting:

Instal program WinRar di komputer anda, caranya banyak dibahas di internet.
Siapkan file atau folder penting yang akan diarsipkan dalam bentuk RAR.
Klik kanan pada file penting yang akan dibuat ekstensi rar atau zip, kemudian klik "Add to Archive.."


Terkadang sebuah file ataupun folder yang tersimpan di drive pada komputer anda Cara Mengunci File RAR Dengan Password


Pada tab "General", anda dapat memilih format file dalam bentuk rar atau zip.
Selanjutnya masih di tab yang sama, klik "set password". Masukkan kata sandi yang mudah diingat, tapi sulit ditebak oleh orang lain.


Terkadang sebuah file ataupun folder yang tersimpan di drive pada komputer anda Cara Mengunci File RAR Dengan Password

Beri centang pada encrypt file names, kemudian klik Ok untuk mengompres file.
Sampai di sini anda telah berhasil membuat file RAR dengan password.

Ketika orang lain ingin membuka atau meng-extract file rar tersebut, ia harus memasukkan kata sandi yang benar. Jika salah dalam memasukkan kata sandi, tentu saja file rar tidak dapat dibuka. Keren, bukan?

Nah, mungkin itu saja tentang cara mengunci file rar dengan password. Semoga tutorial singkat ini berguna bagi anda yang sedang belajar komputer. Baca juga artikel bagus lainnya: Cara Membuat Autocorrect di Ms Word Untuk Bahasa Indonesia. Semoga anda makin mahir menggunakan komputer.