Cara Menghitung Umur Dengan Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 04:20:00 pm
Cara menghitung umur atau usia dengan memanfaatkan microsoft excel sanggup menjadi sebuah pekerjaan yang gampang dan cepat. Karena dengan memakai rumus penghitungan umur dan tanggal lahir, usia seseorang akan eksklusif muncul. Bahkan sanggup menghitung bukan hanya dalam tahun saja namun lengkap dengan berapa bulan dan hari kelebihannya.

Perhitungan umur atau usia akan serting dipakai dalam manajemen sekolah dan pekerjaan. Dalam suatu seleksi registrasi tertentu yang mensyaratkan umur minimal dan maksimal, dengan mengetahui usia secara cepat tentunya akan mempermudah dan memperlancar kerja kita. Rumus ini pun sanggup dipakai untuk memilih masa kerja suatu pengawai. Tentunya dengan merubah tanggal lahir menjadi tanggal pertama kali menjadi pegawai akan eksklusif diketahui berapa tahun, bulan, dan hari masa kerja ratusan pegawai sekaligus.

Mengingat pentingnya rumus menghitung umur dan memilih masa kerja ini, pengguna microsoft excel sudah selayaknya mengetahui tips ini. Sehingga ketika harus melaksanakan penghitungan ratusan siswa atau pun menghitung masa kerja ratusan pekerja, sanggup melakukannya dengan cepat.


Cara Menghitung Usia dan Masa Kerja

Untuk menghitung usia atau umur dan masa kerja bergotong-royong memakai rumus yang sama. Dalam tips excel kali ini kita akan mencobanya dengan mencari atau menghitung umur dari sekumpulan siswa sebagai berikut.


Pada data di atas berisikan data siswa di sebuah sekolah. Pada kolom D berisikan tanggal lahir dari amsing-masing siswa. Sedangkan kolom E berisikan umur masing-masing siswa yang harus kita hitung.

Untuk menghitung usia siswa tersebut, tinggal kita masukkan rumus di kolom E. Rumusnya yaitu :
=DATEDIF(D4;TODAY();"Y")&" tahun "&DATEDIF(D4;TODAY();"YM")&" bulan "&DATEDIF(D4;TODAY();"MD")&" hari "

Untuk lebih jelasnya dalam penulisan rumus umur dan cara menghitung usia ini sila simak video tutorial  yang telah kami persiapkan.


Keterangan rumus :
  • D4 yaitu nama cell di mana tanggal lahir berada
  • TODAY() yaitu untuk memunculkan tanggal hari ini. fungsi ini sanggup diganti dengan menuliskan tanggal secara manual lalu menyertakan nama cell berisi tanggal tersebut dalam rumus (seumpama : =DATEDIF(D4;D5
  • "Y" untuk menghitung selisih dalam tahun
  • "YM" untuk menghitung selisih bulan yang tersisa
  • "MD" untuk menghitung selisih tanggal yang tersisa
  • " tahun "; " bulan "; dan " hari " untuk menambahkan huruf / kata tahun, bulan, dan hari di belakang angka. Jangan lupa menambahkan spasi antara tanda petik dengan tulisan.
Nah itulah tips microsoft excel untuk memanfaatkannya dalam mengetahui usia atau umur dan masa kerja seorang pegawai. Selamat mencoba.


Tampilkan Komentar